Sugesti Positif Ungku Saliah



Anda yang maniak masakan padang, tentu sudah tak asing lagi dengan sosok kakek berwajah lembut, berkopiah, dan berlilit sarung di lehernya ini. Umumnya foto beliau selalu ditemukan di banyak dinding rumah makan padang. Saya mulanya menyangka foto tersebut adalah kakek yang punya lapau nasi, namun ketika di tempat-tempat lain saya temukan juga foto beliau, saya jadi ragu sendiri. Masa iya si kakek ini cucunya maha banyak? 

Adalah Syekh Kiramatulla Ungku Saliah. Orang Sungaisariak menyebutnya Ungku Saliah. Nama aslinya Dawaik, beliau dilahirkan di Pasapanjang VII Koto Sungaisariak tahun 1890. Beliau adalah ulama besar Minangkabau asal Piaman (Pariaman) yang sangat kharismatik dan dipercaya memiliki kemuliaan dan sangat dekat dengan Allah. 

Konon setiap doanya selalu dijabah Allah, sehingga banyaklah orang datang meminta didoakan. Cerita lain yang beredar adalah soal kehebatan Ungku dalam memecah raga. Ungku disebut-sebut bisa menghadiri acara beberapa tempat yang berbeda di waktu yang bersamaan. Dan cerita yang paling dikenang oleh orang-orang tua adalah beliau pernah melempar batu kerikil saat air bah datang di sebuah kampung, air bah tersebut berbelok arah dan tidak jadi mengenai kampung tersebut. 

Begitu mulianya, hingga beliau wafat tahun 1974, sosok Ungku Saliah tetap abadi di hati urang awak. Meski tak ada manuskrip sejarah yang menuliskan rekam jejak perjuangan dan dakwah beliau, bagi ‘urang Piaman’ khususnya beliau adalah pahlawan, inspirator, dan motivator tak lekang zaman. 

Hingga kini, kita bisa melihat sosok bersahaja beliau lewat potret hitam putih kakek berkopiah yang selalu ada nyaris di seluruh rumah makan padang di Indonesia. Untuk penglariskah? Adat Minangkabau tak mengenal tradisi itu. Dengan memasang foto beliau, pemilik kedai akan mendapat sugesti untuk selalu berpikiran positif, tidak cemas dagangan tidak laku. Ada perasaan tenang dan terlindungi karena sugesti dari foto Ungku Saliah itu. Selain itu, jika di tanah rantau, ini juga berfungsi sebagai pemberitahuan rumah makan itu milik orang Piaman. 

Jadi begitulah kehebatan sugesti Ungku Saliah yang barangkali tak ada pembanding lain di seantero nusantara ini.

This Is The Newest Post

1 comments

terjawab sudah rasa penasaranku akan sosok beliau ini. Banyak terpajang di rumah makan padang potonya. Saya memendam rasa penasaran hingga akirnya membaca postingan ini. Tks banget informasinya Bro
:)

Tinggalkan Komentar dan mari kita saling menjaga silahturahmi, semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita ilmu yang bermanfaat di dunia dan akhirat..aminn
EmoticonEmoticon