Kamis, 14 Oktober 2010

Fungsi Logika di Microsoft Excell

Pengolahan data pada microsoft excel baik itu yang microsoft excell 2003 maupun yang 2007 dengan menggunakan fungsi logika, yang dapat membantu meringankan kerja kita dalam mengolah suatu data.
dalam fungsi logika ini terbagi menjadi 5 Fungsi/Formula/Rumus :

  1. And  
  2. Single If
  3. Multi IF
  4. Not
  5. Or
Fungsi and ( dalam bahasa Indonesia di sebut "Dan") adalah menghasilkan nilai true jika semua argumen yang di uji bernilai benar dan false, jika ada satu atau lebih argumen yang benilai salah :
  • bahasa logikanya seperti ini : "kolom A bernilai lebih kecil dari 10 dan kolom B bernilai lebih besar dari 1000, jika kedua pernyataan diatas adalah benar, maka akan menghasilkan nilai TRUE.
  • bentuk penulisan fungsi  =AND(X1,X2,X3,…)
Fungsi Single IF ( if dalam bahasa Indonesia disebut "jika" ) adalah formula yang di gunakan untuk menguji kebenaran satu kondisi.
  • Bahasa logikanya seperti ini : "jika si budi pergi ke pasar maka dia naik motor". 
  • Bentuk penulisan fungsi  =IF(X,Y,Z)
Fungsi Multi IF ( multi dalam bahasa Indonesia disebut "banyak") adalah formula yang di gunakan untuk mengujui kebenaran dari beberapa kondisi
  • Bahasa logikanya seperti ini : "jika budi pakai baju merah maka dia pasti pakai topi putih, jika dia pakai baju kuning maka dia pasti pakai topi hijau, jika dia pakai baju coklat pasti dia pakai topi hitam, jika dia tidak pakai baju merah, baju kuning dan baju coklat pasti dia tidak pakai topi"
  • bentuk penulisan fungsi =IF(X,Y,Z)
Fungsi NOT ( dalam bahasa Indonesianya disebut "tidak/bukan") adalah berfungsi menghasilkan nilai true jika kondisi yang di uji salah, dan menghasilkan nilai false jika kondisi yang di uji benar.
  • Bahasa logikanya seperti ini : "Si polan umurnya bukan dibawah 10 tahun", jika ternyata kenyataannya dibawah 10 tahun , maka akan menghasilkan nilai FALSE, tapi jika ternyata benar dibawah 10 tahun maka akan menghasilkan nilai TRUE
  • bentuk penulisan fungsi =NOT(  )
Fungsi OR ( dalam bahasa Indonesianya "Atau")  adalah menghasilkan TRUE jika beberapa argumen berniai benar dan FALSE jika semua argumen salah
  • Bahasa logikanya seperti ini : "Budi berumur 9 tahun atau berumur 10 tahun atau mungkin berumur 11 tahun". jika salah satu ada yang benar, maka akan menghasil kan nilai TRUE, jika tidak ada yang benar akan menghasilkan nilai FALSE.
  • bentuk penulisan fungsi =OR(X1,X2,X3,…)

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon