Rabu, 07 Desember 2011

Menghilangkan tampilan #N/A di Microsoft Excell

Buat anda yang sering dan selalu bekerja dengan microsoft excell, terutama untuk orang-orang yang senang melakukan pengolahan data kecil, maka sudah pasti tak asing lagi di telinga anda yang namanya Fungsi Vlookup.Kembali saya tegaskan, untuk yang sudah tau anggap ini sebagai isi ulang, namun bagi yang masih belum tau anggap ini sebagai perdana, boleh di terapkan.

Menggunakan fungsi Vlookup dalam keadaan normal itu adalah menggabungkan dua buah data yang memiliki kata kunci atau key ID yang sama. sehingga data bisa di joinkan. saya tidak akan memperpanjang penjelasan mengenai Vloookup itu sendiri, saya anggap semua pembaca sudah mengetahuinya.
Pernakah anda menemui #N/A..?, sebenarnya error message #N/A itu bukan suatu masalah. ini hanya menandakan bahwa file tsb tidak ada. (Not Available). tapi kebanyakan dari kita menganggap jika data yang di tampilkan muncul #N/A maka itu membuat data kita tidak rapi. Untuk merapikannya kebanyakan dilakukan cara penghapusan manual.

Namun untuk kali ini saya akan berbagi sedikit tips/Formula Excell yang sebenarnya sudah ada, tapi gak pernah saya gunakan ( ups..saat saya menulis artikel ini, saya pun baru berhasil menemukan rumus ini heheh).

Formula yang biasa di gunakan : =ISNA

<= Fungsi standart yang sering digunakan untuk penggabungan dua file dengan fungsi Vlookup.







Kemudian rumus standart tsb di ganti dengan rumus yang lebih canggih :









atau bisa juga seperti ini :
(tanda Kutip yang kosong diganti dengan "belum terdaftar")
, maka apabila nilai yang kita joinkan tidak ada, maka akan muncul keterangan belum terdaftar.










kira-kira dapat di pahami kan?

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

6 komentar

mantap gan, saya sering mengalami hal tersebut. Sangat bermanfaat sekali...

@Abdul Sidik Iya gan..justru itu...saya juga sering menemukan kasus demikian, makanya saya share kembali.

Terima kasih.... :)
Sangat membantu sekali..

"Pista"

Gimana klo ngesortnya bda sheet bkan kolom ?!!
tolong bantuannya bos,..

@Anonim thanks atas pertanyaannya, untuk yang beda sheet itu sebenarnya sama saja, tidak ada perbedaan, itu sengaja saya tampilkan dalam satu sheet biar kelihatan.

slam knal bro..klo di hlookup gman yah? aku dah coba tapi tetap aja hasilnya #n/a. mohon ulasannya yang lebih detil. thanks..

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon