Senin, 24 Juli 2017

Bagaimana Cara Mengoptimasi Bisnis Online yang Anda Jalankan


Saya tidak tahu bisnis Anda apa, tapi Saya meyakini bahwa jika Anda ingin mendapatkan hasil optimal dari bisnis yang Anda jalankan, kuasailah 3 pilar berikut ini:
  1. List
  2. Copy
  3. Offer

Yuk kita bisa bahas satu per satu...

Pertama, LIST.

List bicara tentang siapa audience atau target market bisnis Anda. Dimana mereka ngumpul, apa kebiasaannya, apa minatnya, berapa usianya, dst. List yang baik adalah MILIK SENDIRI, seperti List Email, Nomor Handphone, dan Pixel.  Karenanya, milikilah list tersebut. Kuasailah bagaimana cara mengumpulkannya, mengelolanya, dan memfunnelnya sampai pada produk yang Anda tawarkan. Belajarlah ilmu LIST BUILDING, entah itu di Email, WhatsApp, atau Facebook Ads. Karena di media tersebutlah Anda bisa memiliki list milik sendiri.
  • Bagaimana dengan Instagram?
  • Bagaimana dengan Facebook Personal?
  • Bagaimana dengan Channel Telegram?
Jawab:
Itu semua adalah list milik orang lain.

Artinya, Anda tidak bisa ambil data mereka. Anda cuma 'numpang' di media orang lain. Jadi kalau misal ada pemblokiran atau masalah lainnya, itu konsekwensinya. Karenanya, saran Saya, mulailah fokus membangun list milik Anda sendiri.

Kapan?
Sekarang. Dan seterusnya...

Kedua, COPY.

Copy bicara tentang bagaimana cara Anda menawarkan produk yang Anda jual pada list yang Anda miliki. Dapat berupa tulisan, image, video, layout, dll,

Copy yang bagus memiliki konversi yang tinggi, alias menghasilkan penjualan. Dan untuk membuat copy yang bagus, Anda perlu pahami karakteristik dan seluk beluk target market produk tersebut. Karena dari situlah copy dibuat.
  • Belajarlah cara membuat cerita (story telling) yang menarik..
  • Belajarlah cara membuat video marketing yang bagus..
  • Belajarlah cara membuat desain promo yang keren..
Pokoknya: pelajari semuanya. Kalau gak sanggup pelajari semuanya, rekrutlah orang yang ahli di bidangnya. Udah, gitu aja, sesimpel itu.

Ketiga, OFFER.

Offer bicara tentang apa sebenarnya produk yang Anda jual. Misalnya: barang atau jasa. Offer yang baik muncul atas dasar pemecahan masalah dan pemenuhan kebutuhan market. Karenanya, jangan asal buat buat. Sekali lagi, jangan asal buat produk. Jangan egois. Jangan ego sentris. Buatlah produk yang benar-benar market butuhkan, bukan yang 'menurut Anda' market butuhkan. Beda... Ada risetnya dulu. Ada surveinya dulu. Ada proses mikirnya dulu. Gak sembarangan...Sekarang, mari kita berandai-andai...

Pertama,
Seandainya list + copynya bagus, tapi offernya jelek, apa yang akan terjadi?

Ya, sulit banget terjadi konversi penjualan disebabkan bawaan produknya emang jelek. Wajar, wong gak layak jual. Kalaupun misakan terjadi penjualan, akan muncul kekecewaan. Gak repeat order deh... Kebayang?

Kedua,
Seandainya copy + offernya bagus, tapi listnya gak targeted, apa yang akan terjadi?

Ya, susah banget jualnya. Ya iyalah, wong mereka gak butuh kok. Salah narget...

Ibarat kata jualan produk Hijab dengan angle akhwat tapi bidiknya cowok, jomblo pula, ya gatot (gagal total). Boncoss...


Ketiga,
Seandainya list + offernya bagus, tapi copynya jelek, apa yang akan terjadi?

Ya, orang gak ada nafsu dan urgensi untuk beli, walaupun bisa jadi mereka tertarik. Terlalu biasa copynya...Pahaaaaaam....??

Oleh karenanya...

Jika Anda ingin mengoptimasi bisnis online Anda, maka perhatikan 3 pilar ini baik-baik. Optimasi ketiganya.. semuanya.

  • Listnya harus targeted...
  • Copynya harus ciamik...
  • Offernya harus bagus...

Tentunya, saat melakukan itu semua, Anda harus mengukurnya.

  • Tes.
  • Ukur.
  • Tes.
  • Ukur.
  • Tes.
  • Ukur.

Baca datanya. Perhatikan polanya. Dari situ nanti Anda bakal tahu, mana pilar-pilar yang bisa Anda optimasi.

Kebayang ya?
Alhamdulillah...Langsung praktek ya... Mainkan!

Semoga bermanfaat. 👌

Dewa Eka Prayoga

(Tulisan ini dibuat oleh Kang Dewa Eka Prayoga / Master Dewa Selling. Saya copy di blog saya sebagai bacaan pribadi biar gak lupa)

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon