Senin, 07 April 2014

Perhatikan cara membersihkan telinga dengan cotton bud

Perhatikan cara membersihkan telinga dengan cotton bud
Halo Mas bro, bagaimana cara anda membersihkan telinga? Apakah menggunakan bantuan cotton bud? Cotton Bud memang banyak dijadikan pilihan untuk membersihkan telinga padahal sebenarnya membersihkan telinga menggunakan cotton bud tidaklah direkomendasikan karena cotton bud justru bisa membuat kotoran semakin masuk ke dalam telinga. Cotton bud bisa membantu kita dalam membersihkan telinga namun, sebaiknya jangan terlalu sering. Hindari penggunananya yang terlalu sering. Sebaiknya gunakan cotton bud untuk membersihkan bagian daun telinga saja.

Jka kita terlalu sering menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga maka dapat membuat gendang telinga rusak. Kerusakannya pun bervariasi mulai dari telinga berdenging hingga yang paling parah yakni menyebabkan kelumpuhan pada syaraf sekitar wajah. Apalagi bila ada kapas yang tertinggal di dalam tentunya akan mengakibatkan gangguan pada pendengaran. Gendang telinga akan tersumbat oleh kapas sehingga pendengaran menjadi kurang baik.

Cotton bud memang memiliki banyak resiko apabila digunakan untuk membersihkan telinga. Saat mencoba untuk membersihkan telinga bisa saja kotoran justru ikut terdorong masuk sehingga bukannya bersih namun kotoran malah menumpuk di dalam telinga.

Selain itu, kapas cotton bud pun juga bisa tertinggal di dalam telinga. Mungkin disebabkan karena cotton bud yang terlalu kuat atau kualitas cotton bud itu sendiri pada saat dipasang kurang rapat.
Cotton bud juga bisa membahayakan gendang telinga karena apabila kita terlalu dalam menggunakannya sehingga mendekati gendang telinga.

Selain itu, cotton bud juga bisa menimbulkan infeksi yang disebut otitis. Infeksi ini bisa menyerang seluruh saluran atau hanya bagian tertentu. Orang Jawa biasa menyebutnya dengan “kopoken”.Belakangan ini juga ada tren membersihkan telinga menggunakan lilin telinga yang kabarnya efektif untuk membersihkan telinga namun anda juga perlu berhati-hati apabila menggunakan lilin jenis ini karena telinga akan mendapat tekanan saat dibersihkan dengan lilin ini. Tekanan ini sangatlah berpengaruh untuk pendengaran.

Sebenarnya telinga kita mampu membersihkan dirinya sendiri. Kotoran di dalam telinga lambat laun akan mengeras dak dengan sendirinya akan keluar sehingga sebenarnya anda tidak perlu membersihkannya. Di dalam telinga ada cairan yang bertugas untuk menangkap kotoran lalu secara alami membersihkan dirinya. Cairan ini disebut serumen. Kotoran yang sudah ditangkap inilah yang nantinya akan menggumpal. Kotoran yang menggumpal inilah yang kita buru menggunakan cotton bud. Namun tetap saja cotton bud dapat beresiko untuk telinga anda. Jika anda masih merasa risih ada baiknya anda membersihkannya dengan cara yang aman.

Sebenarnya ada alternativ untuk membersihkan telinga. Selain ke dokter, kita dapat membersihkan telinga menggunakan baby oil, caranya teteskan baby oil sebanyak 3-4 tetes ke dalam telinga kemudian tutup menggunakan kapas dan diamkan selama 10-15 menit. Buka kapas dan buanglah kapas yang sudah menangkap kotoran telinga. Setelah itu teteskan air hangat ke telinga, gunakan handuk untuk menutup lalu arahkan telinga ke bawah untuk mengeluarkan kotoran yang lengket.

Cara ini efektif untuk membersihkan telinga daripada menggunakan cotton bud. Maka dari itu anda harus lebih berhati-hati dalam membersihkan telinga, jangan sampai gendang telinga anda tertusuk oleh si cotton bud. Berhati hatilah saat menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Sebaiknya anda juga rajin mengunjuungi dokter THT anda untuk rutin melakukan pembersihan telinga atau sekedar memeriksakan telinga anda secara berkala.

Stay healthy ya ladies.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

2 komentar

saya pernah membeli cotton bud di toserba banyak tapi murah, rupanya cotton bud tersebut mudah lepas kapasnya. sering kali lepas pas di dalam telinga. alhamdulillah dapat saya keluarkan. memang sangat riskan kalau membersihkan telinga dengan cotton bud. dan harus sangat hati hati. Metode di artikel diatas sepertinya bagus diterapkan, tapi menurut saya pribadi sih.. agak ribet.. hehehe

kunjungi juga blog saya http://meitanteiamiterasu.blogspot.com

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon