Jumat, 23 Juli 2010

Miniatur Rumah Adat Buatannya Banyak Dipesan Pejabat

Hendricus menunjukkan rumah adat Toraja buatannya.Pameran UKM yang berlangsung di Gedung Smesco, Jakarta memang telah selesai Minggu lalu. Peserta dari berbagai daerah di Indonesia turut meramaikan dengan menawarkan produk khas daerah yang unik. Mulai dari pakaian tradisional, makanan khas, sampai cinderamata. Namun, sebuah stan paling ujung dekat panggung terlihat berbeda dari stan lainnya. Di stan perwakilan dari kota Malang ini terpajang berbagai bentuk miniatur rumah tradisional di Indonesia. Kincir angin khas Belanda


Adalah Hendricus, salah satu pemilik Mikro Market Design (M2D), yang memproduksi rumah miniatur tersebut. Menurut Hendri, hingga kini ia telah membuat delapan jenis rumah tradisional, seperti rumah adat Toraja, Papua, dan bahkan Kincir Angin Belanda yang kesemuanya terbuat dari bahan kayu organik. Hendric menggunakan beberapa skala untuk membuatnya, namun ia sangat mementingkan kemiripan. Seperti yang ia tunjukkan kepada DUIT!, sebuah miniatur pendopo khas Malang yang masih tetap mempertahankan jendelanya meskipun sangat kecil. Bahkan ornamen ukiran yang terdapat di rumah tradisional pun turut jadi perhatian.

“Pembelinya lebih banyak pejabat-pejabat daerah untuk memperkenalkan kebudayaannya. Seperti baru-baru ini Pemkab Malang minta dibuatkan pendopo,” katanya saat ditemui DUIT! Jumat (16/7) lalu. Hendric menjual rumah miniatur mulai dari Rp 1,8juta hingga Rp 2juta tergantung ukurannya. Uniknya, untuk pemesan yang berada diluar kota, Hendric tidak mengirimkan rumah miniatur dalam bentuk final. Pemesannya harus merakit sendiri sesuai dengan buku petunjuk yang disertakan. Selain itu, Hendric juga menyertakan informasi mengenai asal-usul rumah miniaturnya. “Jadi orang nggak asal beli. Mereka juga mendapat wawasan tentang rumah miniatur yang dibelinya,” jelas mantan pegawai kantoran ini.
Pendopo khas Malang pesanan salah satu pejabat daerah.

“Yang penting saya ingin melestarikan kebudayaan Indonesia,” katanya. Bak gayung bersambut, belum lama ini ia dihubungi oleh salah satu pihak kementerian yang memberi kesempatan baginya untuk ikut pameran di luar negeri. “Ya kita tunggu saja,” tutupnya. 


sumber : http://majalahduit.co.id

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon