Kamis, 03 Februari 2011

Agar tidak gulung tikar di bisnis online



Jual beli lewat internet, baik itu jual beli dalam bentuk fisik ataupun jual beli dalam bentuk virtual (red: ebook) saat ini memang bukan menjadi barang langka, membludaknya perkembangan bisnis online ini, merupakan dampak dari berkemabangnya teknologi internet yang saat ini sudah menjadi bagian dari inovasi manusia modern. jika sang pebisnis offline menjualkan barang dagangannya dari rumah ke rumah, atau menjual dagangannya dengan memajangnya di toko saja, maka lain halnya dengan sang pebisnis online, calon konsumen bisa "memegang-megang" barang daganganya hanya dari jarak jauh, bisa mengetahui lebih detail spesifikasi barang tersebut, juga bisa langsung bertransaksi jika sudah berminat dengan barang tersebut. dalam hal bisnis online ini, tanpa perlu melibatkan pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. tentu semuanya ini tak lepas dari peran serta dan bantuan internet. hal ini memberikan keuntungan besar bagi para pelaku bisnis online. tak heran, dewasa ini banyak sekali orang yang memanfaatkan fasilitas internet untuk mengais rejeki. Banyak pula diantaranya yang sukses di bisnis online ini.

Ternyata dalam memulai dan menjalani bisnis online ini, bukan juga merupakan perkara yang mudah, tidak selamanya keputusan untuk menjalankan bisnis secara online ini akan berjalan mulus. saat mulai menjalankan bisnis online ini, banyak sekali hambatan yang akan kita hadapi. saat seperti ini lah yang menyebabkan banyak pelaku bisnis online gulung tikar dan meninggalkan bisnis onlinennya. Karena ketidak siapan dan ketidakmampuan pebisnis online tersebut dalam mengelola kendala-kendala yang dihadapi. Kira-kira kendala apa yang dihadapi dan bagaimana solusinya?


  1. Banyaknya penipuan di bisnis online yang berbaur dengan pelaku bisnis online sungguhan, bahkan teman saya sendiri sudah pernah ketipu dengan pelaku bisnis online ini, membeli sebuah produk yang di pasarkan lewat toko online, namun begitu uang sudah di bayarkan, namun barang tidak juga kunjung sampai. nomor telpon sang pemilik toko online pun sudah tidak aktif lagi. wah..ck ck. kasus kasus seperti inilah yang membuat kepercayaan orang berkurang terhadap bisnis online ini. Bahkan tak jarang pula yang trauma dan kapok dengan berbelanja di toko online ini. Solusinya : sediakan informasi produk anda dengan se detail detail nya. mulai dari bahan nya, ukuran, spesifikasi, serta informasi lainnya.  Cantumkan Contact servis anda dengan lengkap, seperti nomor telpon, HP, alamat lengkap, chating, sms dan kalau perlu lampirkan juga peta lokasi toko anda.
  2. Banyaknya para pelaku bisnis online membuat persaingan pun semakin tinggi, lihat saja di internet, ribuan orang telah lebih dahulu menjalankan bisnis online ini, baik itu bisnis konvensional, bisnis retail, bisnis afiliate, bisnis reseller produk dan lainnya. Bisa dipastikan jika kita tidak mengutamakan kualitas produk dan pelayanan, maka kita akan kalah saing dengan pebisnis online yang lain. Solusinya : tawarkan kepada calon konsumen akan keunikan produk anda, lakukan riset kecil untuk membuat pelayanan usaha anda semakin tinggi dan tidak terkalahkan. Berikan banyak kemudahan bagi calon konsumen, juga berikan bonus gratisan, artikel, poster, atau apapun yang membuat konsumen seperti benar-benar seorang raja. sehingga membuatnya percaya dan suatu saat akan kembali lagi mengunjungi toko online tersebut. 
  3. Hal yang paling mendasar namun sangat vital dalam sebuah bisnis online adalah jaringan koneksi internet, untuk para pelaku bisnis online yang lokasinya di perkotaan, mungkin koneksi internet bukan merupakan suatu kendala, namun bagaimana dengan rekan-rekan kita yang berada di daerah yang jauh dari jangkauan akses internet. Solusinya : sebelum memulai bisnis online, pastikan dulu jangkauan sinyal apa yang paling bagus di tempat anda sekarang, anda bisa gunakan modem yang bagus daya tangkap sinyalnya. agar koneksi internet anda tidak terhambat. untuk masalah biaya akses internet, jangan khawatir. saat ini banyak sekali provider-provider yang menawarkan akses internet yang sangat murah dan terjangkau.
  4. Kurangnya pengetahuan tentang bisnis online. Banyak orang yang coba-coba menjalankan bisnis online dengan modal nekat. Namun kenekatannya itu tidak disertai dengan wawasan dan pengetahuannya tentang apa yang membuat bisnis online anda lebih berkembang. sehingga banyak juga yang hanya beberapa waktu bisnis onlinenya langsung gulung tikar. solusinya : perbanyaklah pengetahuan anda tentang bisnis online, dengan membeli buku, majalah, ataupun browsing di internet. juga sering-seringlah ikut seminar bisnis online. bergabunglah dengan komunitas pebisnis online, baik yang di dunia maya maupun yang di dunia nyata. 


Nah. dengan membaca artikel diatas, diharapkan anda jangan patah semangat, tetaplah konsisten untuk menjalankan bisnis online anda, ketahuilah apa kendala dalam menjalankan bisnis anda. Dan ciptakan trobosan baru dalam strategi marketing anda. semua kendala dan hambatan pasti ada solusinya. jadi tetaplah maju terus pantang mundur. ingat tentang artikel saya sebelumnya. mindset entreprenur anda harus lebih di tingkatkan lagi. karena saya yakin dalam diri anda ada potensi unggul yang luar biasa. salam sukses......

gambar : blackenterprise.com

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

2 komentar

Bagi para pencari produk online, rekomendasi solusi di atas sangat bermanfaat. sedangkan bagi para penyedia bisnis online terutama produk informasi, perlu menanamkan kepercayaan pada calon pembeli dan orang-orang yang membeli, karena kalau mereka puas dengan pelayanan yang diberikan tidak susah-sasah buat testimonial, dia sendiri yang akan testimonial dengan ikhlas.
saya juga mencoba bulan April meluncurkan program ebook "statistik instan" mudah-mudahan dengan berbekal artikel yang bermutu di atas, saya bisa meluncurkannya nanti dan mampu melayani dengan baik, sehingga penggunaan puas, was was was...

mudah2an jgn amblas...'cuz baru di online earning...

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon