Kamis, 06 September 2012

Bonggol pisang membawa berkah

Bonggol pisang - suryapost.com
Buah pisang mungkin sudah sering kita dengar dan sering kita makan, buah yang memiliki vitamin yang cukup tinggi dan kaya akan manfaat. tapi mungkin anda terkejut, atau mungkin saja anda sudah tau. kalau ternyata pohon pisang kini menjadi pohon tandingan buah kelapa. dimana dari ujung hingga akar pohon bisa bermanfaat dan berguna. seperti yang akan kita bahas dalam edisi kali ini. Yup..bonggol pisang. tau bonggol pisang kan?..ya. itu bagian bawah pohon pisang yang separuh tertanam ditanah. Sayapun baru tau kalau ternyata bonggol pisang bisa dimanfaatkan untuk dibuat keripik atau kerupuk yang kaya akan serat, vitamin dan zat gizi, yang dapat memperlancar pencernaan dan mengurangi sembelit. Kalau dulu, bonggol pisang merupakan limbah dari pohon pisang itu sendiri. berkat perkembangan teknologi saat ini, kini bonggol pisang bisa di manfaatkan sebagai makanan sehat yang dapat dikonsumsi.

Dan so pasti, bonggol pisang membawa berkah. selain menjadi tambahan konsumsi dan cemilan alternatif. juga menjadi peluang bisnis baru yang patut kita coba tentunya. menurut informasi yang saya terima, berdasarkan penelitian, keripik pisang dari bonggol pisang ini memiliki kandungan karbohidrat sebesar 10% dan kandungan seratnya mencapai 40%. wah...cemilan sehat dan murah meriah.

Lalu bagaimana cara membuat keripik atau kerupuk bonggol pisang? pasti sudah penasaran. ok, saya sudah berbicara dengan seorang warga dekat rumah saya yang itulah awal saya tau kalau ternyata bonggol pisang itu bermanfaat dan dapat dikonsumsi. nah saya coba tuliskan resep yang saya dapat untuk cara membuat keripik bonggol pisang.

Bahan : Bonggol pisang kepok atau bonggol pisang batu (disarankan), Tepung kanji, tepung beras, santan, garam, perenyah kue, minyak goreng.
Bumbu: Ketumbar, kemiri, bawang putih, kencur, kunir
tambahan : telur ayam 1 butir.

Cara membuat :
  • Bonggol pisang di iris tipis-tipis sesuai selera, jangan lupa bersihkan.
  • taburi irisan bonggol pisang tadi dengan garam biarkan sebentar supaya bonggol tidak terasa kaku.
  • cuci dengan air sampai benar benar bersih 2 hingga 3 kali ulang. lalu rendam lagi selama kurang lebih 20 menit dan dinginkan sampai kering.
  • buat adonan kulitnya : campur bumbu yang sudah dihaluskan, 3 gelas santan, seperempat kilogram tepung beras, seperempat bagian telur ayam, tapung kanji secukupnya dan perenyah kue.
  • seperti biasa. jika sudah selesai. celupkan potongan bonggol pisang tadi kedalam adonan kulitnya. lalu goreng deh tuh bonggol ampe kering. tapi supaya hasilnya maksimal disarankan menggorengnya sebanyak 2 kali. yakni setengah matang dulu, didiamkan semalaman, lalu digoreng lagi.
  • siap deh di lahap, dan disantap...cucoknya buat cemilan pas lagi nonton bola. 
sumber artikel : wawancara langsung, tambahan dari internet
sumber gambar : dialerbisnis.blogspot.com, albarik.blogspot.com

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

1 komentar yang sudah masuk...

baru tau deh kalo bonggol pisang pun bisa dimanfaatkan, kirain cuman daun, buah sama jantungnya doang.

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon