Jumat, 28 Juli 2017

Memastikan Arah Kiblat dengan Google earth



Menghadap Kiblat merupakan salah satu syarat sah nya sholat untuk umat muslim, arah kiblat yang benar adalah menghap ke ka'bah atau masjidil haram yang terletak di kota Mekah Arab Saudi, berdasarkan beberapa sumber, pergeseran tersebut di sebabkan oleh pergerakan lempeng bumi. Memang masih belum di ketahui sumber penelitian dari mana yang mengatakan adanya pergerakan lempeng bumi yang menyebabkan arah kiblat umat muslim dapat bergeser, namun pastinya efek fatwa MUI ini membuat sejumlah Mesjid dan mushala panik, pasalnya mereka takut jika selama ini kiblatnya ternyata salah, atau tidak menghadap ke arah Ka'bah, bahkan tak jarang ini menjadi sebuah kontroversi, dan juga adanya keengganan masyarakat untuk merubah posisi yang sudah ada saat ini.

Nah, kebetulan saya disini adalah seseorang yang suka berkeliling dunia. biasanya saya berkeliling dunia naik Google earth, saya bebas terbang kemana saja, dan yang paling penting adalah gratis. heheh...

saya pikir dengan google earth, dapat membantu kita dalam menentukan posisi kiblat kita, sehingga mudah-mudahan dapat membantu menenangkan hati kita, karena telah mengetahui kebenarannya.
nah cara untuk menentukan arah kiblat dengan google earth adalah sangat mudah sekali

  1. Cari sebuah mesjid yang ingin anda tentukan kebenaran arah kiblat. dan beri nama dengan memberikan "add Place mark" ( seperti jarum berwarna kuning ). dalam hal ini anda di tuntut untuk jeli dan melotot mencari lokasi Mesjid atau mushala tempat anda beribadah.
  2. Cari lokasi ka'bah dengan mengetikkan "Makkah" di kotak pencarian, maka secara otomatis anda akan langsung di tunjukan langsung ke kota mekah, dan sangat disana sangat mudah sekali di lihat Ka'bah di masjidil haram, kemudian beri tanda lagi dengan memasangkan jarum kuning ( add Placemark).
  3. Dari kedua tanda tersebut akan muncul di kotak sebelah kiri, kini anda tinggal memberikan garis lurus dengan menggunakan tool "Show Ruler". di kotak atas...pokoknya cari aja gambar penggaris disana. 
  4. Arahkan kotak tesebut ke Mesjid asal yang akan kita teliti, hingga muncul tanda berwarna hijau
  5. kemudian tarik garis lurus hingga menuju ke mekah ( place mark yang sudah kita tandai sebelumnya) cara mudah menarik garis tersebut adalah dengan mengklik Placemark ( jarum kuning) yang sudah kasih tanda yang ada di kotak sebelah kiri. maka secara otomatis akan langsung menuju kesasaran.
  6. Letakkan titik kedua tepat di atas ka'bah tersebut.
  7. Kembali lagi ke Mesjid semula. dan coba perhatikan apakah posisi masjid tepat dengan arah garis yang di tarik lurus ke Ka'bah tersebut. 

Berikut beberapa contoh Mesjid yang kebetulan ada di tempat tinggal saya,


dari gambar di atas bisa di simpulkan bukan, jika di tarik garis lurus antara gambar yang satu dengan gambar yang ke dua maka disini terdapat perbedaan posisi, dan menurut anda mana yang posisinya tepat? gambar satu atau gambar dua? anda sudah pasti bisa menjawab. untuk program tersebut dapat anda download secara gratis di earth.google.com. semoga info ringan ini bisa sedikit menambah pengetahuan kita semua.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

5 komentar

Wah, makasih om, dapat pencerahan..gak sengaja ketemu blog ini. Tapi sebenarnya selain di google earth. bisa juga kok dilakukan di Google Map. Caranya hampir sama.

Wah keren om... kita bisa tidak ragu lagi arah kiblat

jadi bisa pake google gan
thanks infonya

thx gan infonya, biasa naik gunung ane kadang bingung menentukan kiblat.

Berarti cara ini bisa dipakai dimana saja selama masih ada koneksi Internet. Terimakasih informasinya Om.

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon