Senin, 12 Agustus 2013

Mempersiapkan Solo Travelling



The world is like a book, so if you never travelling, you only get yourself stand on the first page. Dunia ini ibarat buku, maka jika kamu tidak pernah bepergian, kamu hanya akan mendapati dirimu berdiri di halaman pertama. Tentu anda sudah sering mendengar pernyataan ini dari orang-orang yang aktif travelling. Pengalaman travelling selalu memberi kesan tersendiri bagi tiap-tiap orang, entah itu pengalaman lucu, konyol, menakutkan, dan menyedihkan. Yang pasti, travelling membuat setiap traveller lebih mengenal dunianya karena ia selalu beranjak dari satu tempat ke tempat lainnya, dimana masing-masing tempat memberi pelajaran dan pengalaman yang berbeda-beda.
Travelling sering diidentikkan dengan rombongan, karena berwisata bersama membuat suasana lebih asyik dan menyenangkan, apalagi bila bersama orang yang disayangi. Namun bagaimana jika solo travelling? Berpetualang sendiri tanpa harus ditemani banyak orang. Tentu saja bisa. Telah banyak traveller yang dikenal sering melakukan solo travelling, seperti Marischka Prudence, Asma Nadia, Gol A Gong  dan Trinity.

Ada banyak alasan mengapa sebagian traveller memilih untuk solo travelling. Sebagian besar mengatakan ingin menjauh dari masalah, ingin menjauh dari suasana yang penat seperti kuliah dan kerja, ingin melupakan cinta lama dan menemukan cinta baru. Yang pasti solo travelling menawarkan pengalaman yang lebih berbeda dibanding travelling bersama. Bukan berarti travelling bersama itu tidak menyenangkan. Travelling bersama tetap menyenangkan, akan tetapi solo travelling akan membuat anda lebih mengenal diri anda sendiri selain mencari pengalaman baru di tempat yang baru.
Solo travelling identik dengan kebebasan. Anda bebas menentukan itinery, biaya, penginapan, transportasi dan petualangan sesuka anda tanpa harus bertengkar dengan teman yang berbeda pendapat. Namun untuk melakukannya, tentu saja anda membutuhkan persiapan. Sekalipun anda bebas menentukan perencanaan, tetaplah siapkan setiap kebutuhan anda selama perjalanan dengan sebaik mungkin.

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam mempersiapkan solo travelling :
Anda harus mencari informasi sebanyak mungkin mengenai tempat tujuan anda. Transportasi apa yang harus anda gunakan? Berapa biaya yang dibutuhkan selama perjalanan? Bagaimana medan menuju kesana? Apakah keamanan disana terjamin? Bagaimana cara untuk berkomunikasi dengan warga lokal disana? Kisaran biaya harus anda ketahui untuk menghindari penipuan kalau-kalau harga melambung karena mengetahui anda orang baru di tempat itu.
Jangan membawa pakaian terlalu banyak karena akan menyulitkan anda dalam perjalanan.
Jangan lupa membawa obat-obatan dan vitamin agar stamina anda tetap terjaga selama dalam perjalanan.

Jangan lupa membawa dokumen-dokumen penting, seperti KTP dan paspor selama dalam perjalanan, baik itu dalam bentuk hard maupun soft.

Cari teman sesama traveller sebelum bepergian, karena dapat membantu anda jika sedang kesulitan. Pengalaman-pengalaman mereka bisa anda jadikan pembelajaran untuk perjalanan yang akan anda lakukan. 

Kenakanlah kostum sebagaimana dikenakan oleh kebanyakan traveller dunia, seperti T-shirt, celana pendek, dan sepetu gunung. Jangan bersikap sombong dengan memamerkan barang-barang mewah seperti perhiasan dan gadget.

Bersikaplah sopan kepada siapapun yang anda temui.

Berjalanlah dengan percaya diri namun tetap waspada. Jangan gugup karena kegugupan anda akan membuat anda mudah dikenali sebagai orang baru yang dapat dijadikan mangsa oleh orang-orang jahat di sekitar. Buatlah diri anda seakan telah sering melewati jalan-jalan itu, sehingga kecil kemungkinan akan tertipu

Selalu waspada kepada setiap orang yang ditemui, siapa pun itu. Boleh saja berkenalan dengan orang-orang baru, baik itu warga lokal maupun sesama traveller, tapi ingatlah untuk waspada dan jangan sampai anda terkena modus penipuan.

Ingatlah untuk selalu membaca peta. Aplikasi Google Maps dapat membantu anda untuk menentukan rute.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon