Senin, 10 Desember 2012

Rahasia mudah mencari lowongan kerja lewat internet

cara mudah cari kerja lewat internet [suryapost.com]
Selain mencari informasi lewat internet, ternyata ada juga cara gampang cari kerja lewat internet. Internet memang merupakan media luar biasa yang dapat menghubungkan satu kesatuan dan bagian-bagian. Bayangkan saja jika ketika anda tidak lagi perlu untuk membuat surat lamaran kemudian anda berjalan dari kantor satu ke kantor yang lain, dibawah terik matahari yang sungguh merepotkan. Kini teknologi internet ternyata dapat membantu anda mempermudah mencari pekerjaan apapun yang anda inginkan. Banyak media online yang menyediakan portal untuk spesialis pencari lowongan kerja/job seekers” , prosesnya sangat mudah dan cepat. Namun demikian, tetap saja kiat tidak boleh menyepelekannya. Dibawah ini ada sharing sedikit tips mencari lowongan kerja lewat internet.
  1. Siapkan terlebih dahulu semua berkas-berkas dengan benar dan lengkap dalam bentuk file dokumen, untuk pengiriman via online, di utamakan agar dapat di scan dengan scan warna agar semua berkas aslinya dapat baca dengan jelas dan sesuai aslinya. Anda harus memikirkan apakah lamaran kerja yang akan anda masukkan akan langsung di kirim ke website perusahaan langsung atau melalui portal penyedia lowongan kerja.
  2. Isi dan lengkapi biodata pribadi anda dengan jelas, isi yang lengkap seperti latar belakang pendidikan,pengalaman kerja, lokasi tempat tinggal, kontak person yang jelas (semua harus di cantumkan dalam pembuatan kurikulum vitae/CV), nah sebagai nilai jual dan tambahan informasi yang jelas usahakan dapat melampirkan angka pendapatan yang diharapkan dan pendapatan terakhir di tempat kerja sebelumnya (jika ada). Masukkan informasinya selengkap mungkin agar menjadi referensi yang baik buat perusahaan.
  3. Tulislah surat lamaran anda dengan benar, rapi, enak dibaca, terstruktur, berurutan dan jelas. Format tulisannya juga jelas, mulai dari font, paragraf, jenis tulisan. Nah, biasanya ukuran standart untuk sebuah font lamaran kerja adalah berkisar antara 10 hingga 12pt. 
  4. Buat surat lamaran standart seperti pada saat pembuatan surat lamaran yang dikirimkan secara langsung (hard copy). Disana agar disebutkan juga posisi apa yang diinginkan dalam perusahaan tersebut, dan sekali lagi agar jangan pernah lupa untuk mencantumkan alamat telpon, atau alamat rumah agar pihak perusahaan mudah menghubungi anda.
  5. Kirim lamaran yang telah anda buat dengan hanya di posisi yang benar-benar anda inginkan, yang pasti usahakan sesuai dengan background, pengalaman, bakat dan minat anda. Kita dapat dengan mudah memilih kategori lowongan yang dapat anda sesuaikan di situs-situs terkenal penyedia informasi lowongan kerja. Biasanya di situs-situs tersebut bukan hanya memberikan informasi perihal lowongan kerja yang ada, akan tetapi juga ada tips-tips dan informasi penting lainnya dalam dunia kerja. 
  6. Setelah memasukkan surat lamaran tersebut via internet, jangan langsung dibiarkan saja tunggu panggilan, selalu awasi dan pantau perkembangannya. Apakah perusahaan itu sudah menutup posisi lamaran tersebut. Dan biasanya memang kalau memenuhi kriteria, kita akan di hubungi baik via telpon maupun via email. Jadi usahakan sering-sering buka email untuk jaga-jaga kalau kalau lamaran anda di terima. Saat ini sudah banyak handphone yang sudah mengadopsi push mail, sebagai sarana kemudahan dalam mengirim dan menerima email.
Nah sebagai tambahan informasi, berikut dibawah ini ada beberapa alamat website yang menjadi website populer tempat pencarian lowongan kerja yang patut di coba :
  • Lowongan-pekerjaan.com
  • Bursa-lowongan.com
  • Lowongankerja.com
  • Datakarir.com
  • Spotindo.com
  • Lowongan-kerja-baru.com
  • Lokerindonesia.com
  • Gudanglowongankerja.com
  • Jobspromo.com
  • Ekarir.com
  • Loker.web.id
  • Inforbursakerja.com
  • Plazalowongan.com
  • Detikjobs.com
  • Jobsdb.com
  • Jobstreet.com
  • Jobindo.com
  • Lowonganpekerjaanku.com
  • Jakjobs.com
  • Klikkarir.com
  • Karir.com
Dan masih banyak lagi portal-portal penyedia informasi lowongan pekerjaan yang dapat dengan mudah di temui di internet. Nah, satu lagi..misalkan anda ingin melamar sebuah pekerjaan di perusahaan yang sudah ada tentukan, yang sudah ada incar. Maka trik untuk bisa mengirim lamaran via online adalah mendapatkan informasi alamat email perusahaan tersebut. Kalau bisa lebih bagus mendapatkan informasi alamat email HRD/bag Recruitmennya langsung. Biasanya beberapa perusahaan bisa terdeteksi emailnya di internet. Coba saja search di google, kemudian masukkan kata kunci : “email<>nama perusahaan” bisa juga disertakan dengan kata kunci “recruitment” atau HRD, inisiatif sendiri sampai sudah ketemu alamat email tersebut. Sekian sharing dari saya. Apa sobat semua sudah pernah berhasil mengirim lamaran langsung via online di internet, dan sekarang sudah di terima/sudah bekerja? [Andrie/sp]

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon