Selasa, 13 Agustus 2013

Tips yang harus diketahui ketika pebisnis online sedang berlibur.

Liburan di kampung gak dapat sinyal data itu rasanya sesuatu banget ya. Sementara buat kita yang selalu saja mengandalkan internet untuk partner bisnis tentu saja akan sangat merasa dirugikan. Kebayang kan, gimana rasanya hidup tanpa jaringan internet. Seperti makan sayur tanpa garam...heheheh, untuk itulah terkadang kita memerlukan beberapa persiapan yang mungkin bisa membantu anda semua para pemain bisnis online. Lalu apa saja yang mesti di siapkan biar semua bisa berjalan lancar. Bisnis tetep terekendali, dan liburan pun tidak terganggu. Yah, untuk sebagian pemain bisnis yang sudah profesional dan sudah lama mengenyam asam garam bisnis tentunya masalah ini bukan menjadi masalah yang berarti. Karena sudah pastinya bisnis onljnenya sudah di otomatiskan, namun bagaimana jika model bisnisnya masih terbilang manual tapi online, contohnya bisnis jasa yang penjualan produk jasanya hanya di buka di internet dengan fasilitas website.

Nah ni mungkin ada sedikit share atau sedikit berbagi pengalaman, bagi anda para pebisnis online yang mengandalkan bisnisnya via online. Kalau misalkan anda mudik di hari lebaran ini dan pulang kampung di tempat yang jauh, yang bener benar di bilang kampung. 

1. Persiapkan semua pekerjaan yang outstanding.

Mungkin saja, masih ada beberapa pekerjaan dari bisnis anda yang mungkin belum di proses, dan semuanya masih berkaitan dengan dunia online. Atau mungkin masih ada bebrrapa orderan job yang anda terima sebelumnya namun pekerjaan itu sifatnya kontinyu atau terus menerus. Selesaikan dulu mana yang bisadi selesaikan, usakahan seminimal mungkin tidak ada job yang outstanding yang di hold gara gara mudik. Orderan sebelum lebaran harus di selesaikan dulu, jika tidak bisa semuanya, boleh di angsur beberapa yang bisa saja. Dan sisanya kalau bisa di selesaikan. Agar pelanggan kita puas dengan pelayanan jasa kita.

2. Bawa beberapa data yang sifatnya penting.

Bisnis tentu tak jauh jauh dengan yang namanya data, oleh karena itu, sebelum berangkat mudik, coba persiapkan beberapa data yang mungkin bisa berguna atau diperlukan pada saat anda sedang berada di rumah anda. Jadi ketika pelanggan anda membutuhkan informasi yang cepat dari anda, anda dapat segera memberikan informasi tersebut. Contohnya mungkin adalah data data karyawan anda, data para customer anda. Data hutang piutang, data tagihan, dan data data penunjang bisnis anda yang lainnya.

3. Bawa beberapa perlengkapan bisnis anda.

Seperti membawa laptop (jangan pc), tablet atau smartphone, kalkulator jika diperlukan sekali, token bank, media komunikasi bisnis anda seperti blackberry dll, flash disk (jika terdesak ini akan sangat di perlukan), kartu atm, kartu kredit dan semua isi dompet anda seperti biasanya jangan lupa untuk dibawa. Jika di perlukan dan sebelumnya sudah mengetahui bahwa lokasi kampung tempat anda mudik agak susah atau bahkan kesulitan dalam mendapatka  sinyal yang berkualitas, mungkin anda bisa sedikit merogoh kocek anda untuk membeli perangkat penangkap sinyal yang saat ini sudah banyak beredar di luaran sana. Lebih baik lagi jika smartphone anda bisa tathering hostpot, jadi jika di perlukan anda bisa koneksi internet dengan tathering (numpang) sinyal smartphone anda.

4. Install aplikasi aplikasi penting di smartphone atau tablet anda.

Jika anda memiliki sebuah smaertphone atau tablet, cobalah install beberapa aplikasi bisnis yang cocok untuk anda gunakan ketika anda pulkam, aplikasi tersebut banyak yang gratis bisa di download di playstore. Seperti aplikasi task manager, time spreader, aplikasi keuangan, aplikasi notepad, signal finder (aplikasi yang bisa digunakan untuk mencai lokasi penerkmaan sinyal yang baik. Signal speed bosters), aplikasi remote pc (untuk meremote pc utama anda di rumah dengan jaringan internet), dan bebrrapa aplikasi lajnnya, anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Berlibur itu memang mengasyikkan, tapi bagi anda yang masih ketergantungan bisnisnya via online dan belum di otomatiskan tentunya akan sangat merepotkan, bahkan bisa menghambat kelancaran bisnis anda. Jadi tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan segala sesuatunya,  agar bisnis kabcar, dan liburan pun menyenangkan. Sekiandulu dari saya panjang lebar, jika ada tambaha aka di update, atau jika pembayaca suryapost ada yang punya tambahan boleb di share di kllom komentarnya.  Terimakasih.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon