Jumat, 27 Januari 2012

Rencana dasyat membangun bisnis online

Bicara soal bisnis online sepertinya memang tidak ada habisnya ya? banyak sekali orang yang berambisi untuk bisa berbisnis online, gimana tidak? Jika di bandingkan bisnis online dengan bisnis offline, lebih mudah dan menguntungkan bisnis online dan yang paling penting, pasarnya bukan cuma berkutik di satu daerah, satu kalangan tertentu, atau yang tutup kalau sudah jam 12 malam. Bisnis online, sangat fleksibel, mudah, online 24 jam, minim karyawan dan prospeknya jelas. Seperti yang sudah saya posting artikel sebelumnya, jumlah pengguna internet di dunia ini semakin hari semakin bertambah, seiring bertambahnya pula jumlah penduduk di dunia ini. Era teknologi canggih abad modern ini memang memberikan celah baru bagi pebisnis. Hmm..ok sudah cukup basa basinya. Saya Cuma mau bagi tips sedikit tentang persiapan dalam menyusun bisnis online yang sudah saya dapat ilmunya dari sana sini :

Apa sebenarnya bisnis anda?
Coba Ringkaskan sedikit apa yang menjadi bisnis online anda. Apa yang akan di lakukan, gimana nantinya bisnis anda bisa menguntungkan, atau siapa pasar atau target market bisnis anda, serta tujuan atau sasaran bisnis anda kedepannya. Contohnya gini: Saya mau membuat sebuah bisnis online jual beli kotak kado dari bahan daur ulang, target market saya adalah semua kalangan, keuntungannya 20% per item, sasaran bisnisnya adalah menjadi toko kotak kado online paling unik dan paling murah dengan kualitas nomor satu.

Pesaing kita merupakan sahabat bisnis yang paling baik.
Jangan takut sama yang namanya competitor atau pesaing, gunakan jurus ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) untuk bisa mengungguli competitor kita. Lihat, perhatikan, pelajari dan analisa competitor anda, seperti kualitas produknya, siapa target marketnya, harga jualnya, kualitas produknya, teknis jual beli onlinenya mudah atau tidak, penjelasan produknya, garansi barangnya, legalitas usahanya, cara mereka membangun kepercayaan kepada pelanggan, dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah kita bisa mendapatkan point lebih dari competitor kita, jika perlu buat perbandingan analisa bisnis yang akan anda bangun dengan competitor anda. Karena informasi itu sangat berguna untuk pengembangan bisnis anda kedepannya. Sehingga ada dapat menjadi competitor yang patut di pertimbangkan.

Bisnis yang unik, membuat orang enggan melupakan produk anda.
Usahakan buat bisnis anda menjadi bisnis yang unik, bukan saja dari segi produknya, kemasannya atau system penjualannya pun bisa anda buat seunik mungkin. Tujuannya adalah agar produk anda mudah dan cepat di kenal pelanggan. Kalau kita tidak mempunyai suatu keunikan tersendiri dalam bisnis kita, maka bisnis kita akan di anggap sama saja dengan bisnis lainnya dan resikonya mungkin bisnis anda akan di abaikan, atau parahnya di lupakan saja. Sehingga pastinya kurang begitu diminati orang. Itu kenapa saya memberikan contoh mengenai bisnis kotak kado yang terbuat dari bahan daur ulang, Karena mungkin kalau kotak kado biasa dengan bahan yang biasa dipakai meski kualitasnya bagus tetap saja tidak menjadikan bisnis kotak kado anda menjadi unik. Contoh: www.olahdatainstant.com merupakan web dengan bisnis online yang terbilang unik. Bagaimana tidak?     Dimana orang mulai ramai-ramai menjalankan bisnis online dengan produk-produk “cepat kaya” justru web olahdatainstant.com malah menawarkan ilmu yang sangat bermanfaat dalam pengolahan data baik untuk skripsi maupun untuk penelitian-penilitian. Yang kalau di uangkan, ilmu itu sangat mahal harganya.unik bukan? Dan masih banyak lagi bisnis online unik yang sudah ada.

Website cantik, pengunjungpun senang.
Nah dari ketiga rencana bisnis online sebelumnya, tahapan ke empat inilah yang terbilang sulit, apalagi buat anda yang newbie di bidang coding, pemprograman, design dan lain-lain. Tapi perlu anda ketahui, ibarat membangun sebuah toko offline, toko online juga membutuhkan ruang yang cukup untuk meletakkan dan menyusun produk yang akan anda jual. Atau dengan kata lain, web yang nota bene sebagai toko online anda wajib anda design sebaik mungkin, seramah mungkin dan nyaman di pandang. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam mempersiapkan web bisnis anda yaitu mulai dari siapa yang akan membuat web, bagaimana tampilannya, content, sales letternya, system pembayarannya, dan lain sebagainya. Semua itu harus anda pikirkan sebaik mungkin. Bagaimana seperti layaknya toko offline, toko online pun membutuhkan tempat yang nyaman buat pengunjungnya. Buat agar pengunjungnya tidak suntuk dalam mencari produk yang anda pasarkan, atau pastikan pengunjung mendapatkan apa yang di butuhkannya. Petakan semua design web anda dengan rinci, sehingga kemungkinan-kemungkinan terkecilpun dapat di persiapkan, ini seperti membuat blueprint rumah yang akan anda bangun, bayangkan saja kalau anda bangun rumah tanpa adanya blueprint, bisa bisa letak kamarmandi bisa salah salah.

Banyak trafik banyak kesempatan menguntungkan
Website/blog tanpa trafik merupakan seperti toko tanpa pengunjung. Meskipun produknya banyak dan harganya murah tapi kalau tidak ada pengunjung juga tak ada gunanya.  Begitu juga bisnis online, meski namanya online tidak semena mena secara otomatis akan mendatangkan pengunjung. Perlu dilakukan promosi secara rutin, hal ini bisa dilakukan dengan metode gratisan, seperti memasang iklan gratis, upload ke social network (twitter, facebook dll) & upload produk ke youtube, atau via iklan berbayar seperti ppc, banner, iklan dll. Selain metode online, mendatangkan trafik juga bisa dilakukan dengan metode offline, seperti sebar brosur, pamphlet, spanduk, bahkan kartu nama dsb. Dan masih banyak cara-cara kreatif untuk promosi produk-produk yang anda jual. Untuk sharing ide promosi bisa kontak saya melalui YM yang tersedia disamping, insyaAllah Gratisssss….

Nah pembaca setia suryapost.com ke lima tahapan rencana bisnis online diatas merupakan garis besar yang dapat kita terapkan sebelum memulai sebuah bisnis online. dan semuanya itu tidak terlepas dari bagaimana cara anda sendiri mengembangkan ide-ide kreatif dalam membuat rencana bisnis online anda. Meskipun itu hanya teknis dalam bisnis online anda. Jangan lupa juga untuk perencanaan kuangan bisnis online anda. Semua itu juga perlu di perhitungkan. Yang jelas dalam bisnis online Kuncinya adalah mau belajar, memperdalam penguasaan materi, dan tekat yang kuat untuk sukses di bisnis online dan jangan pernah menyerah. Setelah membaca materi diatas, jangan pernah berfikir bisnis online itu ribet dan repot. Konsepnya adalah anda mau menjual produk anda keseluruh orang di dunia ini. jadi sedikit ribet itu hal yang lumrah dilakukan untuk mencapai puncak kejayaan bisnis anda. Yang penting sekarang segeralah memulai bisnis online anda. Karena menurut pakar bisnis dan motivator Purdi E Chandra, bisnis yang paling bagus itu adalah di mulai, bukan di tanyakan terus..hehehh

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

1 komentar yang sudah masuk...

Emnag skrng bisnis online makin menggeliat ya bang, peluang bgs untuk seorang pemula seperti saya. meawarkan barang via online dgn fasilitas web yg bgs tentunya bikin menarik para calon pembeli. thanks for share

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon