Senin, 26 November 2012

Tips Sehat untuk Pasangan Sebelum Menikah

Kesehatan memang harus dijaga oleh siapa saja, tak terkecuali mereka yang ingin melangsungkan pernikahan. Utamanya bagi kaum wanita, sangat penting menjaga kesehatan sebelum menikah. Ada banyak wanita yang sebelum menikah tampak sehat, namun setelah menikah mereka akhirnya diketahui menderita suatu penyakit tertentu yang tak jarang mengancam nyawa orang bersangkutan. Dampak buruk lainnya bagi para wanita yang memiliki penyakit tentunya akan bisa menular pada anak yang dikandungnya. Pria dan wanita memiliki kewajiban yang sama untuk menjaga kesehatan sebelum menikah, sebab ini akan menyangkut bagaimana kelak kondisi kesehatan anak-anak atau keturunan yang akan dihasilkan. Memeriksakan kesehatan diri sebelum menikah sangat penting untuk mengantisipasi berbagai masalah rumah tangga setelah terjadinya pernikahan.

Bagaimana tips hidup sehat bagi pria maupun wanita sebelum mereka menjalani kehidupan berumah tangga? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar keluarga Anda kelak tumbuh menjadi keluarga yang sehat dan mampu menghasilkan keturunan yang baik:
  1. Bagi kaum wanita, sebaiknya semasa lajang aktif melakukan olah raga. Mereka kaum wanita yang sudah menikah akan merasakan efek yang sangat kuat terhadap kebiasaan ini. Rajin berolah raga semasa lajang akan membuat kondisi tubuh wanita lebih fit setelah menikah. Tanggung jawab dan kewajiban seorang wanita setelah menikah jauh lebih besar dibanding dengan masa lajang. Aktivitas yang tinggi menuntut stamina yang prima dan selalu energik. Kebiasaan berolah raga yang baik akan menjadi sumber stamina yang baik, utamannya bagi kaum wanita setelah menikah.
  2. Baik pria maupun wanita sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum mereka menikah. Mengetahui apa saja penyakit yang mungkin diderita. Jangan menyembunyikan penyakit tertentu pada pasangan sebelum menikah, sebab efeknya akan jauh lebih besar jika ada ketidak jujuran sesama pasangan. Masing-masing harus mengetahui penyakit apa yang diderita, agar kelak ketika ada masalah kesehatan saat berumah tangga, akan mudah dicarikan solusi yang baik.
  3. Baik pria maupun wanita, sebaiknya sebelum menikah berupaya untuk menyembuhkan penyakit-penyakit utama yang diderita. Mungkin seseorang punya penyakit sembelit karena kebiasaan makan makanan yang tak sehat semasa lajang. Sedaya upaya Anda usahakan untuk mengobatinya sebelum menikah. Karena apabila penyakit inin terus ada setelah Anda menikah, efek gejalanya akan semakin parah apabila tidak segera ditangani. Penyakit wasir misalnya pada wanita yang mungkin mengalaminya sebelum menikah, kemudian tidak disembuhkan juga hingga hamil, maka pada saat melahirkan akan merasakan sakit yang parah dan bisa jadi akan menular pada janin yang dikandung.
  4. Berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga dan menyeleksi jenis makanan yang dikonsumsi. Pilihlah makanan sehat seperti sayur, buah-buahan, susu kambing, madu dan sebagainya untuk bekal kesehatan Anda sebelum menikah.
Beberapa orang kaum wanita mengaku bahwa pasca menikah kondisi kesehatan mereka akan benar-benar terlihat sebagai efek dari kebiasaan hidup di masa lajang. Apabila pada masa lajang seseorang banyak melakukan kebiasaan pola makan dan gaya hidup yang buruk, maka efek sampingnya akan sangat dirasakan setelah menikah, terlebih lagi setelah melahirkan.Oleh karena itu,  untuk pasangan yang ingin menikah, sebaiknya menjaga sebaik-baiknya kondisi kesehatan sebelum menikah. Mengobati terlebih dahulu berbagai penyakit yang mungkin diderita sebelum menikah. Orang tua yang sehat akan mampu menghasilkan keturunan yang sehat. Sebaliknya, orang tua yang penyakitan juga akan melahirkan generasi yang penyakitan pula. semoga bermanfaat.(surya/sp)

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon