Rabu, 05 September 2012

Bahaya radiasi handphone pada kesehatan

Di jaman sekarang, banyak produsen alat komunikasi berlomba-lomba untuk memproduksi alat yang canggih termasuk diantaranya gadget handphone (HP). Tidak sedikit kita jumpai HP dengan fitur menarik seperti kamera beresolusi tinggi, layar sentuh, 3G, GPRS, aplikasi social networking, aplikasi musik dengan sounsystem yang tinggi, dsb. Bagi sebagian orang mungkin HP yang canggih dapat meningkatkan kepercayaan dirinya, namun secanggih apapun HP kan tetap hanya sebuah “telepon genggam” masih lebih besar dan mahal “pesawat telepon”. Lha harga pesawat kan mahal sekali !

Tiada gading yang tak retak, tiada barang yang sempurna. Secanggih-canggihnya HP, tetap saja mengandung kekurangan dalam pemakaian, salah satunya menimbulkan kantong kering karena pengisian pulsa dan radiasi HP. Keduanya sama-sama merugikan dan berbahaya, berbahaya untuk keuangan dan berbahaya untuk kesehatan.

Radiasi HP dapat menyebabkan kelelahan otot telinga (itu yang paling ringan) hingga menurunnya kualitas sel-sel saraf otak sehingga dapat menyebabkan kanker (kanker telinga, kanker otak, kanker kelenjar ludah, kanker getah bening, dsb), kepikunan, rusaknya struktur DNA hingga penurunan kualitas sperma. WOW !

Penelitian di Jerman menyatakan bahwa tingkat penyakit akibat radiasi HP ini berdasarkan SAR (Specific Absorbtion Rate) dan tingkat kebisingan suara (dihitung dengan satuan dB). SAR HP dengan nilai 0.3-1.6 watt/kg tergolong aman meskipun pada beberapa orang merasa pusing ketika terpapar dengan SAR berkisar 1.6 watt/kg. Pada SAR bernilai diatas 1.6 watt/kg dapat menimbulkan tumor telinga, kanker, dan kerusakan jaringan di sekitar kepala seperti otak, telinga, ludah, leher. Tahukah anda bahwa berbicara selama 65 menit menggunakan HP tanpa earphone dapat membuat sebutir telur ayam menjadi matang. Bagaimana dengan otak anda ya?

bahaya radiasi handphone pada kesehatanBila anda suka mendengarkan musik maka tinjau lagi berapa dB musik yang anda putar. Musik dengan nilai 100 dB sebaiknya maksimal didengarkan antara 1-2 jam sebab dapat menyebabkan kerusakan pada gendang telinga. Musik jenis ini adalah musik punk rock, suara pesawat, dan suara helikopter.

Terakhir dari saya coba anda lihat kembali tipe HP anda apakah termasuk dari 10 jenis tipe HP dengan radiasi tinggi yang berhasil dikumpulkan oleh WHO yaitu :
Nokia E71x, RIM BlackBerry Curve 8330, Pantech Matrix, Motorola Crush, LG Rumor 2, Motorola Zine ZN5, Motorola V195s, Motorola Rival, Motorola VU204, Kyocera Jax S1300.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon