Minggu, 11 Agustus 2013

Membeli Oleh-oleh juga Butuh Taktik



Anggap saja kegiatan mudik sama dengan kegiatan berwisata, tentunya selalu ada oleh-oleh di setiap ujung perjalanan. Rasanya tidak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh terlebih jika tempat yang dikunjungi memiliki makanan khas yang sulit ditemukan di tempat lain. Oleh-oleh memang melambangkan niat baik kita, jangan sampai itu membebani diri apalagi sampai melebihi anggaran yang dipersiapkan, sekalipun oleh-oleh tersebut ditujukan untuk sahabat dan keluarga.

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari pembengkakan biaya, misalnya saja dengan tidak menggunakan kartu kredit. Berbelanja dengan kartu kredit memang tidak terasa karena anda hanya tinggal gesek dan bisa membayar belakangan. Namun jika tidak terkontrol, belanja oleh-oleh anda bisa melebihi anggaran. Ada baiknya anda menentukan terlebih dahulu berapa biaya yang diperlukan untuk belanja oleh-oleh dan jangan lupa untuk menyiapkan uang tunai agar anda dapat melihat berapa jumlah uang yang sudah dikeluarkan dan berapa jumlah uang yang tersisa.
Selain dengan menghindari penggunaan kartu kredit, masih ada beberapa hal yang harus dihindari agar pembelian oleh-oleh bisa berjalan lebih efisien:


Tidak Membuat List

Jika anda hanya membeli oleh-oleh untuk 1- 2 orang, tidak masalah jika anda tidak membuat list apa saja yang telah anda beli. Namun yang sering terjadi, ada banyak orang yang perlu dibawakan oleh-oleh dan menitip barang tertentu untuk dibeli. Tanpa list, anda bisa mengalami kemungkinan salah beli, terbeli dobel, bahkan tidak terbeli sama sekali.Buatlah list orang-orang yang akan dibelikan oleh-oleh dan apa yang akan dibeli untuk memastikan orang-orang tersebut akan suka dengan oleh-oleh yang anda beri. Jika ingin membawakan oleh-oleh untuk rekan kantor, anda dapat membeli makanan yang dapat dinikmati bersama sehingga tidak perlu membeli oleh-oleh kepada tiap-tiap orang. Cara ini dapat meminimalkan pengeluaran anda.

Terburu-buru

Jangan membeli oleh-oleh dengan terburu-buru karena bisa saja anda akan mendapatkan barang yang tidak sesuai dengan keperluan anda, seperti lebih mahal dan kualitas barang tidak baik. Luangkan waktu khusus untuk berbelanja oleh-oleh, misalnya satu hari sebelum kembali ke tempat asal.


Terlalu Antusias Saat Membeli

Tidak jarang oleh-oleh di tempat yang berbeda bisa berbeda harga. Selain itu, oleh-oleh baik barang ataupun makanan masih bisa ditawar bila membeli dalam jumlah banyak. Namun, jika anda sangat terlihat menginginkan barang tersebut, tidak jarang para penjual memanfaatkan situasi tersebut dan tidak mau menurunkan harga. Tidak perlu terlihat antusias saat membeli oleh-oleh. Bersikaplah seolah anda tidak begitu memerlukan barang tersebut, seperti meninggalkan tempat tersebut bila penjual tidak mau menurunkan harga. Kemampuan anda dalam berbahasa setempat juga dapat mempermudah negosiasi harga.

Membeli Oleh-oleh di Bandara, Terminal, Stasiun dan Hotel

Umumnya oleh-oleh yang dijual di bandara, terminal, stasiun, ataupun hotel dibanderol jauh lebih mahal dibanding di kios-kios khusus oleh-oleh. Karena itu, sebaiknya anda mencari tahu pusat penjualan oleh-oleh yang murah dan lengkap, baik itu melalui situs internet, forum-forum liburan, ataupun bertanya kepada warga setempat.

Membeli Makanan Basah

Oleh-oleh makanan masah sangat mudah basi ataupun berjamur di perjalanan. Misalnya saja Strawberry dan Blackberry yang banyak dijual di Ciwidey, Jawa Barat. Belum sampai 2 hari buah ini telah mengeluarkan bau tidak sedap. Jika memang harus, belilah makanan basah yang masih segar sehingga kualitasnya tetap baik saat disampaikan kepada penerima. Ada baiknya jika anda membeli makanan kering yang tahan lama dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa. Simpanlah makanan dengan benar agar tidak rusak saat tiba di tempat tujuan. Jangan membeli makanan yang berbau menyengat jika anda menggunakan transportasi umum, karena dapat mengganggu kenyamanan pemudik lain.

gambar : belanjalkes.com

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon