Senin, 27 Agustus 2012

Petunjuk kadaluarsa pada makanan

Sering kali kita di suguhi oleh banyaknya jenis produk makanan yang ada di swalayan atau supermarket-supermarket yang ada di sekitar tempat tinggal kita, mulai dari produk dalam negeri hingga produk di luar negeri. berbagai variasi produk makanan kemasan dan lain-lain hampir semuanya adalah olahan pabrik dan semuanya itu memiliki masa dan waktu yang bisa digunakan untuk mengkonsumsi atau memakai produk tersebut, nah sering kali kita jumpai berbagi jenis produk makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa, hal ini sangat penting untuk kita perhatikan bahwa makanan tersebut sudah kadaluarsa atau belum.

Umumnya untuk produk luar negeri kita sering di pusingkan dengan istilah daluarsa yang berbeda beda dan memang membuat sedikit bingung konsumennya. Misalnya sering kita jumpai istilah dibalik kemasan : Display until, User by, sell by, atau mungkin Best Before. yang jadi pertanyaan adalah sebenarnya apasih arti istilah tersebut?

Yang paling penting yang wajib anda hindari apabila membeli suatu produk khususnya produk luar negeri, ada istilah Use By :  produk dengan keterangan ini apabila sudah lewat tanggal maka sudah tidak dapat digunakan lagi. wajib diberitahukan kepada si penjual agar menarik barang tersebut dari etalase karena bisa membahayakan.

nah kalau untuk istilah Best Before : pada dasarnya apabila tanggal melewati dari tanggal best before, mungkin barang tersebut masih layak atau dapat di konsumsi atau digunakan, akan tetapi kualitas dan kesegarannya sudah berkurang atau sudah tidak fresh lagi. nah akan tetapi perlu hati-hati jika membeli telur dengan kode best before, karena telur yang sudah melewati tanggal Best Before biasanya mengandung bakteri berbahaya yang bernama Kuman Salmonella

Kedua istilah diatas merupakan istilah yang paling penting yang wajib anda ingat, sedangkan untuk istilah sell buy dan Display until  biasanya digunakan oleh penjual untuk mengetahui kapan saatnya produk tersebut di jual atau di tarik dari pasaran apabila sudah tidak laku. jadi biasanya istilah ini tidak selalu ada dalam produk produk yang dijual pada umumnya. dan sebenarnya untuk produk yang melewati tanggal sell by masih dapat digunakan selagi belum melewati tanggal best before atau User by.

Untuk makanan atau produk indonesia biasanya jelas menampilkan tanggal kadaluarsanya di kemasan produk., dengan kode ED (Expired Date). jadi, berhati-hatilah dalam membeli suatu produk khususnya yang sifatnya untuk di konsumsi oleh tubuh kita. cermat dan waspada adalah kunci utamanya. jangan pernah tergiur dengan produk yang dijual murah jauh dari harga pasaran. semoga bermanfaat.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon