Sabtu, 28 Juli 2018

Inilah 5 Rahasia Jualan Laris Manis



Dagang atau jualan adalah salah satu usaha kita sebagai manusia untuk mencari rezeki di muka bumi yang paling di anjurkan Rosulullah  . Sebab berdagang merupakan 9 dari 10 Pintu Rezeki. Nah, melalui blog ini, dan melalui beberapa sumber dari para mastah soal ilmu jualan, saya akan coba tuangkan 5 rahasia jualan laris. Semoga bisa menjadi catatan tersendiri untuk saya dan bisa bermanfaat untuk para pembaca Blog ini 

FORMULA 1 : Perbanyak Calon Pembeli

Dari sini sudah jelas, apapun namanya jualan pasti yang diharapkan adalah banyaknya calon pembeli yang bisa menjadi langganan usaha kita. Nah, bagaimana orang akan membeli produk Kita jika mereka saja tidak tau kalau produk kita itu ada. Semakin banyak orang yang tau produk yang kita jual tentunya akan semakin besar potensi penjualan produk kita. Anda bisa melakukan beberapa cara untuk memperbanyak calon pembeli Anda.
  • Memaksimalkan acara/event Pameran
  • Brosur bukan sembarang brosur
  • Media sosial
  • Toko Online

FORMULA 2 : Yakinkan Calon Pembeli 

Bagaiaman orang akan tergerak hatinya untuk membeli produk Anda, jika mereka saja belum yakin dengan produk yang Anda jual, bisa bisa jualan Anda hanya lalu begitu saja dicuekin oleh calon pelanggan Anda. Gimana tuh rasanya, pasti nyesek kan?. 

Semakin yakin calon pembeli, semakin besar peluang terjadinya penjualan. Beberapa trik untuk bisa meyakinkan calon pembeli adalah dengan beberapa trik berikut :
  • Coba Gratis : tekenik ini bertujuan untuk mengenalkan produk Anda pada konsumen dengan mmeberikan pengalaman langsung. Mereka akan lebih yakin jika langsung merasakan kelebihan produk Anda.
  • Testimoni : Publikasikan kesan konsumen yang telah memakai produk Anda.
  • Tunjukkan Kelebihanmu : Gali kelebihan produk Anda dan publikasikan!. Contoh : Harga yang lebih murah, berikan garansi, tampilan lebih bagus dan elegan, lebih premium dll.

FORMULA 3 : Ubah Calon Pembeli jadi Pembeli

Bagaimana caranya supaya pembeli segera memutuskan untuk beli sekarang juga? Anda bisa menggunakan beberapa teknik berikut ini :
  • Diskon : Dalam menerapkan diskon, Anda perlu menghitung dengan benar margin keuntungannya, jangan sampai rencana membuat diskon untuk menggaet calon pembeli menjadi pembeli malah membuat Anda Rugi. 
  • Penawaran terbatas : Saat Anda memberikan informasi promo atau diskon, pastikan Anda telah memberikan limit waktu dan ketersediaan slot promo. sehingga hal ini menjadikan situasi memaksakan calon pembeli untuk segera mengambil keputusan sebelum masa promo atau diskonnya habis.
  • Harga 999 : Buatlah harga dengan angka 99 di akhirnya. Misalnya harga Asli produk Anda Rp.200.000,- bisa anda ganti menjadi 199.000 atau 199.999 ribu, tergantung bagaimana imajinasi Anda. Karena secara psikologis, 199.000 lebih menarik daripada 200.000 apalagi emak-emak kan tau sendiri bagaimana kalau belanja. Selisih 1000 rupiah pun mau dia pindah ketempat lain yang lebih jauh walaupun ongkos nya sudah lebih mahal. hehehe

FORMULA 4 : Dorong Pembeli Beli Lagi

Untuk bisa menerapkan formula ke 4, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, antara lain :
  • Berikan layanan terbaik : Layani pembeli Anda dengan keramahan dan respon yang cepat. Pelayanan itu PENTING. Buat bagaimana pelanggan Anda bisa sangat nyaman ketika berbelanja dengan Anda. Mungkin Anda bisa menawarkan berbagai kemudahan dalam pembayaran, atau Anda memberikan fasilitas free ongkir dan banyak cara lainnya.
  • Beli Rombongan lebih untung : Tawarkan jika membeli dalam jumlah banyak akan dapat harga lebih MURAH atau mendapatkan Free of Charge (Gratisan) dari produk tertentu. 
  • Buat Pelanggan Loyal dengan Kartu Member : Kartu member ini akan mengikat konsumen untuk tetap membeli produk di tempat Anda, tidak pada pesaing Anda. Karena mereka merasa memiliki member dan akan mendapatkan poin ataupun keistimewaan ketika bertransaksi di tempat Anda. 

FORMULA 5 : Lipat Gandakan Omset dengan Tim Penjualan

Perusahaan besar dengan omset yang miliaran itu bisa berkembang dengan pesat karena telah memiliki tim penjualan yang baik. Ini sama saja seperti permainan bola, harus bisa menciptakan strategi susunan formasi yang baik dan terstruktur dari setiap pemain agar menghasilkan kinerja yang baik pula dan tentunya menciptakan kemenangan. 

Kesimpulannya : Tim Penjualan akan meningkatkan penjualan Anda

Tapi ingat, ada proses untuk membangun tim penjualan dengan sistem dan monitoring yag baik. Tim penjualan Anda perlu juga dibekali strategi dan teknik penjualan dari formula-formula sebelumnya. dengan demikian tim penjualan Anda bisa berjualan larisss...

Faktor Kali, Faktor berlipat

Ini adalah ilustrasi jika Anda hanya berjualan sendiri . Contoh : Anda bisa menjual 1000 pcs baju dalam sebulan dengan harga Rp.75.000, maka omset Anda : Rp.75.000 x 1000 pcs = Rp.75.000.000

Bagaimana jika Anda punya tim penjualan?  Contoh : Bayangkan jika saat ini Anda memiliki 10 Reseller aktif, maka omset Anda menjadi Rp.75.000 x 1000 pcs x 10 Reseller = Rp. 750.000.000

Nah sekian sharing singkat Formula jualan laris. semoga bisa memberikan tambahan ilmu walaupun sedikit, dan yang pasti semoga saja memberikan manfaat. Terimakasih karena telah membaca sampai selesai artikel ini. Love you All.

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon