Jumat, 31 Oktober 2014

Untuk kamu yang biasa berlari pagi hari, perhatikan hal-hal penting ini

Manfaat lari pagi

Alhamdulillah ya, ternyata nikmat dan indahnya hidup itu terasa ketika sekali ketika kita bangun pagi dan menikmati udara pagi yang segar.

Saya baru seperti mengalami peristiwa langka, sebelumnya saya bekerja di salah satu perusahaan swasta yang ada di Riau, setiap pagi begitu habis subuh, saya langsung angkat kaki, naek kuda besi menuju tempat penjemputan tenaga kerja di salah satu rumah sakit di Pekanbaru. Hampir jarang sekali aku berolahraga pagi, meski hari sabtu minggu libur, kadang juga tak di sempatkan untuk berolahraga. oh,..ya saya sadar. olahraga itu penting banget kok.

Jadi, apanya yang disebut dengan peristiwa langka?

ya dong, secara saya ini jarang sekali berolahraga, berangkat kerja jam 5 pagi, pulang kerja sampai rumah jam 8 malam, selalu begitu dari senin sampai jumat. Sejak saya berhenti bekerja per tanggal 10 oktober 2014 yang lalu, saya mulai rutin berolah raga pagi. berlari di sekitar asrama arhanud di dekat tempat tinggal saya. seperti biasa, rutinitas itu saya jalani hampir setiap pagi. saya benar-benar menikmati rutinitas itu. untuk Anda yang sering olahraga pagi hari dimana yang lainnya masih terlelap tidur, pasti tau bagaimana rasanya. menghirup udara segar di pagi hari, sambil berupaya menenangkan pikiran, melepaskan semua beban pekerjaan dan urusan bisnis.Ketika saya berlari 3x putaran lapangan sepak bola. saya merasakan ada energi positif yang masuk dalam diri saya. upss..ini bukan cerita soal ilmu tenaga dalam. tapi soal olahraga pernapasan. Badan dan pikiran saya sungguh rileks sekali. nikmat tiada tara. pas kebetulan udara lagi bagus (gak banyak asap). sungguh nikmat lah pokoke...

Nah, saya baca baca neh di salah satu artikel di website tetangga, katanya ada beberapa hal yang mesti di lakukan ketika anda mulai membiasakan diri untuk berolahraga setiap pagi.


  1. Minumlah air mineral 2 sampai 3 cangkir begitu tidur, biar tubuh tidak dehidrasi.
  2. Untuk anda yang muslim, mandilah sebelum sholat subuh untuk membuka pikiran dan restart energi yang baru kembali setelah beristirahat beberapa jam. Ini tentunya sangat baik untuk kesehatan dan yang paling penting dapat menghilangkan rasa kantuk.
  3. Makan lah makanan pengganjal perut yang tidak mengenyangkan, seperti sepotong roti selai. biar nanti pas lari gak minta tolong kelaparan atau takutnya pingsan gak ada yang lihat. jika perlu minum Madu khusus penambah stamina Herbal Zain yang terbukti banyak khasiatnya.
  4. Mulai lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari, lemaskan otot-otot, strectching.
  5. Berlarilah dengan teratur, jangan seperti orang mau lomba lari, tapi larilah dengan santai sambil menikmati masuknya udara dari hidung dan keluar dari mulut (sebelumnya jangan lupa sikat gigi dulu).
  6. Biar gak booring, coba berlari sambil mendengarkan lagu lagu penyemangat, atau mendengarkan murotal alquran (bagi yang muslim), itu dapat menambah energi positif, jadi gak terasa tuh lari 3 putaran keliling lapangan bola tanpa berhenti.
  7. Jika perlu ajak, teman, tetangga, saudara, istri, anak dll, biar rame..makin rame makin seru. tapi tetep konsentrasi dan jangan sambil tertawa.
  8. lakukan hal ini rutin setiap pagi dengan durasi tidak kurang maksimal setengah jam sebelum beraktifitas, biar tubuh tidak terlalu capek nantinya.kalau saya untuk 3 putaran lapangan bola dengan kecepatan 20km/jam itu kurang lebih gak sampai 15 menit. sisanya untuk senam kecil, push up biar otot tangan makin besar, dan sit up biar perut makin sixpax..heheh
  9. dan ini yang paling penting.. biasanya kalau sudah habis olahraga pagi, perut akan terasa lapar, sarapan lah dengan sarapan yang tidak terlalu berat dan penuh dengan lemak, khususnya bagi yang ingin kecilin tuh perut. Ini sepertinya sudah jadi kebiasaan orang Indonesia, abis olahraga sarapannya lontong sayur, sate padang, mie ayam itu sama dengan olahraganya bohong. (belajar dari pengalaman).
  10. tetap semangat menjalani dan menikmati hidup dengan penuh kegiatan yang positif.

Nah, itu tadi sedikit tips dan tambahan dari saya soal persiapan sebelum lari pagi. Sedangkan manfaat yang bisa dirasakan jika kita berolahraga pagi adalah :

  1. Melatih konsistensi
  2. Proses penurunan berat badan jadi lebih gampang
  3. Menenangkan hati dan pikiran
  4. Membuat tubuh lebih bugar dan bertenaga
  5. Baik untuk metabolisme tubuh
  6. Meningkatkan ketajaman mental
  7. Anda akan merasa jauh lebih baik
  8. Membuat tidur bisa lebih nyenyak dan berkualitas
  9. Meningkatkan daya ingat
  10. Membuat kita lebih bersemangat bekerja dan berusaha
  11. System kardiovaskuler lebih sehat.
  12. Terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

dan masih banyak manfaat lainnya, coba aja sendiri kalau tidak percaya.
Cukup sekian celotehan dari saya pagi ini, semoga ada manfaatnya, salah dan kurang mohon di maafkan.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon