Sabtu, 12 Mei 2012

Bahan Kimia yang perlu diwaspadi dalam makanan

Suryapost.com - Saat ini sudah tidak aneh lagi, sering kali kita dengar diberbagai media cetak, maupun televisi atau media online, berbagai jenis pemberitaan mengenai banyaknya makanan yang terkontaminasi atau sengaja di kontaminasikan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab demi mendapatkan keuntungan yang besar tanpa memperdulikan kesehatan dan keselamatan orang lain. seperti yang pernah kita dengar sebelumnya, ada mie kuning yang sudah dikasih formalin agar tetap awet. dan banyak lagi contoh-contohnya. nah mungkin informasi ini bisa berguna buat pembaca setia suryapost.com bahan kimia yang peru diwaspadi dalam makanan diantaranya :

1. Formalin :
Formalin yang biasa digunakan untuk mengawetkan mayat agar tidak membusuk juga saat ini sering kita dengar digunakan untuk mengawetkan makanan. sungguh ini sangat berbahaya. formalin yang masuk kedalam tubuh manusia dapat menyebabkan kerusakan parah pada hati, limfa, jantung, otak dan system syaraf. biasanya formalin banyak digunakan untuk mengawetkan mie basah, tahu dan daging.

2. Boraks
Biasanya dengan menggunakan boraks ini, makanan yang sudah di campuri akan terlihat lebih segar, kenyal, renyah dan pastinya lebih tahan lama. mungkin sobat sudah tau, biasanya  boraks ini digunakan sebagai bahan pembersih atau pengawet kayu. jadi seandainya bahan ini masuk ke tubuh maka dapat mengganggu fungsi otak, hati, lemak dan ginjal, dan sangat riskan menyebabkan kematian.

3. Rhodamin B
Bentuknya serbuk berwarna merah keunguan dan biasanya digunakan untuk pewarna tekstil atau kertas. biasanya kalau zat ini masuk ke tubuh manusia dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, serta gangguan pencernaan akut. di masyarakat zat berbahaya ini sering kali digunakan untuk pewarna makanan. seperti es cendol, kerupuk, terasi dan makanan kecil untuk anak-anak sekolah.


4. Sakarin (saccharin ) 
Bisa membuat makanan terasa lebih manis 600 kali gula biasa. tidak berbau, dan berbentuk bubuk. sudah sangat jelas sakarin banyak disalahgunakan orang untuk pemanis buatan. karena manisnya lebih manis 600 kali gula biasa, sehingga bisa lebih hemat dan untung besar (haram). sakarin bisa menyebabkan kanker kandung kemih.


5. Siklamat 
zat ini hampir sama dengan sakarin, namun tingkatannya hanya kurang lebih 30 kali dari gula biasa. di Indonesia sendiri, barang berbahaya ini masih dengan mudah bisa didapatkan secara ilegal. zat ini jika di konsumsi dapat mengakibatkan pecahnya sel kromosom dalam medium biakan sel leukosit.

6. Nitrosamin
Nitrosamin biasanya banyak terdapat dalam produk pengasinan ikan, atau yang biasa disebut ikan asin, meskipun ikan asin cukup nikmat oleh sebagian orang, ternyata ikan asin juga banyak mengandung nitrosamin, zat pemicu kanker. nitrosamin terjadi karena penjemuran ikan asin yang bereaksi terhadap zat nitrit dalam ikan. jika terlalu banyak mengkonsumsi ikan asin yang mengandung nitrosamin akan menimbulkan kanker tenggorokan.

7. Monosodium glutamat
Biasa banyak terdapat dalam pelezat makanan, karena zat ini memiliki efek degenerasi dan dapat menyebabkan kangker hati.

8. Bisphenol A (BPA)
Zat ini sangat berbahaya terutama bagi perempuan, biasanya zat ini banyak terdapat di kantong plastik yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. oleh karena itu disaran jangan pernah menyimpan makan dalam kantong plastik apabila keadaan makanan masih hangat atau panas. Bisphenol bagi wanita dapat menyebabkan kanker payudara.

Masih banyak lagi zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. maka dari itulah berhati-hatilah dalam memilih dan mengkonsumsi jenis makanan. dan budayakan hidup sehat, alami dan berkeseimbangan.  
(diolah dari berbagai sumber)

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon