Minggu, 25 Maret 2018

Zello : Radio online kekinian yang hits untuk berbagai komunitas



Pagi ini saya ingin menuliskan tentang Radio Indonesia, khususnya radio streaming online. Udah pada tau kan apa itu radio streaming online. Kalau dalam bahasa gampangnya, radio online itu adalah radio biasa dengan frekuensi yang biasa di gunakan di jaringan radio, tapi di kombinasikan dengan jaringan internet. so, selain dapat online secara lokal berdasarkan radius tertentu, Radio online juga bisa didengar diseluruh Indonesia, bahkan seluruh dunia. Jadi, siapa saja bisa mendengarkan radio kesukaannya secara online dimanapun berada selagi ada jaringan internet.

Nah langsung aja ya, gak usah pakai basa basi, ada satu aplikasi cukup menarik yang saya gunakan. Walaupun aplikasi tersebut memang bukan buatan saya, tapi ini cukup bermanfaat jika kita bisa share kan dan lebih banyak yang tau. Aplikasi ini cukup bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kegunaan. Khususnya bisa dimanfaatkan untuk kegiatan kemanusian dan sosial komunity. 

Nama aplikasinya "Zello Walkie Talkie" bisa di download secara resmi google play di Link ini. Aplikasi ini dulunya saya temukan pada saat saya sedang membutuhkan sebuah aplikasi radio streaming sejenis walkie talkie yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan saya bisa berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Karena sebelum sebelumnya, saya selalu sewa HT untuk beberapa keperluan saya. Nah setelah saya menemukan aplikasi ini, saya merasa semua kebutuhan komunikasi real time dengan banyak orang yang selama ini saya cari sudah terpenuhi. 

Picture : mertskaplan.com

Kenapa Anda harus pakai aplikasi ini?

Khusus untuk Anda yang memiliki pekerjaan atau kegiatan yang aktif dan membutuhkan komunikasi intens, aplikasi ini cukup hemat, praktis dan mudah digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak user sekaligus tanpa jarak maksimal. Contoh nya seperti saya, yang saat ini menggunakan aplikasi ini untuk komunikasi dengan team bisnis saya yang berada ditempat yang satu ke tempat yang lain diberbagai kota di Indonesia. kalau saya harus pakai telpon satu satu, maka ini kurang efektif dan tentunya juga ada biaya yang harus dikeluarkan. belum lagi nanti beda provider telpon yang menyebabkan pembengkakan biaya telpon.

Aplikasi ini memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi kesesama pengguna Zello Walkie Talkie untuk berkomunikasi secara langsung dua arah. Banyak fitur yang ditawarkan dari aplikasi yang telah didownload di playstore hampir 100 juta orang diseluruh dunia, diantaranya :
  • Aplikasi ini bisa support di Android, IOS, Windows phone dan blackberry.
  • Bisa melakukan komunikasi 2 arah secara streaming dengan kualitas suara yang bagus
  • Mampu membaca kontak dari HP kita dari daftar teman yang telah menginstall aplikasi Zello terlebih dahulu.
  • Tersedia pilihan channel, baik channel public maupun channel privat yang bisa menampung lebih dari 2500 personil dalam satu channel. kan maen...
  • Support dengan banyak hadset baik bluetooth maupun tidak untuk tombol PTT.
  • Ada history percakapan terakhir disetiap channel, sehingga jika kita baru saja menghidupkan channel tersebut, kita juga dapat mendengarkan pesan dan percakapan yang belum sempat kita dengar sebelumnya. 
  • Bisa bekerja dijaringan mana saja, baik 2G, 3G, dan 4G juga tersedia dijaringan WIFI.

Pengalaman saya pakai aplikasi ini?

Seperti yang saya tulis diatas, saya banyak menggunakan teknologi ini untuk berkomunikasi dengan tim bisnis dan rekan-rekan satu komunitas untuk berkomunikasi langsung dengan banyak orang. Asyik banget, disatu waktu yang bersamaan, kita bisa mendengarkan percakapan satu orang secara bergantian dengan seluruh teman di satu channel  yang dicreate. 

Nah, aplikasi ini juga sangat cocok digunakan untuk komunikasi dengan seluruh peserta tour. Khusus bagi Anda yang berprofesi sebagai tour leader. Sebelum berangkat menuju ketempat destinasi wisata. bagus juga kalau seluruh peserta tour disuruh menginstall aplikasi ini. sehingga nanti pada saat di tempat wisata, semua bisa saling berkomunikasi secara realtime seperti layaknya radio HT pada umumnya. memang sih, aplikasi ini mewajibkan kita berada dijaringan internet.

Khususnya juga untuk para pelaku usaha event organizer, sangat efektif menggunakan aplikasi ini, jadi bisa dengan mudah mengomandoi atau berkomunikasi dengan seluruh panitia di sebuah event terhadap suatu halnya tanpa ada hambatan jarak dan lokasi yang berjauhan. Mungkin yang satu berada diluar kota, yang satu dikantor dan yang lainnya berada di lokasi event tersebut. 

Lalu apasih bedanya dengan whatsapp, mana yang lebih bagus dan efektif?

Mengenai ini, sebenarnya masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. tapi kalau menurut saya Zello ini bisa komunikasi langsung tanpa harus klik play atau membuka aplikasi terlebih dahulu, karena aplikasi ini bisa dijalankan dibelakang layar, jadi pada saat sedang idle handphonenya pun kita masih bisa mendengarkan suara-suara percakapan di channel yang kita aktifkan. kecuali semua channel dimatikan baru kita tidak bisa mendengar apa apa. Kalau diwhatsapp bisa sih kita komunikasi langsung, tapi menggunakan voice call di whatsapp. tapi itupun tidak semua orang yang mendengar. hanya pada orang yang dituju saja. Di zello dan whatsapp juga sama sama menyimpan history percakapan terakhir. saya rasa hanya satu saja kelebihannya, ya itu tadi, bisa berkomunikasi sekaligus dengan banyak orang dengan pesan suara real time dan bisa didengar meski hp sedang idle. 

Nah, kayaknya itu aja yang bisa saya ceritakan soal aplikasi ini, karena memang jujur saya sendiri suka mencari aplikasi-aplikasi yang bisa mempermudahkan hidup saya. kalau gak suka dan gak bermanfaat, tinggal uninstall, gitu aja kok repot. 

oh ya, sekalian promosilah.. kalau mau bincang bincang dengan saya, ini akun zello saya "surya26com" (tanpa tanda petik).


Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

1 komentar yang sudah masuk...

dulu waktu koordinir instameet Pekanbaru, panitia pake zello. mantabbbb

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon