Rabu, 16 April 2014

5 hal yang wajib di perhatikan oleh seorang salesman

rahasia sukses salesman
Siapa bilang kalau kalau profesi salesman itu merupakan profesi yang di anggap remeh, profesi yang tidak menyenangkan, profesi yang tidak bermutu atau segudang mitos apapun yang biasa disebut bagi seorang salesman. Wah…salesman itu merupakan profesi yang wajib kita apresiasi, profesi yang tidak bisa semua orang menjalaninya. Profesi yang bermartabat, yang harus memiliki keahlian tersendiri yang tentu tidak dimiliki semua orang. Dalam hal ini, kita pasti menyadari, bahwa salesman merupakan andalan sebuah perusahaan, jika Anda membenci profesi salesman, bagaimana mungkin anda akan bisa memiliki sebuah perusahaan.

Jika Anda ingin jadi salesman handal yang sukses dunia akhirat, maka Anda harus jadi salesman yang memegang 5 kunci yang harus di perhatikan dibawah ini :

1.Selalu berkata jujur
Meski kadang menyakitkan, tetaplah untuk berkata jujur. Buat apa anda jadi orang yang hebat, berhasil melakukan penjualan bahkan dengan omset milyaran rupiah sekalipun, tapi nilai kejujurannya nol besar. Bakal dipastikan gagal dunia akhirat.  Mungkin orang akan mudah tertipu dengan omongan Anda, tapi Tuhan tidak tidur, dan sepandai apa menyembunyikan bangkai suatu saat bakal terbongkar juga. Kalau terbongkar masih bisa damai itu mendingan, tapi kalau terbongkar dan Anda terpaksa di hotel prodeo, tentu sangat menyakitkan bukan. Sekali lagi, yuk kita biasakan untuk jujur, dalam hidup dan bisnis.

2. Disiplin.
Salesman itu harus disiplin, boleh saja Anda memiliki keahlian dalam melobi, pandai bicara, dan bicaranya selalu menghasilkan closing. Tapi semua itu tidak berguna jika Anda sendiri tidak disiplin. Salesman itu wajib disiplin loh. Harus biasakan kapan memberikan laporan kerja, kapan harus mengunjungi pelanggan, kapan harus presentasi dengan pelanggan, kapan harus menyelesaikan permasalahan yang timbul, dan kapan harus memberikan waktu untuk konsentrasi pada pekerjaan.

3. Bicara yang berisi.
Salesman yang punya keahlian dalam berbicara, banyak omong bisa di katakan hebat apabila apa yang di omongkannya benar-benar berisi atau berisi “daging”semua. Bukan asal ngomong, asal bunyi, asal pelanggan melongo, asal closing, asal pelanggan bingung mau tanya apa. Pembicaran salesman itu harus jelas, arah dan tujuannya.  Oleh karena itu, sangat diperlukan pengetahuan sang salesman sendiri. Jangan hanya pintar ngomong, padahal tidak tau apa apa. Itu sama dengan tong kosong nyaring bunyinya. Kalau tidak, anda bisa dikatakan “ngawur”. Atau di katakan “Anda sebenarnya jualan apa sih?”.

4. Tepati setiap janji yang dibuat.
Jangan seperti caleg, giliran mau pileg, semua pada berjanji janji, janjinya masukin dalam amplop lima ribu. Eh giliran gak kepilih, di minta balik tuh amplop. Itu namanya sedang berusaha membeli kepercayaan kita. Kalau jadi salesman handal, tentu harus menepati setiap janji yang dibuat. Karena dengan sendirinya itu akan membangun kepercayaan pelanggan pada kita, dan akan lebih bisa menjaga hubungan bisnis dan silahturahmi.  Saya belajar satu hal dari salah satu teman saya yang jadi sales asuransi  yang terbilang sukses. Dia menyebutkan, kuncinya bukan hanya pada saat melobi di awal untuk menawarkan sebuah produk. Tapi pendekatan secara psikologis yang harus di upayakan sedemikian rupa. Dengan sendirinya, akan mudah untuk closing penjualan anda. Setelah closingpun, hubungan tetap terjaga dan kepercayaan tetap terpelihara. Sukses bro sandro….

5. Bicara yang positif.
Berbicaralah yang positif, hindari gosip menggosip apalagi membandingkan produk anda dengan produk lainnya, atau bahkan bisa berbahaya apabila membandingkan produk pelanggan anda dengan produk orang lain. Buatlah pembicaraan yang membangun dan positif. Misalkan “wah, Anda sangat hebat membangun bisnis anda, kelihatan dari tokonya yang semakin ramai saja dari hari kehari”. Atau “saya yakin deh, kalau ibu pasti akan memberikan proteksi lebih untuk pendidikan bagi buah hati ibu”.

Nah, itu saja dulu tips ringan dari saya, gak tau kenapa pengen nulis artikel tentang ini, karena saya terinspirasi oleh teman saya yang jago dalam hal salesman. Hidupnya penuh tantangan dan menyenangkan.  Banyak relasi bahkan hingga pengusaha-pengusaha kelas kakap telah akrab di temaninya.  Memang tidak semudah mario teguh berbicara, tapi paling tidak untuk menjadi salesman handal, dengan 5 kunci keberhasilan bagi seorang salesman di atas dapat tercapai. Semoga saja..amin..salam sukses buat kita semua…hujan euy..dingin….

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

2 komentar

salesmen dan marketing itu ada bedanya gak mas...? kalau mereka yang jual motor dari leasing itu sering dibilang marketing ya..?
Soalnya ada teman dan saudara sepupu yang sukses sebagai marketing sehingga dia menjadi marketing manejernya. dikasih mobil, dikasih rumah. nah bagi saya itu sudah cukup bukti akan kalimat pertama blog ini. dulu saya termasuk mereka yang mungkin menganggap remeh marketing. namun hal itu karena ketidak tahuan saya.. sekarang NO Way... hehehe

@ikhsan fajar iya bror.makanya jangan pernah menganggap remeh profesi marketing atau salesmen, karena belum tentu kita bisa melakoninya. Marketing itu pekerjaan gampang2 gampang susah. tapi kalau dah punya ilmunya dan strateginya. maka akan menjadi pekerjaan yang paling diminati orang.

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon