Minggu, 02 Desember 2012

Gaya hidup tak sehat yang harus dihindari

Kesehatan kerap dipengaruhi oleh gaya hidup yang tak sehat. Ada banyak kebiasaan hidup yang terkadang menjadi pemicu munculnya penyakit berbahaya bagi seseorang. Kebiasaan hidup tersebut terkadang tidak disadari, dilakukan dalam rentang waktu yang lama dan baru disadari setelah terjadi keluhan rasa sakit tertentu yang menjadi pertanda gejala penyakit tertentu. Kadang-kadang kebiasaan hidup tersebut tidak kita ketahui dampaknya. Atau bila sudah tau, kita tetap melakukannya karena alasan selera atau keasyikan yang sulit untuk ditahan. Setelah kita divonis mengalami penyakit tertentu, barulah kita biasanya menghilangkan kebiasaan tersebut. Sementara akibat dari kebiasaan yang juga disebut gaya hidup tak sehat tersebut sudah sulit untuk ditangani.

Hal yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan secara umum salah satunya adalah dengan membuang gaya hidup tak sehat yang sering dilakukan. Apa saja gaya hidup tak sehat yang sering Anda lakukan baik secara sadar maupun tak sadar? Berikut ini beberapa diantaranya:
  1. Kebiasaan makan mie instan secara sering. Mie instan sudah menjadi makanan yang umum bagi anak kost, para perantau atau mereka yang sangat menggilainya. Ada banyak alasan orang mengapa harus mengkonsumsi mie instan secara terus menerus, salah satunya adalah karena penyajian yang simpel, faktor harga yang murah sehingga sangat menguntungkan bagi mereka yang memiliki kondisi ekonomi lemah serta mereka yang memang sudah terlanjur sangat menyukai jenis makanan tak sehat tersebut.
     
  2. Kebiasaan merokok. Merokok ternyata tak hanya dilakukan oleh kaum laki-laki saja. Ada banyak kaum wanita yang mengaku kecanduan dengan kebiasaan merokok. Rokok disusun oleh komponen bahan-bahan karsinogen (penyebab kanker). Kebiasaan merokok akan dapat merusak paru-paru, menyebabkan penyakit jantung hingga terjadinya kanker di berbagai jaringan tubuh orang yang mengkonsumsinya.
     
  3. Kebiasaan meminum alkohol. Meminum alkohol juga memiliki dampak buruk bagi organ-organ dalam tubuh Anda. Alkohol yang panas bisa merusak berbagai jaringan tubuh manusia yang mengkonsumsinya. Penyakit kanker juga dapat dipicu oleh kebiasaan meminum alkohol.
     
  4. Kebiasaan banyak makan namun tak bekerja mengeluarkan keringat. Mereka yang hidup dalam kondisi ekonomi yang mapan kerap melakukan kebiasaan buruk seperti ini. Ada banyak jenis penyakit yang bisa muncul dari mereka yang terlalu banyak makan tanpa melakukan aktivitas kerja yang seimbang, diantaranya adalah penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke dan sebagainya. Kehidupan membutuhkan kebiasaan hidup yang seimbang, apabila terjadi hal yang tidak seimbang, maka akan menimbulkan masalah  terutama dalam hal kesehatan.
     
  5. Kebiasaan berinteraksi dengan peralatan teknologi yang berlebihan. Beberapa peralatan teknologi memiliki efek radiasi yang kurang baik, seperti komputer, handphone, televisi dan sebagainya. Efek radiasi akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan.
     
  6. Kebiasaan mengkonsumsi suplemen yang berlebihan. Suplemen kimia akan bekerja memutus sistem metabolisme dalam tubuh. Konsumsi yang berlebihan dan terus menerus akan mengganggu dan merusak sistem metabolisme dalam tubuh.
Ketahui berbagai kebiasaan atau gaya hidup tak sehat yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Setelah Anda mengetahuinya, maka upayakan untuk mendisiplinkan diri untuk menghindarinya. Ada banyak orang yang sudah mengetahui efek samping kebiasaan buruk yang dijalani, namun tetap melakukannya. Alasannya terkadang karena selera dan keasyikan tersendiri dalam menjalankannya. Ingat bahwa mencegah itu lebih murah dan mudah dari pada mengobati. Alasan melakukan kebiasaan hidup yang buruk karena faktor ekonomi yang lebih irit adalah anggapan yang salah. Mengobati berbagai penyakit berbahaya jauh lebih mahal dari pada mencegahnya. (surya/sp)

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon