Rabu, 01 Agustus 2012

Pendidikan Anak Usia Dini itu Penting

Bayi Lima Tahun atau yang lebih dikenal dengan balita itu layaknya seperti sebuah gelas kosong. Apa yang diisi itulah yang akan di tuang. Begitu bayi terlahir di dunia, apa yang dilihatnya, dirasakannya dan cerna oleh pikirannya merupakan langkah awal pembentukan karakter anak sedari dini. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah khusus dan kehati-hatian dalam menciptakan pondasi karakter seorang anak. Orang tua dalam hal ini menjadi faktor dominan dalam fungsi filter bagi perkembangan karakter anak, jangan salah. walaupun usia anak masih hitungan bulan, anak tetap dapat merasakan apa yang terjadi di sekitarnya, sehingga itulah yang akan tertulis dalam "kertas kosong" tersebut. Contoh buruknya begini. Anak masih bayi, tapi orang tua setiap hari selalu memutar musik-musik rock n roll, atau DJ atau musik hura-hura lainnya. percaya atau tidak secara langsung itu akan menciptakan pola pikir anak dan pengenalan anak akan dunia gemerlap. Bisa jadi si Anak kelak besarnya hobi clubing..

Pendidikan Anak Usia Dini di nilai begitu penting, seperti penjelasan diatas, dalam 6 tahun kedepan peran orang tua dalam pembentukan karakter dasar anak sangat mendominasi. Setiap hari orang tua wajib memberikan siar-siar positif bagi anak, karena lingkungan yang paling dekat dan langsung bersentuhan dengan kejiwaan seorang anak adalah keluarga, dengan demikian Pendidikan Anak Usia Dini pun dapat dilakukan dirumah, dan pastinya kembali peran orang tua sangat di utamakan. lakukan kebiasaan-kebiasaan baik sebagai proyek percontohan bagi sang anak. jangan sepelekan walau kondisi si anak masih terbilang bayi merah. Jika kondisi anak mulai aktif, peran orang tua lebih di tingkatkan lagi. Percayalah, pada masa usia anak 0 hingga 6 tahun, daya rekam anak masih sangat tinggi. Ajarkan sedikit demi sedikit ilmu pengetahuan dasar untuk anak, terutama dalam pengenalan lingkungan, benda-benda, pengenal huruf-huruf. Ciptakan suasana Belajar sambil bermain, dengan catatan mainannya pun harus mainan yang sifatnya mendidik.

Saat ini sangat banyak sekali tumbuh pesat tempat-tempat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Playgroup di Indonesia, ini sangat memberikan dampak positif bagi pembentukan dan perkembangan anak. Hal yang dilakukan oleh lembaga pendidikan PAUD pada dasarnya sama dengan Pendidikan Anak yang dilakukan di Rumah, tergantung bagaimana peran orang tua tsb, bisa menjadi lebih baik atau lebih buruk. akan tetapi dengan adanya Pendidikan Anak Usia Dini yang diadakan oleh lembaga pendidikan atau yayasan akan lebih mengoptimalkan pembentukan karakter anak. Disana anak akan di ajari bersosialisasi, dan orang tua hanya memberikan nilai tambah untuk pendidikan anak sewaktu masih dirumah. Agar kualitas anak menjadi lebih baik. Jadi Intinya mudah saja, saat anak sudah mulai mengenal lingkungan dan aktif, masukkan anak anda ke PAUD, akan tetapi bukan berarti peran orang tua tidak dilaksanakan di rumah, karena sisi mudahnya pendekatan jiwa seorang anak lebih dekat terhadap orangtuanya dari pada gurunya di PAUD, akan tetapi scope pembelajaranya dan kurikulum pendidikan anak lebih optimal di lembaga PAUD. Sekian.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon