Selasa, 20 Mei 2014

Untukmu yang akan menikah, Nasihat pernikahan ini bisa membuatmu siap lahir dan batin


Saya jadi ingat, beberapa waktu yang lalu, tepatnya sekitar November 2010 ketika saya memutuskan untuk mengakhiri masa lajang dan memutuskan  untuk menjalani sunah rosul dengan melakukan pernikahan suci dan membentuk mahligai rumah tangga yang memang sudah saya cita-citakan jika umur saya sudah memasuki 25 tahun. Alhamdulillah pernikahan saya berjalan mulus, tidak ada halangan suatu apapun, karena niat suci yang benar-benar sudah di tanamkan dalam hati adalah sebuah ikatan pernikahan yang didasarkan pada niat ibadah dan bersyukur kepada Allah SWT.

Keputusan untuk membina rumah tangga, adalah sebuah keputusan murni dari saya, yang memang sudah saya pertimbangkan sebelumnya. Dengan Bismillah, saya memulai lembaran baru bersama istriku tercinta, waktu itu aku berusia 25 tahun dan istriku berusia 24 tahun. Ada satu hal yang sampai sekarang saya ingat, begitu banyak orang-orang yang menyayangiku memberikan dukungan, memberikan doa restu, dan wejangan serta nasehat-nasihat yang diberikan kepadaku dan calon istriku waktu itu. Dan ada satu hal lagi, saya mendapatkan email istimewa dari salah seorang rekan kerja, sahabat atau orang yang benar-benar memahami arti sebuah pernikahan yang sesungguhnya. Beliau berbagi pengalaman dan nasihat yang indah buat mengkokohkan landasan niat suci saya untuk membina bahtera rumah tangga.

Berikut kutipan email yang saya terima dari rekan kerja saya waktu itu :

Assalamualaikum Wr Wb,

Alhamdullilah kuucapkan kepada Allah, bahwa seoramg temanku telah menemukan jodoh yang akan menemani hidupnya dalam suka dan duka, mas surya sebagai seorang teman ada sedikit nasehat untuk mas surya :

  1. Syukurilah apa yang telah diberikan oleh Yang Kuasa kepada kita.
  2. Dalam menjalani hidup ini terkadang banyak kita temui hal yang tidak kita sukai tapi tetap harus kita hadapi dengan sabar dan tetap terus berada dijalanNya.
  3. Istri adalah anugrah jangan di sakiti apalagi menghianati
  4. Ketika berdua pasti lebih mudah untuk mengatasi persoalan daripada saat masih sendiri
  5. Apapun yang terjadi diskusikan dengan istri tercinta libatkan dia dalam masalah kita sehingga istri mengetahui apa yang menjadi kesulitan kita
  6. Libatkan istri dalam mengambil keputusan sehingga istri selalu merasa dihargai
  7. Ketika ada permasalahan dikeluarga agar diselesaikan secara baik-baik dengan istri, ajaklah istri ketempat romantis saat pacaran dulu, sehingga komunikasi pasti akan baik kembali.
  8. Lakukan sholat berjamaah dengan istri dan selalu mensukuri apapun yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa
  9. Jujurlah kepada istri
  10. Jadikanlah istri menjadi teman, sahabat bahkan Ibu kita karena dialah yang akan merawat kita ketika kita sakit, menyiapkan makanan dan minum kita.  Jika kita memahami ini maka terasa nikmat hidup ini.
  11. Pada hari-hari tertentu ajaklah istri refresing untuk menikmati hidup dan manjakanlah dia, pasti dia akan melakukan hal yang sama pada kita
  12. Jika istri memberikan sesuatu yang membahagiakan kita jangan segan untuk mengucapkan "Terima Kasih" dan Pujilah dia.
  13. Panggillah dia dengan nama yang membahagiakan misalnya Cantik, Kasih dll (intinya istri merasa tersanjung)
  14. Ajaklah ngobrol / cerita sebelum tidur mengenai pekerjaan hari ini baik oleh istri maupun oleh kita, jadilah pendengar yang baik jika istri bercerita dan pujilah jika dia bisa menyelesaikan  masalahnya dengan baik.
  15. Tegurlah dengan santun jika istri melakukan kesalahan dan jangan sungkan kita minta maaf jika melakukan kesalahan.


Mas Surya jika hal diatas kita lakukan maka "Hidup Berkeluarga Terasa Nikmat Sekali" hal diatas merupakan pengalaman hidup saya bersama istri yang sangat saya cintai dan saya merasa bersyukur sekali kepada Allah walaupun kami hanya diberikan  9 tahun hidup bersama tapi maknanya sangat luar biasa bagi kehidupan saya, Mereka adalah matahariku yang memberikan kekuatan dan penerangan dalam perjalanan hidupku. Semoga Tuhan memberikan kebahagiaan kepada Istri dan Anakku (Mas Bimo) tercinta di Alam yang baru. Tuhan balaslah semua kebaikan istri dan anakku selama mereka hidup di dunia sebab mereka selalu melayani saya dan mensupport saya apalagi ketika menghadapi persoalan baik di dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari mereka selalu ada di sisiku untuk memberikan masukan maupun doa dengan tulus. Tuhan tempatkan istri dan anakku di tempat yang selayak-layaknya disisimu (Surgamu). Amin ya robbal alamin.

Mas Surya  dan Dea "Saya Doakan Semoga Berbahagia Sampai Anak Cucu". Amin

Wassalam,
Edy Joko Kusworo & Keluarga.

Begitulah kutipan nasihat pernikahan dari rekan kerja saya, yang sampai saat ini saya simpan dalam email saya, dan baru terfikir untuk mempostingnya di blog saya ini. Saya berharap bisa menjadi pelajaran dan persiapan buat sahabat-sahabat atau saudara-saudari yang hendak melakukan pernikahan yang suci. Pernikahan yang dilandaskan iman dan takwa. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah warrahmah.

“Barakallahu laka wa baraka ‘alaik, wa jama’a bainakuma fi khair”
Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan”
(HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibn Majjah)

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

1 komentar yang sudah masuk...

Luar biasa nasehatnya bro.... Poin per poin sangat penting untuk dijalankan agar terjaga dan terciptanya pernikahan yang SAMARA... nice posting bro... Sangat bermanfaat sekali dalam menjalankan bahtera rumah tangga...

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon