Jumat, 28 Maret 2014

Hey Ladies, Waspada Yuk Dalam Memilih Pembalut

Pembalut merupakan sahabat para wanita di kala sedang haid atau datang bulan. Saat datang bulan, pembalut banyak dicari namun, tahukah anda bahwa ternyata terdapat beberapa bahan kimia di dalam pembalut yang sangat berbahaya bagi kesehatan? Bahan kimia apa saja itu ?

1. BPA dan BPS

Bahan kimia yang biasanya terkandung di dalam plastik ini biasanya berdampak pada rusaknya organ intim, terganggunya perkembangan embrio, serta meningkatnya pertumbuhan bakteri pada miss V.

2. Furan

Bahan kimia yang  masih berkerabat dekat dengan dioxin ini biasanya berfungsi sebagai pemutih. Hasil penelitian yang dilakukan di Korea, nyaris seluruh pembalut mengandung zat ini. Jenis dari produk dioxin maupun furan yang dipakai memang bervariasi namun zat kimia ini sebenarnya merupakan zat beracun yang dilarang penggunannya.

3. Dioxin

Diokin biasanya digunakan sebagai pemutih dalam proses pembuatan kertas, panty liners, maupun popok. Efek penggunaan dioxin ini memang tidak langsung terlihat. Biasanya efeknya akan terlihat setelah pemakaian selama 20 tahun. Dioxin merupakan zat yang berbahaya karena menimbulkan efek tercemarnya lingkungan.

Apabila anda kurang cermat dan teliti dalam memilih pembalut maka, bukan hanya resiko kehilangan uang saat membeli pembalut saja namun, anda dapat menghadapi resiko yang lebih besar dan kemungkinan bisa mengeluarkan dana yang lebih besar untuk biaya pengobatan akibat masalah kesehatan yang ditimbulkan dari penggunaan pembalut yang salah.

Bahan kimia seperti dioxin , klorin, maupun bahan kimia lainnya tidak akan terbakar habis maupun hilang di dalam tubuh. Bahan kimia ini akan ikut dan menumpuk dalam jaringan lemak sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti penurunan sistem kekebalan tubuh, kanker ovarium, kanker payudara, gangguan hormon, hingga kanker serviks.

Menurut Andrea Donsky yang ditulis pada Huffingtonpost, disebutkan bahwa produk yang aman akan habis apabila dibakar dan tidak menimbulkan asap hitam saat dibakar. Berbeda dengan produk yang di dalamnya banyak terdapat bahan kimia akan meninggalkan asap hitam.

Untuk itu, sebagai wanita kita harus cermat dan teliti dalam memilih pembalut. Pilihlah pembalut yang tidak menggunakan zat pemutih dan pewangi agar terhindar dari resiko alergi. Pilih pembalut yang memiliki banyak kandungan gel berdaya serap tinggi. Gel ini bersifat mengikat air sehingga permukaan dapat terjaga tetap kering. Perhatikan juga bahan dari pembalut pilihan anda. Sebaiknya pilihlah pembalut berbahan kapas. Pilihlah pembalut dengan kualitas tinggi dan tidak mudah tembus. Pilih juga pembalut yang dapat menjadi antiseptic serta membasmi kuman dan bau.

Selain  memilih pembalut yang tepat sebaiknya saat menstuasi gunakan pakaian yang berbahan dapat menyerap keringat. Hindari bahan yang panas seperti nilon. Usahakan juga untuk menggunakan celana panjang agar posisi pembalut tidak mudah bergeser. Gunakan juga celana yang longgar karena celana yang ketat akan menyebabkan keringat menumpuk  sehingga menimbulkan rasa gatal.  Sesuaikan juga pembalut dengan kebutuhan anda. Jika anda sedang haid hari 1 dan ke dua gunakan pembalut tebal, setelah itu gunakan saja pembalut yang tipis atau pantyliners untuk berjaga-jaga namun, harus sering diganti juga agar bagian miss V tetap kering. Pilihlah pantyliners yang aman untuk anda.

Itulah beberapa tips kesehatn. Organ kewanitaan merupakan organ yang perlu dijaga. Jangan sampai anda salah pilih ya? Pastikan pembalut pilihan anda aman untuk digunakan.

semoga bermanfaat, selamat pagi....

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon