Minggu, 02 September 2018

Peluang Usaha : Jasa Pesta spesialis angkat dan cuci piring serta kebersihan


Tetiba nemuin ide usaha saat pulang dari tempat pesta. Ini gak boleh dibiarin, daripada ide itu cuma jadi bangkai. karena kata orang, ide itu cuma seperti bangkai kalau tidak di realisasikan. yah, kalau tidak mau merealisasikan mending ide itu dishare, barangkali ada sahabat dan para pembaca semua yang saat ini memang sedang membutuhkan sebuah ide peluang usaha.

OK, lanjut aja.. langsung ke pokok permasalahan.

Melihat orang pesta tadi siang itu, langsung keluar ide untuk membuat sebuah usaha yang berhubungan dengan kegiatan pesta, baik itu pernikahan, baik itu khitanan, ataupun acara lainnya yang didalamnya ada acara makan-makan.

Kalau di kota-kota besar, pada umumnya bukan menjadi suatu masalah dengan pelaksanaan pesta pernikahan, kenapa demikian, karena kebanyakan orang yang mau ngadain pesta biasanya langsung mengambil paket pesta pernikahan yang dilaksanakan di hotel atau aula atau tempat penyewaan ruangan, yang didalam paket tersebut lengkap dengan segala perlengkapannya mulai dari singgasana pengantin yang dihias sedemikian rupa, hingga catering dan urusan makanan yang sudah tertata dengan semestinya.

Si ahli bait/pemilik acara sudah terima bersih saja. hanya dengan mengeluarkan uang dan menyerahkannya kepada pihak penyelanggara pesta atau hotel dan semuanya akan terlaksana.

Nah, lantas apa ide nya?
pasti dah pada penasaran kan dengan apa ide yang saya maksud tadi?

Jadi gini loh..

Saya kok tadi pada saat mendatangi sebuah pesta di rumah kenalan, dan ini juga sebenarnya pengalaman dari undangan beberapa kali sebelumnya. Mereka mengadakan pesta dirumah sendiri, dengan system bergotong royong dengan bantuan warga sekitarnya. Acara begitu ramai, apalagi pas jamnya makan siang, banyak orang berdatangan silih berganti.

disana terlihat mereka yang sedang berbagi tugas untuk bekerja, ada yang jaga stand makanan, ada yang jaga tamu, ada yang jaga buku tamu dan pemberian souvenir pernikahan, ada yang bertugas mengangkat piring, ada yang bertugas menjadi tukang parkir, dan lain-lain

satu hal yang saya garis bawahi yaitu Jasa Pesta Spesialis angkat piring dan kebersihan. Ini benaran peluang, karena saya lihat, kalau system pesta yang hanya menggunakan tenaga warga sekitar ini tidak maksimal, khususnya untuk bagian angkat piring, karena saya lihat piring masih banyak numpuk sementara beberapa pemuda yang diperbantukan tidak semuanya aktif dan full time memantau kondisi piring para tamu yang diletakkan dibawah kursi setelah mereka makan.

belum lagi sampah makanan, atau makanan yang terjatuh sehingga membuat karpet lantai tempat pesta menjadi kotor penuh dengan sampah.

Nah, bagi kalian yang ingin buka usaha dengan modal nyari nol dan hanya butuh tenaga saja. coba deh, buka Jasa Pesta spesialis cuci piring, angkat piring, dan petugas kebersihan. Jasa itu dibuat dalam satu paket, kemudian tawarkan kepada orang yang akan mengadakan pesta pernikahan.

Lalu apa benefit dari sipemakai jasa?:

  1. Tidak perlu khawatir karena banyaknya piring yang bertumpuk dibawah kursi
  2. Tidak perlu khawatir dengan sampah yang berserakan dan tempat pesta tetap bersih dan nyaman
  3. Tidak perlu ragu untuk petugas pencuci piring yang full time dari mulai awal pesta hingga selesai.
Berapa harga jasa yang harus dijual?

Tak perlu mahal, dan yang wajar-wajar saja, mungkin bisa dijual dengan sytem paket contoh:
  • Gaji freelance 5 orang x Rp.200.000 = Rp. 1.000.000
  • Transportasi ke tempat pesta = Rp.100.000
  • Profit yang diambil = Rp.400.000
  • Total nilai jasa yang dijual = Rp.1.500.000 untuk pesta dari mulai jam 9 pagi sampai jam 6 sore.
saya rasa itu nilai yang tidak terlalu besar untuk sipemilik acara, karena akan mendapatkan manfaat dari itu. dengan begitu acara bisa lebih lancar, tertib, bersih dan nyaman untuk tamu. 

Lalu bagaimana cara memasarkan jasa tersebut?
  • Promosi di sosial media
  • Kerjasama dengan jasa penyewaan tenda dan perlengkapan Pesta
  • Kerjasama dengan penghulu untuk mendapatkan informasi jadwal yang akan menikah
  • Kerjasama dengan Jasa catering
  • Sebar brosur
Nah, itu saja mungkin ide singkat, semoga saja berguna ya...

Ingin Bisnis / Usaha / Produk Anda di Review?
Hubungi saya melalui email : surya26com@gmail.com atau kontak person yang tertera di sidebar, Saya siap memberikan review Bisnis / Usaha / Produk Anda. Semoga bisa memberikan manfaat dan sukses selalu untuk Anda.

Artikel Terkait

Blogger Pekanbaru kelahiran Medan, bukan apa-apa, cuma pengen belajar dan mengembangkan diri (bukan nggemukin)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon