Senin, 27 Desember 2010

Mencari duplikasi value di excel 2003


SuryaPost.com - Mengolah data secara komputerisasi memang merupakan sarana yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan segala bentuk laporan-laporan manual, membuat pekerjaan menjadi simpel dan lebih mudah di analisa ketimbang data yang di olah tanpa adanya komputerisasi. Kita harus akui, penggunaan fungsi excell secara keseluruhan memang gampang-gampang susah untuk di pelajari. Tapi tak ada kata menyerah saat kita mau berusaha untuk dapat belajar dan belajar tak mengenal lelah.
Banyak sumber-sumber yang bisa di pelajari untuk memperdalam ilmu pengetahuan di bidang excel, baik itu media online maupun media cetak.

Nah saya coba mau share sedikit masalah mencari duplikasi value atau text di Microsoft Excell. cara membuat rumusnya pun sangatlah mudah, hanya saja masih banyak orang yang belum bisa menggunakan atau mempelajarinya. Padahal sesungguhnya kasus ini sangat sering kita jumpai, khususnya untuk para pekerja kantoran yang setiap hari bergelut dengan pengolahan data via excel.

Mungkin untuk beberapa orang sudah tau dan sudah sangat familiar dengan rumus ini, tapi buat orang yang tidak mengetahui mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat.

Jadi begini caranya :
  1. anda harus tentukan field mana yang akan di cari duplikasi value atau duplikasi kontentnya, baik itu dalam bentuk value atau dalam bentuk text.

Contoh data :


Dalam kasus ini misalkan saya hendak mencari nomor id yang double atau yang terecord lebih dari 1 kali. Maka saya cukup menyorot nomor id


  1. Setelah anda sorot, pilih Format - Conditional Formating
 

  1. Pilih Formula Is dan ketik rumusnya : “=CountIF($C$1:$C$8,C2)>1” (tanpa tanda petik)

           

  1. Klik Tombol Format, dan pilih lah bentuk font, border atau pattern, sesuai selera anda.



  1. Tekan OK, kemudian OK lagi, maka dia akan muncul seperti ini :


Yang di sorot biru itulah yang nilai lebih dari 1, dan dalam contoh ternyata yang ada 3 nomor id yang sama. Nah Conditional formatting ini juga untuk berbagai keperluan yang lain sesuai kondisi yang di inginkan. Contoh, saya ingin mewarnai umur yang lebih dari 16 tahun..maka rumusnya tinggal di ganti.

Pilih Cell Value Is 


Jangan lupa formatnya dirubah sesuai selera. Dan hasilnya akan jadi seperti ini :



Artinya, siswa yang umurnya lebih dari 17 orang Cuma satu….mudah kan.. ? selamat mencoba (admin)

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

10 komentar

thanks infonya sob...

yoi brow...senang bisa membantu

wah..dicari cari informasi tentang ini, ternyata adanya di blog juragan neh.. thanks atas informasinya..sangat membantu sekali untuk pekerjaan saya di kantor...

Simple sekali...tapi sangat membantu...aku juga baru tau neh

OK sOB..Sama-sama...yang penting kan kita sama sama tau...mudah-mudahan bermanfaat ya sob

teirmakasih sudah mengunjungi www.suryapost.com dan terimakasih atas komentnya. salam kenal

Terimakasih mas, akhirnya mampir juga di sini, dari kemaren bingung gimana caranya.

Thanks tutornya brow..ternyata simple.,...aku dari dulu mencari gak dapat dapat...ternyata kita memang harus banyak belajar ya gan!

Bagus nie buat pemula,,
tambah terus untuk fungsi2 yang lain..

Cara pembahasan yang mendetail, inilah yang menjadi artikel ini menarik dan bermanfaat...

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon