Selasa, 04 November 2014

Mau fitnes, tolong di perhatikan dan hindari kesalahan ini ya

ilustrasi dari google
Saat ini, tempat fitness maupun gym banyak didatangi karena banyaknya orang yang berharap mendapatkan tubuh yang indah dan berotot namun sayang, banyak masyarakat yang masih saja melakukan kesalahan saat latihan.

Menurut pakar fitness Denny Santoso, kesalahan yang sering terjadi biasanya berujung pada rasa bosan dan jenuh dalam berlatih, bahkan tak jarang menimbulkan cedera yang fatal.
Nah, mari kita mengenali kesalahan-kesalahan saat fitness agar dapat dihindari. Mungkin kesalahan yang anda lakukan anda anggap sepele tapi, sebenarnya hal tersebut merupakan hal penting, Apa saja kesalahan yang mungkin terjadi?

a.    Melupakan Pemanasan

Pemanasan sangatlah penting dilakukan sebelum memulai latihan. Pemanasan berguna untuk mengendurkan otot sebelum nantinya ia harus mengangkat beban yang berat. Tak jarang banyak yang melupakan pemanasan padahal memaksa otot yang masih kaku untuk mengangkat beban bisa mengakibatkan cedera bahkan dapat mengakibatkan robeknya otot. Luangkan waktu 5 hingga 10 menit untuk pemanasan. Pemanasan berguna untuk mempersiapkan otot agar siap  beraktivitas lebih berat.

b.    Latihan Setiap Hari


Sebaiknya jangan lakukan latihan setiap hari karena tubuh anda juga perlu beristirahat. Beristirahatlah satu sampai dua hari dalam seminggu agar otot dapat memperbaiki dirinya setelah strukturnya rusak akibat beban-beban yang anda angkat

c.    Ingin Cepat

Biasanya seseorang menargetkan waktu untuk mendapatkan tubuh idamannya. Perut six packs maupun otot besar tidak bisa didapatkan dalam waktu hanya seminggu atau beberapa hari saja. Semuanya membutuhkan proses. Janganlah terpaku pada target yang anda miliki, fokus saja pada latihan yang anda jalani. Yang penting konsistensi anda dalam latihan.

d.    Mengangkat Beban yang Terlalu Berat

Sebaiknya lakukan latihan secara bertahap dan sesuaikan dengan kemampuan anda. Jangan tergoda untuk pamer kekuatan. Mulailah dulu dengan beban kecil dan ketika tubuh anda mulai terbiasa barulah anda bisa menambah beban.

e.    Latihan Membosankan

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang berhenti latihan fitness adalah karena ia tidak menikmati latihan yang dijalaninya. Mereka dilanda rasa bosan. Oleh karena itu pastikan anda memilih latihan yang cocok dan menyenangkan.

f.    Latihan yang Monoton

Jika anda sudah menikmati latihan anda dan anda mulai santai, itu merupakan tanda bahwa tubuh anda sudah mulai beradaptasi dengan latihan anda. Jika terus saja dilanjutkan anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Ada baiknya anda tingkatkan beban latihan anda agar hasil maksimal dan anda tidak akan merasa bosan karena hanya berlatih itu-itu saja.

g.    Berlatih Saat Lapar


Kesalahan ini pun juga sering dilakukan oleh banyak orang. Sebaiknya jangan berlatih saat perut kosong atau lapar karena saat berlatihlah tubuh membutuh membutuhkan energi lebih banyak. Saat lapar tubuh tidak akan mendapat kalori cukup untuk diubah menjadi energi sehingga mereka mengambil cadangan energi dari otot sehingga pertumbuhan otot akan terhambat dan massa otot pun juga akan berkurang.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan di tempat fitnes. Ada baiknya anda mengetahui pola latihan yang benar. Dengan mengetahui pola latihan yang benar maka, target anda pun dapat tercapai dengan hasil yang memuaskan dalam waktu singkat.

Jadilah pintar dengan tidak mudah percaya pada mitos-mitos yang belum terbukti. Jangan mudah percaya dengan janji yang tidak masuk akal. Tak ada salahnya apabila anda menggunakan jasa trainer yang sudah berpengalaman untuk membantu dan mendampingi anda dalam berlatih.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon