Senin, 12 Agustus 2013

Mudik Bersama Bayi? Bisa Kok!



Mudik bersama keluarga memang menyenangkan, apalagi bila seluruh anggota keluarga bisa ikut serta. Namun bagaimana bila anda memiliki bayi yang masih harus terus dijaga dan dipantau perkembangannya, apakah anda dan si kecil jadi tidak ikut mudik? Tentu saja tidak. Anda tetap bisa mudik bersama si kecil dan keluarga, akan tetapi ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum mudik. Misalnya terlebih dahulu memeriksakan kesehatan bayi dan mempersiapkan obat serta vitamin yang biasa dikonsumsi bayi. Selain itu, masih ada beberapa hal lain yang harus anda persiapkan, di antaranya :

Makanan Bayi

Untuk  3 jam atau 5 jam ke depan setelah berangkat, anda perlu membawa makanan segar dan selebihnya beri saja makanan instan jika tidak sempat berhenti di rumah makan terdekat. Jangan lupa untuk membawa jus-jus buah seperti jeruk, melon, dan pepaya serta cracker sebagai makanan selingannya.

Popok dan Pakaian Ganti

Agar lebih praktis anda dapat membawa popok disposable dan hanya perlu menggantinya bila bayi buang air besar atau popok telah dikenakan lebih dari 5 jam. Jumlah popok dan pakain yang harus dibawa disesuaikan dengan lama anda mudik.

Lap Popok

Agar lebih praktis anda dapat membawa lap popok berupa tisu basah non alkohol dan pewangi yang dapat anda gunakan untuk membasuh tangan sebelum atau sesudah mengganti popok. Selain itu, tisu basah juga dapat anda gunakan untuk membersihkan tubuh bayi setelah ia minum susu, makan, ataupun jika bayi kebetulan muntah.

Kantung Plastik

Kantung plastik sangat perlu disiapkan untuk menyimpan beberapa perlengkapan kotor, seperti popok kotor dan baju kotor bayi.

Botol Air Mineral

Bawalah beberapa botol air bersih, sehingga bila bayi anda haus dan tidak memungkinkan bagi anda untuk menyusuinya, anda dapat memberikan air tawar dari botol kepada bayi.

Alas Pundak

Bawalah alas pundak untuk menghindari baju basah dan aroma tak sedap bila kebetulan bayi anda muntah ataupun mengeluarkan air liur.

Mainan

Bayi akan lebih tenang bila diberikan mainan tertentu, untuk itu mainan bayi tidak boleh terlupakan untuk dibawa.

Tas Perlengkapan Bayi

Bawalah tas yang dapat diubah sebagai alas untuk mengganti baju bayi dan memiliki banyak saku untuk menyimpan kunci mobil, sim, dan dompet anda.
Seluruh perlengkapan di atas harus anda simpan di dalam mobil dan bukan di bagasi. Hal ini dapat mempermudah anda untuk mengambilnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain perlengkapan di atas, anda juga harus memperhatikan jenis kendaraan yang akan digunakan. Mobil pribadi ataupun travel akan membuat bayi lebih nyaman, akan tetapi pastikan semua fasilitasnya berjalan dengan normal, baik AC (Air Conditioner), mesin, jendela, dan sealtbelt. Mesin yang berjalan dengan normal dapat menghindari anda dan keluarga dari mogok, sehingga perjalanan dapat lancar. AC dan jendela yang berfungsi dengan baik dapat menyamankan seluruh anggota keluarga, terutama bayi anda, mengingat umumnya bayi selalu rewel bila kepanasan. Sealtbelt yang berfungsi dengan baik juga dapat menghindari anda dan keluarga dari cedera bila mobil mengerem mendadak dan tentunya anda dapat terhindar dari razia pengendara yang tidak menggunakan sealtbelt.

Jika anda memilih kendaraan umum, ada baiknya untuk memilih kereta api karena areanya yang lebih luas bila dibanding dengan bus dan guncangannya relatif lebih sedikit. Ketika bayi mulai bosan, lelah, dan rewel, anda dapat mengajaknya berjalan-jalan di sepanjang kereta. Fasilitas toilet dan restorasi kereta api juga lebih terjamin. Toilet tersedia di seluruh ujung gerbong dan pelayan restorasi akan datang setiap saat ke tempat duduk anda untuk menawarkan makanan ataupun minuman.
Mudik bersama buah hati memang menyenangkan, akan tetapi sulit dijalankan bila tidak ada persiapan. Selamat Mudik.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon