Sabtu, 22 Mei 2010

Kiat sukses mempromosikan bisnis atau produk apapun di Internet !

Hampir 90 % KUNCI SUKSES Bisnis di internet di tentukan oleh PROMOSI. dan kurang dari 10 % nya adalah PERSIAPAN DAN KUALITAS Produk ataupun JASA yang Anda ditawarkan .
Ingat!, sehebat dan seluarbiasa apapun produk yang kamu tawarkan lewat internet kamu hanya bisa melakukan penjualan demi penjualan jika kamu pintar dan menguasai internet marketing. Jika kamu tidak menguasai  Internet Marketing maka produk sehebat apapun akan sulit untuk menghasilkan penjualan melalui Internet.
Untuk mempromosikan produk atau jasa kamu, Ada dua cara promosi yang bisa kamu Lakukan :
1. Promosi Offline
2. Promosi Online

1. PROMOSI OFFLINE
Meskipun produk atau jasa yang kamu miliki kamu jalankan lewat internet, tapi jangan meremehkan cara promosi offline. Meski tidak wajib tapi cara promosi offline akan cukup mendukung  promosi online loh... Cara sederhana promosi offline bisa kamu lakukan lewat beberapa macam cara. Antara lain :


  1. Bikin Kartu Nama (jangan lupa cantumkan alamat situs anda) dan Berikan Kartu nama Anda tersebut kepada setiap orang yang berkenalan dengan Anda (cara gila).

  2. Bikin Striker kemudian tempelkan di mobil atau motor Anda dll (cara gila: tempel stiker anda pada mobil2 orang ketika sedang macet. He..he..peace..)

  3. Menyebarkan famplet dan brosur ke berbagai warnet dan tempat umum lainnya.

  4. Bordiran URL anda di Topi, Kaos, Celana jean dll

  5. Bisa dilakukan melalui rubrik kontak pembaca di koran atau majalah.

  6. dst.....terserah dengan kreatifitas anda sendiri (yang penting damai...).
2. PROMOSI ONLINE
Tahap promosi online ini terdiri dari beberapa tahap dan cara. Ingat, tujuan pemasangan ini bukanlah sekedar  untuk promosi langsung. Tapi juga untuk menanamkan link kamu di tempat lain.
kamu pasti tau kan, kalo URL atau link kamu terdapat di banyak tempat/situs ini akan meningkatkan "kepopuleran/traffik" situs kamu yang akan sangat berarti untuk menaikkan rangking situs anda di Search engine....
Ada beberapa teknik yang bisa kamu coba untuk mempromosikan produk atau jasa kamu lewat internet, cara tersebut yakni:
1). PROMOSI LEWAT SEARCH ENGINE
Mendaftarkan alamat situs anda ke search engine atau situs pencari. Ini merupakan langkah pertama yang wajib kamu lakukan dalam tahap promosi online. Cara mendaftarkan situs kamu ke search engine nasional/Internasional, kunjungi situsnya, lalu cari link, tambah situs/ tambah url /add url/submit your site/ dll..., lalu isi judul dan deskripsi website kamu dan url-nya. Dan dalam waktu yang singkat situs kamu sudah berada dalam database mereka.
Biasanya yang perlu kamu isikan di pandaftaran search engine adalah data kamu beserta url saja.
Jika bisnis atau situs kamu di tujukan untuk konsumen masyarakat  Indonesia saja maka daftarkan alamat situs kamu ke Search Engine lokal berikut ini :
http://www.incari.com/
http://indonesia.asiaco.com/
http://www.catcha.co.id/
http://www.endonesia.com/
http://indonesia.asiannet.com/
http://members.lycos.nl/linkindonesia
http://www.promosi-web.com/
http://indonesia.start4all.com/
http://www.computerera.com/
http://www.indocenter.co.id
http://www.naver.co.id/
http://www.indo-web.com/
www.pandawa.com/arjuna
http://situs.web.id/
http://www.netcepat.com/
http://www.startindonesia.com/
www.geocities.com/pristoid
http://www.indotop10.com/
http://www.searchindonesia.com/
kamu juga bisa mencari website mesin pencari baru lagi dengan melacaknya melalui http://www.google.com/. Masukkan kata kunci "search engine indonesia", "direktori indonesia", "mesin pencari" atau sejenisnya.
Selanjutnya daftarkan situs kamu ke search engine internasional yg populer lewat http://www.submitexpress.com/submit.html , cukup dengan memasukkan URL situs kamu dan alamat email kamu maka situs kamu akan terdaftar di 40 search engine internasional sekaligus termasuk yahoo, google, lycos, hotbot dan alltheweb sekitar 2-3 minggu kemudian.
Jika satu bulan setelah anda mendaftarkan ternyata situs kamu belum juga terdaftar maka kamu bisa mengulanginya lagi. tapi perlu diIngat, tunggu sampai satu bulan atau lebih dan kamu baru bisa mendaftarkannya lagi lewat http://www.submitexpress.com.  Jika dalam tempo kurang dari satu bulan kamu mendaftarkan situs yang sama berulang-ulang kamu akan di anggap melakukan Spam dan pendaftaran situs kamu justru tidak akan pernah diterima. Untuk di ketahui situs saya yang terdaftar di google bisa terdaftar setelah saya mendaftarkannya disitus ini, http://www.submitexpress.com
atau kamu juga bisa mendaftarkan situs kamu kebeberapa situs mesin pencari lain:
  1. http://www.altavista.com/cgi-bin/query?pg=addurl
  2. http://www.directhit.com/util/addurl.html
  3. http://www.excite.com/info/add_url
  4. Google http://www.google.com/addurl.html
  5. http://www.go.com/AddUrl?pg=SubmitUrl.html
  6. http://hotbot.lycos.com/addurl.asp
  7. http://express.looksmart.com/?iUS&chan=looksmart
  8. http://www.lycos.com/addasite.html
  9. http://dmoz.org/add.html
  10. http://customer.realnames.com
2) PROMOSI LEWAT DIRECT EMAIL MARKETING
Salah satu promosi yang paling 'hot' dan bisa langsung mengenai target adalah direct e-mail. Iklan atau email marketing kamu akan langsung masuk ke inbox setiap orang yang dituju. kamu perlu membuat sales letter yang baik jika kamu melakukan promosi dengan metode ini.
Terdapat berbagai cara untuk memperoleh alamat e-mail yang merupakan target kamu. Cara yang tidak saya rekomendasikan adalah dengan pengumpulan alamat e-mail dengan bantuan software (terdapat software yang bisa mendownload alamat e-mail dari suatu situs). Ada beberapa cara untuk memperoleh alamat e-mail yang akan kamu jadikan sasaran market kamu. Yang paling mudah adalah mencari di situs iklan baris.
Cari alamat e-mail pemasang iklan yang mempunyai kesamaan dengan bisnis kamu. Kemudian, jika kamu mengiriminya dengan e-mail promosi kamu, maka kamu harus mengatakan pada isi pesan kamu bahwa kamu tertarik dengan iklan yang ia tawarkan dan berniat berbagi peluang dengannya serta e-mail ini hanya sekali datangnya. Artinya, Anda jangan mengiriminya dengan e-mail kedua dan seterusnya. Cara lain untuk mencari alamat email adalah lewat milis atau newsgroups. Ingat promosi direct email marketing dengan jalan mencari alamat email lalu mengiriminya dengan email promosi adalah cara promosi yang bisa anda lakukan tapi tidak saya anjurkan.
Jika kamu mempunyai daftar alamat email dan "terpaksa" ingin mengirim email promosi pada pemilik alamat-alamat tersebut kamu "boleh" saja mengirimi mereka email promosi dengan "syarat" berikut agar kamu tidak di tuduh melakukan Spam.
- Bahasa harus sopan singkat dan tidak bertele-tele
- Karena kamu tidak kenal dengan pemilik alamat email, sampaikan dulu permintaan maaf karena kamu telah mengiriminya email dan katakan kalau kamu hanya ingin sekedar berbagi informasi. Jika pihak penerima email membalas dan menanggapi dengan baik maka kamu masih bisa mengiriminya email kedua dan seterusnya. Tapi jika penerima email tidak memberikan tanggapan atau justru marah-marah maka kamu tidak boleh mengiriminya email lagi. Masih ingat kan...yang penting Damai...
3). PROMOSI LEWAT MAILING LIST
Salah satu cara yang efektif untuk berpromosi mengunakan sarana email adalah berpromosi lewat mailing list yang memperbolehkan kamu beriklan di milis tersebut. Mailing list seperti itu banyak sekali jumlahnya dengan rata rata satu Milis memiliki anggota 100 orang lebih. kamu bisa mencari Mailing list jenis ini di http://groups.yahoo.com dengan memasukan keyword "iklan" atau keyword lain yang relevan seperti "peluang bisnis" di form search. 
Konsep sederhana milis adalah begini: sekelompok orang dengan minat yang sama berkumpul dalam satu komunitas di mana setiap orang di dalamnya bisa melakukan kontak ke seluruh member lainnya. Misalnya, jika suatu milis beranggotakan 1000 orang, dan anda adalah salah satu anggotanya, maka anda bisa mengirim pesan tertentu yg secara otomatis akan terkirim ke 999 member lainnya.
Dengan mengirimkan promosi ke satu mailing-list saja, pesan atau iklan promosi kamu akan dibaca oleh ratusan atau bahkan mungkin ribuan members mailing-list tsb.
TIPS BERGABUNG DI BUANYAK MILIS YAHOOGROUPS
Sebelum mendaftar ke berbagai mailing-list, sebaiknya kamu membuat alamat email baru dan harus di Yahoo Mail ,yg berkapasitas mail box hingga 1 Gb, untuk mempermudah aktivitas kamu dalam berpromosi dan agar E-mail utama kamu tidak terganggu. Gunakan alamat email baru di Yahoo mail tersebut untuk mendaftar ke berbagai mailing-list, INGAT JANGAN MENGGUNAKAN ALAMAT EMAIL UTAMA kamu !!!
Lakukan langkah-langkah berikut ini agar proses pendaftaran anda di milis-milis yahoogroups lebih cepat.
1. Loginlah ke Yahoogroups mengunakan username dan password e-mail kamu di Yahoo mail
2. Carilah milis yang memperbolehkan penawaran / iklan / peluang usaha dan mendaftarlah 10 milis perhari !!!. Untuk mencari milis-milis yang di maksud gunakan keyword berikut di mesin pencari Yahoogroups : " iklan" "peluang bisnis" "info" "bisnis" "uang" "bursa" "duit" "barang" "indo" "bisnis indonesia" "info usaha" "lowongan" "warung" dan keywords lain yang menurut anda relevan
3. Carilah Milis yang tidak bermoderator (Unmoderator) agar kamu bisa memposting e-mail iklan sebebas mungkin tanpa perlu persetujuan dari moderator. Selain itu pilih milis yang memiliki jumlah member minimal di atas 10 orang.
Untuk mendaftar juga bisa dilakukan dengan mengirimkan blank email ke milis yang ingin kamu ikuti lalu kamu wajib mereply atau meng-klik link yang ada pada email konfirmasi yang akan kamu terima.
Contoh : kirim blank email (email kosong) ke alamat berikut untuk subcribe atau untuk bergabung menjadi anggota milis yang di maksud
peluangbisnis-subscribe@yahoogroups.com
aneka-bisnis-subscribe@yahoogroups.com
pasang-iklan-subscribe@yahoogroups.com
Jika milisnya peluangbisnis@yahoogroups.com maka untuk subcribe atau join anda harus mengirim ke peluangbisnis-subscribe@yahoogroups.com
Subject atau Judul E-mail sebaiknya di buat semenarik mungkin hingga membuat penerima e-mail penasaran dan berminat untuk membuka dan membaca e-mail kamu tersebut. Judul / subyek e-mail yang tidak menarik dan asal-asalan biasanya akan langsung di delete oleh penerima e-mail tanpa melihat isi e-mail terlebih dulu. 
Untuk mengirim email ke banyak milis dengan sekali klik menggunakan yahoo web mail, anda bisa memasukkan beberapa alamat milis, yang telah anda daftari sekaligus dalam form to dengan di pisahkan tanda (,) koma. (maksimal 30 alamat milis untuk sekali klik atau sekali posting).
PENTING:
SEKALI LAGI JANGAN BERBUAT SPAM, SEBAB MILIS YAHOO DILINDUNGI OLEH SPAM PROTEKSI. BERBUAT SPAM DI MILIS YAHOO AKAN MENYEBABKAN EMAIL KAMU DIBLOKIR SECARA OTOMATIS.


4).
PROMOSI LEWAT SIGNATURE FILE
Signature File adalah sebuah "Resources Box" yang terdapat pada bagian paling bawah sebuah e-mail yang akan ikut terkirim secara otomomatis saat kamu mengirim sebuah e-mail. Signature File bisa di buat pada semua e-mail client dan juga web mail seperti yahoo web mail dan kamu bisa memanfaatkannya untuk mengiklankan Situs Anda.
Pada Yahoo Mail kamu bisa membuat signature file lewat menu Mail Options setelah kamu klik cari menu signature file, lalu klik lagi dan setelah terbuka form nya kamu bisa membuat signature file dan simpan.
Signature File biasanya berisi semacam iklan baris pendek yang berjumlah kurang dari 6 baris. Jika kamu memiliki sebuah Situs Web kamu bisa membuat sebuah Signature File seperti contoh berikut :
Terimakasih,
Http://surya26.blogspot.com
informasi bisnis dan motivasi

Setelah signature file kamu buat, kamu wajib mensetting email anda agar signature file tersebut secara otomatis ikut terkirim pada setiap email yang anda kirimkan. Setiap kali kamu mengirim atau membalas email kepada siapa saja, signature file ini akan ikut terkirim dan ada pada bagian paling bawah dari isi pesan email kamu.
5). TAMPILKAN URL SITUS KAMU DI MANA SAJA
Sertakan URL situs bisnis Kamu di manapun. Saat kamu mengikuti sebuah forum atau komunitas online seperti situs kontak jodoh dan lain lain, jangan lupa menyertakan alamat situs anda saat mengisi form pendaftaran. Karena URL, link atau alamat situs anda tersebut akan ikut di tampilkan pada biodata anda sehingga bisa di lihat oleh pengunjung situs.
INFO PENTING : Jika kamu serius menjalankan bisnis di Internet dan akan rajin melakukan promosi online pastikan kamu sudah memiliki Akses Internet Yang super Murah dan Hemat agar kegiatan kamu dalam menjalankan bisnis online lebih menyenangkan dan tidak boros di ongkos.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon