Rabu, 07 Mei 2014

Waspadalah, kalau tak ingin duit Anda ludes di mesin ATM

Kejahatan yang terjadi di mesin ATM sudah sangat banyak dan bervariasi, dan kebanyakan tujuannya tetap sama, Merampas apa yang ada di dalam kartu ATM si penggunanya. Ini sangat menjadi perhatian bagi kita semua. agar lebih berhati-hati saat mengambil uang di mesin ATM, alih-alih ambil duit buat belanja di swalayan, eh bisa bisa duit habis di gasak tukang tipu. Tulisan ini sengaja saya buat, ketika saya mendengar percakapan seseorang dalam sebuah transportasi umum. Seorang ibu paruh baya yang saat itu sedang menangis. Kelihatan ibu itu sangat sedih, niat awalnya ingin belanja kebutuhan bulanan, malah seluruh tabungannya habis terkuras. Setelah saya lihat kasus ini juga banyak dan sering terjadi di Indonesia. Kasihan banget ibu itu, sambil menangis dia terus menceritakan betapa kesal hatinya. Niatnya hanya mengambil uang Rp. 500.000 untuk belanja di swalayan, malah seluruh tabungannya berjumlah Rp. 34juta habis semua.

Kasus seperti ini bukan sekali ini saja terjadi, bahkan hampir bisa dibilang sering. saya sering membaca disebuah media cetak lokal tentang aksi kejahatan di mesin ATM ini. Berikut beberapa modus kejahatan di mesin ATM :

  1. Pemalsuan nomor operator bank, jika jumpa nomor operator bank yang palsu, hati-hati..jangan dulu buru buru memasukkan kartu ATM kedalam Mesin ATM.
  2. Adanya orang yang pura-pura membantu mengeluarkan ATM yang tersangkut, dengan cara ntah gimana si pelaku berusaha mengalihkan perhatian calon korbannya, agar dia berhasil memberikan ATM Palsu yang mirip dengan ATM Korban.
  3. Hipnotis
  4. Pemaksaan dengan menggunakan kekerasan dan senjata tajam
Masih banyak modus operandi baru yang banyak dilakukan para pelaku yang tidak bertanggung jawab untuk menguras seluruh isi ATM milik korbannya. Berikut contoh modus operandi pengurasan ATM korban yang baru saya baca dari sebuah media cetak lokal :


Dan ini contoh nomor operator Palsu yang di pasang di Mesin ATM :


Nah, supaya gak salah kalau mau nelpon operator bank, dibawah ini saya listkan Nomor telpon operator bank yang valid (call center bank di Indonesia).

Nama Bank Nomor Call Center Resmi
BRI 14017
BNI (021) 500046
BCA (021) 500-888
Mandiri 14000
CIMB Niaga 14041
Panin 500678
BII 69811
BJB 14049
BNI 46 500046
BRI Syariah 500789
BTN 500286
Bukopin 14005
Danamon 67777
Ekonomi 500237
Muamalat 500016
UOB 14008
Commonwealth 500030
RaboBank 500080

Masih banyak bank-bank lokal di Indonesia dan rata-rata menyediakan fasilitas call center, data call center bank diatas hanya sebagian saja.

Nah..Untuk Anda yang sering bertransaksi di mesin ATM, baik itu untuk tarik tunai di mesin ATM atau hanya sekedar untuk cek saldo, coba perhatikan hal-hal dibawah ini :
  1. Waspada, jika anda pergi ke mesin ATM yang tempatnya sepi. usahakan berdua atau bertiga. yang penting jangan sendiri apalagi wanita. 
  2. Waspada, jika tempat mesin atm di sebuah ruko kecil yang ada pintu scroll nya, karena pernah terjadi, begitu masuk korban masuk ke ruang ATM, Pintu scroll besi langsung di tutup oleh pelaku dari dalam. sehingga dengan leluasa bisa memaksa dengan kekerasan korbannya untuk menguras dan mentrasfer seluruh isi atmnya.dan orang di luar tidak tau, karena dikira ATM sudah tutup, jadi mending cari ATM di tempat yang ramai.
  3. Di tempat ramai juga mesti hati-hati, karena bisa jadi di antara keramaian tersebut ada para pelaku yang sengaja memanfaatkan hiruk pikuk keramaian untuk melakukan aksinya.
  4. Jangan terburu-buru memasukkan kartu ATM di mesin ATM, coba cek dulu hal-hal yang mencurigakan, seperti nomor operator call center bank, kamera tersembunyi, atau kondisi dimana tidak seperti biasanya, atau ada yang mencurigakan.
  5. Usahakan bagaimana pun caranya, meski sudah ada dipasang alat pelindung untuk melihat jari kita mengetikkan pin, usahakanlah untuk tetap menutup tangan pada saat mengetikkan pin ATM, contoh..jika tangan kanan memencet tombol, maka tangan kiri bertugas menutupinya. 
  6. Jika tertelan mesin ATM atau sangkut, jika masih bisa di akali untuk dicabut, cabut saja.. tapi jika terlalu jauh masuk kedalam mesin ATM coba lihat di sekitar lubang ATM nya, apakah ada benang, tali atau stiker yang dipasang, jika ada, biasanya itulah jebakan yang dipasang agar mesin ATM tidak berjalan.
  7. Intinya adalah jangan pernah memberikan informasi Nomor PIN kepada siapapun, termasuk kepada PIHAK BANK, tidak ada satupun Bank yang mensyaratkan nomor PIN kepada nasabahnya.
Nah, itu saja sharing dari saya, semoga ada manfaatnya, yang mau berbagi pengalaman soal mesin ATM silahkan koment dibawah ya...thanks ....dan ingat..waspadalah...waspadalah...waspadalah... kata bang NAPI : "Kejahatan terjadi bukan saja karena ada niat dari pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan".

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

1 komentar yang sudah masuk...

Info yang lengkap... saya pun sering mendengar bembobolan ATM dengan cara diatas. Bikin kartu tersangkut. Hubungi call center palsu, minta pin, dan di minta melapor ke bank. setelah itu dobobol deh atm kita..
Kalau sedang tidak panik mungkin kita bisa menelaah bahwa itu penipuan, kalau panik.. Akal sehat tidak jalan sehingga tertipulah kita... nice share bro...

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon