Rabu, 27 Juni 2012

Kanker, Lebih baik dicegah

Kanker, merupakan suatu penyakit yang paling menjadi momok bagi semua orang, ya jelas aja. tuh penyakit mengerikan sekali, siapapun pasti tidak ingin di hinggapi kanker.Apalagi penyebab kanker itu sporadis alias tidak jelas apa. so, lebih baik kenali kanker agar dapat mencegahnya.
Kanker itu ternyata jenis penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan dan pembelahan sel abnormal yang terjadi terus menerus dan dapat menyebar. orang sering bilang kanker merupakan tumor ganas. bahasa awamnya sel kanker itu berasal dari sel induk yang kemudian membelah dan memperbanyak diri dan menghinggapi jaringan tubuh dan mengganggunya.

Bagaimana sel kanker itu tumbuh?
Umumnya sel kanker itu tumbuh dalam tubuh manusia ketika tubuh manusia terdapat zat-zat yang bisa merusak DNA, biasanya zat kimia yang tidak layak di konsumsi oleh tubuh manusia. sel kanker bergerak hiperaktif dan menyebar melalui sel darah. yang lebih hebatnya lagi, tuh sel kanker mampu berlindung dari proses regenerasi sel. jadi ketika ada pergantian sel lama ke sel baru, tuh sel kanker ngotot tidak mau di ganti.Kerja sel kanker jelas merusak jaringan tubuh dan menyerang proses pertahanan tubuh.

Kanker disebabkan oleh apa?
seperti dijelaskan sebelumnya, kanker umumnya terjadi secara sporadis, tak jelas apa penyebabnya. Karena kanker itu tidak disebabkan oleh satu faktor, melainkan banyak faktor. mungkin dari bawaan sel, pengaruh lingkungan, gaya hidup yang berantakan (merokok, minuman keras dll). Dan kanker yang biasa disebabkan oleh warisan orang tua adalah kanker payudara dan kanker usus besar.

Gimana cara pengobatan kanker?
Setelah melalui tahap pemeriksaan untuk penentuan jenis kanker yang diderita, dan sudah ditentukan stadiumnya, patokan untuk menentukan stadium tumor ganas dinilai dari 3 hal, yaitu tumor, lympnode, metastasis dari situ bisa diketahui besarnya tumor, jenis tumor. untuk melengkapi pemeriksaan kanker biasa dilakukan pemeriksaan penunjang lainnya seperti foto x-ray, USG, pemeriksaan tulang, CT Scan. setelah semua pemeriksaan telah dilakukan dan telah ditentukan jenis kanker dan tingkatan stadiumnya, baru bisa di tentukan jenis terapi atau pengobatan yang akan dilakukan.  jenis terapi itu biasanya meliputi pembedahan, chemoteherapy, radiotherapy (terapi penyinaran), terapi hormonal dan biotherapy. dan untuk menentukan hasil terapinya perlu waktu evaluasi setiap 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun bahkan sampai 5 tahun.

Lalu, bagaimana mencegah kanker?
The American Institute for cancer research dan The World Cancer Research fund menyatakan bahwa kematian akibat kanker dapat dicegah bila seseorang menjaga berat badan tetap ideal, pola makan sehat dan bervariasi, aktivitas fisik yang baik, dan menjauhi rokok. dan yang paling penting dan paling utama adalah menjaga pola makan sehat, gaya hidup dan olahraga secara teratur. just it.... (berbagai sumber)

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon