Selasa, 11 Desember 2012

Anda pebisnis, ini dia tips memperluas jaringan bisnis.

tips memperluas jaringan bisnis dengan mudah
Jika anda pebisnis, jangan bilang bahwa anda tidak memiliki jaringan, karena itu berarti anda tidak sedang berbisnis.Para pebisnis umumnya mewajibkan dirinya memiliki jaringan bisnis yang kuat. Sedangkan dalam kehidupan sehari-hari kita pun dituntut untuk terus mempererat tali silahturahmi kepada saudara, tetangga, dan karib kerabat. Karena jelas kita hidup ini tidak bisa sendirian. Terutama untuk urusan bisnis, sebuah bisnis itu tidak mungkin dapat berkembang tanpa ada jaringan, dan satu lagi yang perlu diingat, jaringan bisnis yang seharusnya lebih di tingkatkan adalah jaringan bisnis offline (dunia nyata) bukan jaringan bisnis online. Karena apa? Kita bisa saja memiliki jaringan pertemenan dan jaringan bisnis yang cukup banyak di dunia online, namun tidak jarang yang hanya segelintir orang yang memiliki jaringan bisnis secara nyata. Padahal sesungguhnya kehidupan nyata kita ada didunia nyata, bukan di dunia online. 

OK, Ketika anda memutuskan untuk menjadi seorang pebisnis, itu berarti anda telah memutuskan untuk menjadi network builders yang harus anda lakukan untuk kemajuan bisnis anda. Relasi bisnis yang dimaksud tentunya membutuhkan proses dan waktu yang lama untuk dapat menciptakanya. Pebisnis biasanya membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk dapat membangun jaringan bisnisnya.  Dan berikut ini ada beberapa tips memperluas jaringan bisnis yang bisa anda lakukan:
  1. Jika anda sudah memiliki pertemanan dan jaringan di dunia online, maka itu sudah cukup membantu anda membangun sebuah jaringan bisnis di dunia offline (nyata). Komunikasikan lah dengan rekan bisnis anda di online untuk dapat silahturahmi secara langsung via offline (kopdar), dengan tujuan untuk perkenalan dan tau lebih dalam tentang relasi anda itu.
  2. Jika jaringan anda masih sedikit mulai sekarang cobalah untuk memperluas jaringan dengan membuat sebuah target-target kecil dalam sebuah buku catatan yang dapat anda tempel di meja kerja anda, atau di lemari anda. Misalkan, “saya punya target untuk dapat relasi baru minimal 10 dalam satu bulan”. Jangan terlalu banyak memberikan terget, biarpun sedikit tapi bener-bener target yang potensial, sepemikiran, dan memiliki minat yang sama. Jalin komunikasi intensif terhadap sepuluh orang tersebut. Minimal dengan sms, telpon dan ketemuan. Ini penting!. Pertama untuk melatih pengembangan diri, belajar menghadapi orang dan tentunya dapat memperluas jaringan bisnis anda, dan yang kedua untuk memperbanyak kerabat dekat anda sehingga suatu saat kita membutuhkan support dari mereka, mereka tidak akan segan untuk membantu.
  3. Ikut lah aktif dalam komunitas bisnis yang sering melakukan kopdar, terutama di sering dilakukan dikota anda, seperti komunitas tangandiatas, komunitas entreprenur, komunitasbisnis dll. Itu merupakan cara termudah untuk memperluas jaringan, dengan cara itu sekali anda bergabung di komunitas bisnis tersebut yang notabene jumlah anggotanya sudah cukup banyak maka otomatis jumlah jaringan anda akan bertambah pesat. 
  4. Yang penting adalah anda harus tetap menjaga komunikasi agar tetap aktif, baik lewat chating, sms, email, bbm, whats up dan lain-lain. Dengan menjaga komunikasi tetap aktif itu artinya anda menunjukkan itikad baik anda untuk dapat mempererat tali silahturahmi. 
Nah, perlu kita semua memang memerlukan jaringan bisnis, memerlukan sahabat untuk dapat saling berbagi ide, berbagi semangat, saling mengingatkan dan saling membantu satu sama lain. Yuk kita saling mengenal. [surya/sp]

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon