Rabu, 30 Maret 2011

Mau Tau Istilah seputar Internet?



Hari gini gak tau Internet, apa kata dunia?  Demikian lah ungkapan dijaman sekarang yang penuh dengan kemajuan teknologi mutakhir. Wabah internetpun kian menyemarakkan dunia teknologi digital. Pengetahuan akan dunia informasi digital memang mutlak dipenuhi. Seperti sebuah istilah internet yang banyak digunakan saat ini, sangat banyak sekali istilah-istilah internet yang patut pelajari. Berikut diantaranya :

Internet – Sejumlah besar network yang membentuk jaringan inter-koneksi (Interconnected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPAnet dan Kemungkinan jaringan WAN yang terbesar yang ada saat ini.
EmailElectronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirikan dari satu alamat ke alamat yang lain di jaringan internet.
Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host domain, Misalnya : Admin@suryapost.com
Firewall – Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.
GPRS General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.
Gateway – Dalam pekerjaan teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware  maupun software  yang menterjemahkan antara dua protokol yang berbeda. Pengertian yang lebih umum adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah system lain yang terhubung dalam sebuah network.
TCP/IP Transmission Control Protocol/Internet Protocol.  Satu set protocol standar yang digunkana untuk menghubungkan jaringan computer dan mengamati lalu lintas dalam jaringan, protocol ini mengatur format data yang diijinkan, pengananan kesalahan (error handling) , lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus dapat bekerja diatas segala jenis komputer tanpa terpengaruh oleh perbedaan hardware/ perangkat keras maupun system operasi yang digunakan.
Telnet – Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote-host dengan terminal yang berbasis teks, misalnya dengan emulasi VT100. Penggunaan telnet sangat rawan dari segi sekuriti. Saat ini penggunaan telnet telah digantikan oleh protokol SSH dengan tingkat keamanan yang lebih baik.
SSHSecure Shell. Protokol pengganti Telnet yang memungkinkan akses yang lebih secure  ke remote-host.
SMTP Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol POP.
URIUniform Resource Identifier. Sebuah alamat yang menunjuk kesebuah resource di Internet. URI biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema (scheme)  yang diikuti sebuah alamat. URI diakses dengan format skema://alamat. URI http://yahoo.com menunjukkan alamat resource yahoo.com yang dipanggil lewat skema HTTP walaupun HTTP adalah skema yang sering digunkan, namun masih tersedia skema-skema lain, misalnya telnet, FTP, News, dan sebagainya.
FTP- File Transfer Protokol . Protokol standart untuk kegiatan lalu-lintas file (Upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet.
Upload – merupakan kegiatan pengiriman data dari dan ke komputer maupun server lainnya, yang terhubung dalam sebuah network. Sedangkan kebalikannya, untuk pengunduhan atau pengambilan file hasil kiriman tadi disebut dengan download.
URLUniform resource Locator. Istilah ini pada dasarnya sama dengan URI, tetapi istilah ini lebih banyak digunakan untuk menggantikan URL dalam spesifikasi teknis.
MIMEMulti Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada  email.
HomePage – Halaman muka dari sebuah situs web. Atau halaman default yang diset untuk sebuah browser.
Usenet – ­Usenet News atau dikenal juga dengan nama “Net News” atau “News” saja, merupakan sebuah bulletin board yang sangat besar dan tersebar diseluruh dunia yang dapat digunakan untuk bertukar artikel. Siapa saja dapat mengakses Usenet news ini dengan program-program tertentu, yang biasanya disebut newsreader. Akses ke server news dapat dilakukan dengan menggunakan protokol NNTP atau dengan membaca langsung ke direktori spool untuk news yaitu direktori dimana artikel berada ( cara terakhir ini sudah jarang digunakan).
UUENCODE Unix to Unic Encoding. Sebuah metode untuk mengkonfersikan file dalam format biner ke  ASCII agar dapat dikirimkan melalui email.
Upstream – Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer local ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream.
UDPUser Datagram Protocol. Salah satu protokol untuk keperluan transfer data yang merupakan bagian dari TCP/IP. UDP merujuk kepada paket data yang tidak menyediakn keterangan mengenai alamat asalnya saat paket data tersebut diterima.
SGML Standart Generalized Markup Language – nama popular dari ISO Standard 8879 (tahun 1986) yang merupakan standar ISO (International Organization for Standarization) untuk pertukaran dokumen secara elektronik dalam bentuk Hypertext.
SDSL – Symmetric Digital Subsciber Line. Salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang sama. SDSL umumnya bekerja pada kecepatan 384 Kbps (Kilobite per detik).
Intranet – Sebuah jaringan privat dengan system dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secara internal.
Host – sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama.
HTMLHypertext markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang digunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.
HTTPHypertext Transfer Protokol.  Protokol yang didesign untuk mentransfer documen HTML yang digunakan dalam World Wide Web
IP Address – Alamat IP (Internet Protocol), yaitu system pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sedertan angka berupa kombinasi 4 deret  bilangan antara 0 sampai 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik. Mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255
Mailing List – sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet  untuk melakukan kegiatan tukar-menukar informasi. Setiap pesan yang dikirim ke alamat mailing list, otomatis akan mengirim kesemua angota mailing list tersebut. Milist ini juga biasa digunakan untuk sarana diskusi antara para anggotanya.
Login – Pengenal untuk mengakses sebuah system yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (Kata  kunci).
Leased Line – saluran telepon atau kabel fiber optic yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi yang lain. Internet berkecepetan tinggi biasanya menggunakan saluran ini.
ISP Internet Service Provider. Sebutan untuk istilah penyedia jasa internet.
ISDNInternet Service Digital Network , merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon regular. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bite per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.
(berbagai sumber)

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

5 komentar

semakin jelas nich and tambah paham tentang istilah-istilah seputar internet...

@Abdul Sidikmungkin ada yang mau ditambahkan mas sidik?

sdh aq psang sob link kmu , slhkan cek dgn nama suryapost.com . jgn lupa psang link aq yh dengan nama Baca Komik Manga, kasih tau yh kalo sdh d psang !!

jadi bertambah ilmu tentang seputar internet..tks

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon