Sabtu, 01 Februari 2014

Dampak Positif Pemilukada Langsung

Sejak Juni 2005, bangsa Indonesia memulai babak baru dalam penyelenggaraan pemerintahan di tingkat lokal. Kepala daerah, baik bupati/wali kota hingga gubernur  dipilih secara langsung oleh rakyat melalui proses pemilihan kepala daerah langsung (pilkada langsung).UU NO. 32 Tahun 2004 merupakan dasar di selenggarakan nya Pemilukada langsung oleh rakyat-pemilih, bukan lagi oleh DPRD. Pengisian kepala daerah dilakukan melalui sistem pemilihan umum (pemilu) atau di pilih secara langsung oleh rakyat. Dalam UU tersebut dijelaskan bahwa pasangan calon kepala daerah dan wakilnya di usulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi persyaratan dan pasangan calon perseorangan, selanjutnya pasangan calon yang memenuhi persyaratan ikut kompetisi pemilu untuk di pilih secara langsung oleh rayat.

Dalam perguliran nya yang hampir 10 tahun sejak tahun 2004 hingga saat ini tentu  nya memberikan dampak sebagai berikut :

Pertama  pemilukada langsung merupakan perwujudan dari sistem demokrasi. Jika di lihat dari aspek konstitusi Negara UUD 1945, menyatakan bahwa bentuk negara yang di anut Indonesia adalah Republik. Konsekuensi nya adalah kedaulatan tertinggi adalah di tangan rakyat. Sistem pemerintahan Indonesia adalah sistem presidensial yang salah satu ciri nya adalah presiden di pilih langsung oleh rakyat melalui proses pemilu.

Kedua Pemilukada langsung prinsip nya one men one vote, prinsip ini memberikan ruang demokrasi  yang sangat besar kepada rakyat-pemilih dalam menentukan kepala daerah sesuai dengan hati nurani masing-masing. Setiap rakyat-pemilih mempunyai hak satu suara untuk memilih tanpa harus ada ikatan dan paksaan dari pihak manapun baik dari parpol pengusung maupun dari figure calon itu sendiri. Pengakuan terhadap pilihan rakyat yang dijamin dalam UU diharapkan menimbulkan semangat politik yang terimplementasi dari partisipasi politik yang semakin baik.

Ketiga  Kebebasan  berpendapat dan berkumpul, serta dinamika politik yang terjadi pada proses pemilukada memberikan warna tersendiri pada  tatanan demokrasi. “perang” strategi yang dilakukan oleh parpol pengusung atau calon independen dalam menjual visi misi dan figure kepala daerah tidak jarang menimbulkan gesekan-gesekan bahkan sebagian  berujung konflik. Logis nya dinamika yang berkembang akan menciptakan pembelajaran (pendidikan) politik dan kedewasaan berpolitik bagi para pelaku politik dan juga rakyat-pemilih.

Keempat kepala daerah terpilih melalui proses pemilukada merepresentasikan aspirasi pemilih. Rakyat-pemilih akan lebih mengenal dan mengetahui  sosok, kredibilitas, kapasitas dan karir politik kepala daerah yang akan mereka pilih. Dengan demikian kepala daerah mendapatkan legitimasi yang kuat dari rakyat di daerah. Sehingga kepala daerah bertanggung jawab kepada rakyat di daerah untuk menciptakan  platform program-program yang berbasis penguatan daerah.

Kelima  aktor utama dalam pemilukada langsung adalah rakyat sebagai voter, parpol sebagai perahu, dan tentunya calon kepala daerah itu sendiri. Parpol dan calon kepala daerah dalam upaya memperkenalkan diri kepada rakyat tentunya memerlukan media sebagai sarana kampanye. Mulai dari atribut partai hingga kartu nama calon kepala daerah, tentu nya jika di tilik dari sisi ekonomi ada dampak positif yang di timbulkan terhadap para pengusaha percetakan dan para pedagang kali lima saat perhelatan kampanye terbuka dengan menghadirkan begitu banyak orang dari masing-masing calon kepala daerah. Hanya saja dampak tersebut bersifat musiman dan  tidak secara langsung menyentuh semua aspek masyarakat daerah.

Di sisi lain pemulikada juga menimbulkan dampak negatif, besar nya biaya pemilukada yang di keluarkan oleh para calon kepala daerah menimbulkan potensi terjadi nya praktik korupsi dalam konteks mengembalikan modal politik oleh kepala daerah terpilih. Praktik money politik (politik uang) ternyata belum serta merta bisa hilang dari proses penyelenggaraan pemilukada. Namun hal ini tentu nya mejadi pekerjaan rumah kepada semua pihak termasuk rakyat-pemilih untuk bersama-sama mengawal proses demokrasi di republik ini menjadi lebih bersih dan berkeadilan. Suuuaaaiiiii,

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon