Tampilkan postingan dengan label Inspirasi Motivasi. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Inspirasi Motivasi. Tampilkan semua postingan

Jumat, 31 Oktober 2014

Untuk kamu yang biasa berlari pagi hari, perhatikan hal-hal penting ini

Manfaat lari pagi

Alhamdulillah ya, ternyata nikmat dan indahnya hidup itu terasa ketika sekali ketika kita bangun pagi dan menikmati udara pagi yang segar.

Saya baru seperti mengalami peristiwa langka, sebelumnya saya bekerja di salah satu perusahaan swasta yang ada di Riau, setiap pagi begitu habis subuh, saya langsung angkat kaki, naek kuda besi menuju tempat penjemputan tenaga kerja di salah satu rumah sakit di Pekanbaru. Hampir jarang sekali aku berolahraga pagi, meski hari sabtu minggu libur, kadang juga tak di sempatkan untuk berolahraga. oh,..ya saya sadar. olahraga itu penting banget kok.

Jadi, apanya yang disebut dengan peristiwa langka?

ya dong, secara saya ini jarang sekali berolahraga, berangkat kerja jam 5 pagi, pulang kerja sampai rumah jam 8 malam, selalu begitu dari senin sampai jumat. Sejak saya berhenti bekerja per tanggal 10 oktober 2014 yang lalu, saya mulai rutin berolah raga pagi. berlari di sekitar asrama arhanud di dekat tempat tinggal saya. seperti biasa, rutinitas itu saya jalani hampir setiap pagi. saya benar-benar menikmati rutinitas itu. untuk Anda yang sering olahraga pagi hari dimana yang lainnya masih terlelap tidur, pasti tau bagaimana rasanya. menghirup udara segar di pagi hari, sambil berupaya menenangkan pikiran, melepaskan semua beban pekerjaan dan urusan bisnis.Ketika saya berlari 3x putaran lapangan sepak bola. saya merasakan ada energi positif yang masuk dalam diri saya. upss..ini bukan cerita soal ilmu tenaga dalam. tapi soal olahraga pernapasan. Badan dan pikiran saya sungguh rileks sekali. nikmat tiada tara. pas kebetulan udara lagi bagus (gak banyak asap). sungguh nikmat lah pokoke...

Nah, saya baca baca neh di salah satu artikel di website tetangga, katanya ada beberapa hal yang mesti di lakukan ketika anda mulai membiasakan diri untuk berolahraga setiap pagi.


  1. Minumlah air mineral 2 sampai 3 cangkir begitu tidur, biar tubuh tidak dehidrasi.
  2. Untuk anda yang muslim, mandilah sebelum sholat subuh untuk membuka pikiran dan restart energi yang baru kembali setelah beristirahat beberapa jam. Ini tentunya sangat baik untuk kesehatan dan yang paling penting dapat menghilangkan rasa kantuk.
  3. Makan lah makanan pengganjal perut yang tidak mengenyangkan, seperti sepotong roti selai. biar nanti pas lari gak minta tolong kelaparan atau takutnya pingsan gak ada yang lihat. jika perlu minum Madu khusus penambah stamina Herbal Zain yang terbukti banyak khasiatnya.
  4. Mulai lakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum berlari, lemaskan otot-otot, strectching.
  5. Berlarilah dengan teratur, jangan seperti orang mau lomba lari, tapi larilah dengan santai sambil menikmati masuknya udara dari hidung dan keluar dari mulut (sebelumnya jangan lupa sikat gigi dulu).
  6. Biar gak booring, coba berlari sambil mendengarkan lagu lagu penyemangat, atau mendengarkan murotal alquran (bagi yang muslim), itu dapat menambah energi positif, jadi gak terasa tuh lari 3 putaran keliling lapangan bola tanpa berhenti.
  7. Jika perlu ajak, teman, tetangga, saudara, istri, anak dll, biar rame..makin rame makin seru. tapi tetep konsentrasi dan jangan sambil tertawa.
  8. lakukan hal ini rutin setiap pagi dengan durasi tidak kurang maksimal setengah jam sebelum beraktifitas, biar tubuh tidak terlalu capek nantinya.kalau saya untuk 3 putaran lapangan bola dengan kecepatan 20km/jam itu kurang lebih gak sampai 15 menit. sisanya untuk senam kecil, push up biar otot tangan makin besar, dan sit up biar perut makin sixpax..heheh
  9. dan ini yang paling penting.. biasanya kalau sudah habis olahraga pagi, perut akan terasa lapar, sarapan lah dengan sarapan yang tidak terlalu berat dan penuh dengan lemak, khususnya bagi yang ingin kecilin tuh perut. Ini sepertinya sudah jadi kebiasaan orang Indonesia, abis olahraga sarapannya lontong sayur, sate padang, mie ayam itu sama dengan olahraganya bohong. (belajar dari pengalaman).
  10. tetap semangat menjalani dan menikmati hidup dengan penuh kegiatan yang positif.

Nah, itu tadi sedikit tips dan tambahan dari saya soal persiapan sebelum lari pagi. Sedangkan manfaat yang bisa dirasakan jika kita berolahraga pagi adalah :

  1. Melatih konsistensi
  2. Proses penurunan berat badan jadi lebih gampang
  3. Menenangkan hati dan pikiran
  4. Membuat tubuh lebih bugar dan bertenaga
  5. Baik untuk metabolisme tubuh
  6. Meningkatkan ketajaman mental
  7. Anda akan merasa jauh lebih baik
  8. Membuat tidur bisa lebih nyenyak dan berkualitas
  9. Meningkatkan daya ingat
  10. Membuat kita lebih bersemangat bekerja dan berusaha
  11. System kardiovaskuler lebih sehat.
  12. Terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.

dan masih banyak manfaat lainnya, coba aja sendiri kalau tidak percaya.
Cukup sekian celotehan dari saya pagi ini, semoga ada manfaatnya, salah dan kurang mohon di maafkan.

Kamis, 30 Oktober 2014

Jangan pernah gantikan hak dasar hidupmu dengan teknologi

mendapatkan penghasilan dari android

Kalau dilihat dari perkembangan teknologi gadget saat ini sungguh luar biasa. dulu ketika blackberry mencapai masa jayanya, semua orang berlomba-lomba membeli gadget yang "awalnya" sebuah barang mewah yang "mungkin" sebagian orang menganggapnya. Ketika keluar produk gadget Blackberry yang murah, khusus segemen kebawah. wihh...riuhnya, mulai dari anak SD hingga yang sedikit sudah berumur pun, berbondong-bondong update status dan memainkan tuts bb yang bunyi notifikasinya sangat khas sekali.

Jika mengikuti teknologi, tetap kita selalu ketinggalan satu langkah. Begitu baru saja menikmati kecanggihan teknologi blackberry yang bisa menghandel semua social network dengan tanpa ribet, kini sudah ada lagi namanya Andra koit,... eh bukan, namanya android..

Sempat ada dulu yang pernah bertanya., Android itu apa mas?, gubrak....saya ilfeel nak jawab apa. soalnya kalau saya jelaskan kelihatannya orang ini gak bakal ngerti juga. Trus saya bilang aja sama orang itu, "android itu handhphone keren yang bisa selfie sendiri, trus di upload, trus jadi deh terkenal karena photonya ada dimana-mana, seluruh dunia bisa melihatnya". jawabku. "Ow.gitu ya mas" saya jadi pengen terkenal, kalau yang selfie,harganya berapa ya"..arrrrggghhh......

Coba kita lihat deh sejenak. perkembangan dunia gadget saat ini, kemana mata memandang hampir semua punya teknologi layar sentuh. Menurut saya sih, teknologi itu telah menggeser nilai-nilai sosial yang sesungguhnya, menggantikan peran-peran kesinambungan kehidupan. Terlalu banyak orang yang lebih peduli dengan gadgetnya sendiri dibandingkan dengan orang-orang di sekitarnya (tidak semua loh).

dulu, jamannya saya. segala jenis mainan dan kesenangan kami buat dengan kreatifitas sendiri. hingga bisa dibilang anak-anak kreatif yang dibesarkan dengan teknologi yang belum terbarukan. tapi, kami (termasuk saya) bangga, telah menjadi generasi terdahulu, generasi yang lebih mengutamakan peradaban sosial tanpa diracuini oleh pengaruh negatif teknologi terbaru.

ups...saya gak bilang teknologi saat ini jangan di ikuti. itu perlu, kalau kita tidak mau ketinggalan informasi dan perkembangan terbarunya. Kalau orang cerita android kita tau, kalau orang cerita COC kita tau, dan kalau orang cerita tentang twitter, path, facebook kita juga tau (kalau saya semua punya akunnya).

Tapi ingat, teknologi yang baik itu, adalah teknologi yang bisa mempermudah cara kerja, mempermudah untuk menghubungkan silahturahmi, mempermudah kita membuat hidup kita lebih berarti dan bermanfaat untuk diri kita dan orang lain. Jangan sampai teknologi menggantikan peran kita dalam membina kehidupan bermasyarakat, bertetangga, bersahabat dan lebih lagi menjadikan teknologi sebagai dunia tanpa batas dalam genggaman, jangan sampai ya...

Tapi kalau untuk menghasilkan ratusan juta dari teknologi android dengan membuat aplikasi, walau tanpa paham bahasa pemprograman, nah itu baru ide bagus. kalau tidak percaya, coba aja download ebooknya DISINI.

Ingat ya, jangan pernah gantikan hak dasar hidup kita, dengan teknologi. kita harus bisa mengendalikan teknologi, bukan teknologi yang mengendalikan kita.

sumber gambar : maxiapple.com

Selasa, 20 Mei 2014

Untukmu yang akan menikah, Nasihat pernikahan ini bisa membuatmu siap lahir dan batin


Saya jadi ingat, beberapa waktu yang lalu, tepatnya sekitar November 2010 ketika saya memutuskan untuk mengakhiri masa lajang dan memutuskan  untuk menjalani sunah rosul dengan melakukan pernikahan suci dan membentuk mahligai rumah tangga yang memang sudah saya cita-citakan jika umur saya sudah memasuki 25 tahun. Alhamdulillah pernikahan saya berjalan mulus, tidak ada halangan suatu apapun, karena niat suci yang benar-benar sudah di tanamkan dalam hati adalah sebuah ikatan pernikahan yang didasarkan pada niat ibadah dan bersyukur kepada Allah SWT.

Keputusan untuk membina rumah tangga, adalah sebuah keputusan murni dari saya, yang memang sudah saya pertimbangkan sebelumnya. Dengan Bismillah, saya memulai lembaran baru bersama istriku tercinta, waktu itu aku berusia 25 tahun dan istriku berusia 24 tahun. Ada satu hal yang sampai sekarang saya ingat, begitu banyak orang-orang yang menyayangiku memberikan dukungan, memberikan doa restu, dan wejangan serta nasehat-nasihat yang diberikan kepadaku dan calon istriku waktu itu. Dan ada satu hal lagi, saya mendapatkan email istimewa dari salah seorang rekan kerja, sahabat atau orang yang benar-benar memahami arti sebuah pernikahan yang sesungguhnya. Beliau berbagi pengalaman dan nasihat yang indah buat mengkokohkan landasan niat suci saya untuk membina bahtera rumah tangga.

Berikut kutipan email yang saya terima dari rekan kerja saya waktu itu :

Assalamualaikum Wr Wb,

Alhamdullilah kuucapkan kepada Allah, bahwa seoramg temanku telah menemukan jodoh yang akan menemani hidupnya dalam suka dan duka, mas surya sebagai seorang teman ada sedikit nasehat untuk mas surya :

  1. Syukurilah apa yang telah diberikan oleh Yang Kuasa kepada kita.
  2. Dalam menjalani hidup ini terkadang banyak kita temui hal yang tidak kita sukai tapi tetap harus kita hadapi dengan sabar dan tetap terus berada dijalanNya.
  3. Istri adalah anugrah jangan di sakiti apalagi menghianati
  4. Ketika berdua pasti lebih mudah untuk mengatasi persoalan daripada saat masih sendiri
  5. Apapun yang terjadi diskusikan dengan istri tercinta libatkan dia dalam masalah kita sehingga istri mengetahui apa yang menjadi kesulitan kita
  6. Libatkan istri dalam mengambil keputusan sehingga istri selalu merasa dihargai
  7. Ketika ada permasalahan dikeluarga agar diselesaikan secara baik-baik dengan istri, ajaklah istri ketempat romantis saat pacaran dulu, sehingga komunikasi pasti akan baik kembali.
  8. Lakukan sholat berjamaah dengan istri dan selalu mensukuri apapun yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa
  9. Jujurlah kepada istri
  10. Jadikanlah istri menjadi teman, sahabat bahkan Ibu kita karena dialah yang akan merawat kita ketika kita sakit, menyiapkan makanan dan minum kita.  Jika kita memahami ini maka terasa nikmat hidup ini.
  11. Pada hari-hari tertentu ajaklah istri refresing untuk menikmati hidup dan manjakanlah dia, pasti dia akan melakukan hal yang sama pada kita
  12. Jika istri memberikan sesuatu yang membahagiakan kita jangan segan untuk mengucapkan "Terima Kasih" dan Pujilah dia.
  13. Panggillah dia dengan nama yang membahagiakan misalnya Cantik, Kasih dll (intinya istri merasa tersanjung)
  14. Ajaklah ngobrol / cerita sebelum tidur mengenai pekerjaan hari ini baik oleh istri maupun oleh kita, jadilah pendengar yang baik jika istri bercerita dan pujilah jika dia bisa menyelesaikan  masalahnya dengan baik.
  15. Tegurlah dengan santun jika istri melakukan kesalahan dan jangan sungkan kita minta maaf jika melakukan kesalahan.


Mas Surya jika hal diatas kita lakukan maka "Hidup Berkeluarga Terasa Nikmat Sekali" hal diatas merupakan pengalaman hidup saya bersama istri yang sangat saya cintai dan saya merasa bersyukur sekali kepada Allah walaupun kami hanya diberikan  9 tahun hidup bersama tapi maknanya sangat luar biasa bagi kehidupan saya, Mereka adalah matahariku yang memberikan kekuatan dan penerangan dalam perjalanan hidupku. Semoga Tuhan memberikan kebahagiaan kepada Istri dan Anakku (Mas Bimo) tercinta di Alam yang baru. Tuhan balaslah semua kebaikan istri dan anakku selama mereka hidup di dunia sebab mereka selalu melayani saya dan mensupport saya apalagi ketika menghadapi persoalan baik di dalam pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari mereka selalu ada di sisiku untuk memberikan masukan maupun doa dengan tulus. Tuhan tempatkan istri dan anakku di tempat yang selayak-layaknya disisimu (Surgamu). Amin ya robbal alamin.

Mas Surya  dan Dea "Saya Doakan Semoga Berbahagia Sampai Anak Cucu". Amin

Wassalam,
Edy Joko Kusworo & Keluarga.

Begitulah kutipan nasihat pernikahan dari rekan kerja saya, yang sampai saat ini saya simpan dalam email saya, dan baru terfikir untuk mempostingnya di blog saya ini. Saya berharap bisa menjadi pelajaran dan persiapan buat sahabat-sahabat atau saudara-saudari yang hendak melakukan pernikahan yang suci. Pernikahan yang dilandaskan iman dan takwa. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah warrahmah.

“Barakallahu laka wa baraka ‘alaik, wa jama’a bainakuma fi khair”
Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan”
(HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibn Majjah)

Senin, 05 Mei 2014

Kenapa sampai saat ini belum juga dikasih momongan, apa yang terjadi?

Kenapa sampai saat ini belum juga dikasih momongan - suryapost.com

Kebahagiaan dalam rumah tangga akan semakin lengkap dengan kehadiran seorang buah hati. Rumah semakin lebih hidup, penuh dengan kebahagiaan.Buah hati bukan saja untuk pelengkap status ayah ibu dan anak,  tapi juga sebagai bekal untuk terus mempertahankan garis keturunan dan tumpuan harapan sebagai generasi penerus, yang bisa menjaga untuk tetap mendoakan orang tuanya dikala mereka sudah tiada.

Ada sebuah ungkapan teman saya, Dia bilang "wanita mana atau lelaki mana yang sudah menikah gak pengen punya baby", That's Right. Itu benar sekali. hampir bisa dipastikan tidak ada satu pun seorang lelaki dan wanita yang sudah menikah tapi tidak ingin memiliki keterurunan. Itu bohong besar. Walaupun pada kenyataannya, memang ada segelintir orang yang menikah tapi tidak ingin/tidak bisa mempunyai momongan, mungkin dengan alasan khusus seperti kelainan yang memang tidak bisa memiliki keturunan. Ada juga orang yang menikah hanya untuk memenuhi kebutuhan biologisnya saja,. biasanya sih, orang tersebut  sebelumnya sudah punya Anak, ntah mungkin dari istri yang sebelumnya.

Jangan pernah saling menyalahkan

Nah, bagaimana jika secara medis sepasang suami istri dinyatakan sehat, tidak ada gangguan apapun dan dokterpun menyatakan bisa untuk punya keturunan, namun kenyataannya hingga beberapa tahun belum juga dikasih momongan. Ini sangat banyak terjadi disekitar kita. dan jawabannya semua itu karena kembali ke takdir tuhan, tidak ada satupun obat, ramuan, teknologi canggih bahkan dokter terhebat di dunia sekalipun yang bisa mendahului takdir tuhan. Semua ada waktunya, semua ada kesempatannya, Jangan pernah saling menyalahkan.

Seperti yang banyak terjadi, Ada orang yang begitu menikah pengen cepat-cepat punya momongan, eh belum dikasih-kasih. Ada orang yang setelah menikah pengen berdua-dua untuk berpacaran dulu atau dengan sengaja menunda untuk memiliki momongan tapi eh baru satu bulan nikah dah positif hamil. dan gilanya lagi, ada orang yang tidak ada niat untuk punya momongan eh belum menikah malah sudah positif hamil. nauzubillah summa nauzubillah. Ini sebuah fakta, setelah orang menikah dengan jalan yang halal, justru dikasih cobaan oleh tuhan. dan ada yang tidak berniat, tapi karena perbuatannya yang sangat melanggar norma Agama, Tuhan dengan sengaja memberikan pelajaran buatnya dengan adanya kehamilan. tentunya prilaku ini sangat tidak baik, tidak boleh di contoh, dan DOSA BESAR.

Tuhan itu punya cara tersendiri buat menyayangi umatnya.

Sabar dan tawakal adalah salah satu cara yang paling harus kita utamakan, selain dari tetap berikhtiar di jalan tuhan. dan tetap berusaha memperbaiki keimanan dan keyakinan kita pada Tuhan. Belum atau tidak mempunyai momongan itu adalah cobaan yang harus kita lewati dalam hidup ini. Bagaimanapun ceritanya, kita tetap harus bersabar, berusaha dan terus berdoa. Agar Tuhan mengabulkan doa kita dan kita bisa segera dikasih momongan. Dan untuk yang punya momongan, jangan senang dan sombong dulu, karena bagaimanapun juga itu juga adalah cobaan dan amanah dari Tuhan yang harus kita jaga dan nanti akan di pertanggung jawabkan di akhirat kelak. Pertanggungjawaban kita dalam mendidik, membesarkan, dan menafkahi serta mengarahkannya menuju kehidupan yang hakiki yaitu syurga. Tidak gampang loh mendidik Anak,. harus penuh dengan kesabaran. Harus ingat, bahwa itu Amanah dari Tuhan yang harus kita jaga baik baik.

Jangan nangis, apalagi bersedih apabila belum dikasih momongan. Seperti yang sudah saya katakan, semua akan ada waktunya Tetaplah bersabar, berusaha dan terus berdoa. Ini ada suatu kondisi yang bisa membuat kebanyakan hati wanita bersedih karena berbicara soal momongan :

  1. Tekanan dari keluarga yang terus menyinggung dan menanyakan soal keturuanan.
  2. Pertanyaan yang bertubi-tubi yang datang dari teman, dan menanyakan "udah ada anaknya?" padahal dia tahu kalau kita belum punya Anak.
  3. Beban batin yang terus bertambah seiring waktu yang terus berlalu dari tahun ketahun belum juga diberi momongan.
  4. Melihat teman-temannya yang baru saja menikah dan sudah punya momongan, dan teman-teman lainnya yang sudah pada punya momongan.
  5. Mendengar tangisan bayi, atau melihat bayi imut yang nggemesin banget.
  6. Melihat Acara telivisi banyak bayi yang dibuang sia-sia, sementara orang lain ada yang mengharapkan datangnya momongan.

Hai teman, Kita punya Tuhan, dan dia tidak tidur untuk itu. jadi kenapa mesti stress, apalagi sampai menculik bayi demi memenuhi keinginannya (seperti kasus kehilangan bayi yang sering nongol di tivi).

Seorang suami mungkin punya hati yang kuat lebih kuat dari wanita, jadi mungkin suami bisa lebih sabar dalam menghadapi problema keturunan. Coba simak percakapan dibawah ini :

Istri     : Bang, ini sudah mau tahun ke 8 pernikahan kita, namun sampai saat ini masih belum juga kita dikasih momongan ya?'.

Suami     : Sabar sayang...yang penting kita terus sabar, berusaha dan terus berdoa. InsyaAllah jika kita sabar, Allah pasti dengar doa kita.

Istri     : Iya Bang, tapi sampai kapan kita terus menunggu?

Suami    : Sayang....bukan sabar namanya kalau masih ada batasnya, inget..kitakan punya Allah, rajinlah minta sama Allah...

Istri    : (sambil menitikkan air mata dan menangis).....hiks... iya bang

Suami    : Sini sayang, bersandarlah di dadaku. (sambil merangkul mesra istrinya)..

Istri     : Bang, apakah abang akan tetap mencintai dan menyayangi ku mesti sampai hari ini kita belum dikasih momongan?"Apa gak lebih bagus abang menikah lagi?

Suami    : Hah!..sayang ini bicara apa sih? jangan begitu ah..bang tidak akan pernah meninggalkan adek apapun yang terjadi."Ana uhibukki fillah", Aku mencintaimu karena Allah. jadi jangan pernah berifikir yang macam-macam, itu tidak baik.InsyaAllah jika kita memegang tali pernikahan berlandaskan Agama maka kita akan bisa meraih kebahagiaan dengan atau tanpa buah hati. Sabar sayang...sabar...InsyaAllah, semua akan indah pada waktunya.

Istri    : I Love you my husband.... :)

Hidup ini adalah hanya perjalanan waktu yang singkat, tidak ada yang perlu di risaukan dengan kehidupan yang sesat ini. Cukuplah jelas dalam Alqur'an  yang artinya :"Tidaklah aku jadikan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepadaku". (Az-Zariyat:56). Sudah sangat jelas, bahwa tujuan kita diciptakan di dunia ini, hanyalah untuk beribadah kepada Allah, dimana itu adalah kunci utama menuju kehidupan yang kekal abadi di syurga nanti. Yang lain sifatnya hanya pendukung, bonus, atau alat untuk mendukung sukesnya misi utama.

Nah, siapa diantara kalian yang sudah bertahun-tahun menikah tapi masih belum dikasih momongan? Masihkah terus berlarut dalam kesedihan yang tiada arti?. Memang sudah sifat manusia, sedih dan khawatir. Tapi ingat, jangan sampai kita meragukan apalagi menyalahkan Allah atas cobaan yang kita terima di dunia. Mari kita sama sama, saling berinstropeksi diri kepada tuhan, apa yang membuat kita menerima cobaan ini, Dan juga mari kita memahami apa sebenarnya tujuan utama perkawinan dalam islam. karena setiap cobaan yang diberikan Allah SWT. PASTI lah akan ada hikmah dibalik semua. Rencana Allah adalah rencana yang paling baik yang tidak tertandingi. sekali lagi, tetaplah Bersabar, Berdoa dan terus Berusaha (B3).

Semoga bermanfaat buat kita semua.
(gambar : www.wallpapergang.com)

Kamis, 01 Mei 2014

MayDay : Dari 20 jam kerja menjadi 8 jam kerja setelah ratusan orang di tembaki membabi buta

Hari buruh may day - suryapost.com
Selamat hari buruh sedunia, harinya para pekerja, harinya para jawara yang setiap harinya sibuk bekerja. Asyeekk...hari ini kita resmi diliburkan, kita diberi kebebasan untuk merayakan dan memperingati hari perjuangan para buruh terdahulu, yang dengan mental baja dan semangat membara memperjuangkan nasib buruh hingga menjadi lebih baik seperti yang kita rasakan sekarang ini. Taukah sampean, kenapa 1 mei itu diperingati sebagai hari buruh sedunia?, kenapa ada hari buruh?.

Perjuangan sampai Mati demi kemanusiaan.

Pernahkah kita bayangkan jika saat itu di tahun 1806 kita bekerja satu hari 19 sampai dengan 20 jam sehari, sedangkan sehari itu hanya 24 jam, maka bisa dibayangkan sisanya yang 4 jam itu untuk apa?, mau pergi jalan jalan pun tak sempat karena badan capek, apalagi untuk urusan-urusan lain. itulah yang terjadi pada nasib buruh 2 abad yang lalu. Banyak sekali hak-hak buruh tergadaikan demi sesuai nasi, ketidakmanusiaanpun terjadi dimana-mana, kesewenang-wenangan perusahaan dan kondisi ekonomi pada masa itu. Berkat perjuangan 2 orang relawan yang menggas aksi solidaritas para buruh untuk memperbaiki nasibnya. dia itu adalah Peter McGuire dan Matthew Maguire, seorang pekerja di Amerika Serikat yang sangat perduli dengan para buruh, habis-habisan memperjuangkan tanpa menyerah.

Singkatnya pada tgl 1 mei 1886 terjadilah demo besar-besaran selama 4 hari berturut-turut hanya menuntut delapan jam sehari. Peristiwa ini pun telah menelan ratusan nyawa pekerja yang ditembaki secara membabi buta oleh kepolisian Amerika Serikat, juga termasuk pemimpin para demonstran yang ditangkap dan di hukum Mati. dan saat bersamaan itu di berbagai negara juga terjadi pemogokan-pemogokan serentak, dan sempat melumpuhkan perekonomian. Mereka hanya menuntut perlakuan yang adil dari para pemilik modal.

Sejak aksi 1 Mei 1886 itu, pada bulan juli 1889 akhirnya di putuskan bahwa jam kerja buruh ditetapkan sebanyak 8 jam kerja sehari.

Peringatan Hari buruh di Indonesia.

Keputusan ini memang tidak semua berjalan mulus dibeberapa negera, bahkan banyak juga yang menentang.untuk peringatan hari buruh, di Indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak 1920, namun sejak pemerintahan orde baru, peringatan hari buruh (Mayday) di tabukan dan tidak boleh dirayakan. Alasannya karena pemerintahan orde baru menganggap hari buruh itu dikonotasikan sebagai ideologi komunis. yang juga dihubung-hubungkan dengan gerakan G30S. Ini sungguh gak nyambung. antara hari buruh dengan paham komunis.

Sejak berakhirnya order baru, barulah diperingati lagi hari buruh 1 mei sebagai hari buruh nasional. Meski memang belum dijadikan sebagai hari libur. Baru setelah tahun 2013 ini, Indonesia telah menetapkannya sebagai hari libur. Kekhawatiran akan gerakan dan peringatan hari buruh hanya akan menimbulkan kerusuhan ternyat tak pernah terbukti.

10 Tuntutan hari buruh nasional 

Berdasarkan sumber yang saya dapat dari berbagai media online, ada beberapa tuntutan yang disiapkan untuk MayDay tahun ini antara lain :
  1. Menaikkan upah minimum buruh sebanyak 30% untuk tahun 2015 yang akan datang
  2. Menolak penangguhan upah minimum 
  3. Menjalankan program jaminan pensiun bagi buruh dan perusahaan swasta di seluruh Indonesia. 
  4. Menjalankan program jaminan kesehatan bagi seluruh buruh dan anggota keluarga 
  5. Menghapuskan program outsourching BUMN
  6. Mengesahkan RUU Pekerja rumah tangga serta Melakukan revisi terhadap UU Perlindungan tenaga kerja Indonesia
  7. Mencabut UU Organisasi Masyarakat dan mengganti dengan RUU Perkumpulan.
  8. Mengangkat pegawai dan guru honorer untuk menjadi pegawai negeri Sipil dan memberikan subsidi Rp.1.000.000 per orang setiap bulannya dari APBN untuk para Honorer.
  9. Menyediakan transportasi publik dan perumahan yang murah untuk para buruh.
  10. Menjalankan wajib belajar 12 tahun dan menyediakan beasiswa untuk anak buruh hingga ke perguruan tinggi.
Wah...tuntutan di atas tentunya membuat para pengusaha dirundung galau, setiap tahun banyak dan ada saja tuntutan baru yang di sampaikan, dan yang paling gak pernah absens adalah tuntutan kenaikan upah minimum. Akankah setiap tahun tuntutan demi tuntutan akan menjadi beban tersendiri bagi para pengusaha?

Buang saja hari buruh, ganti dengan hari Entrepreneur sendunia.

Presiden datang silih berganti, Ekonomi semakin hari semakin sulit, pekerjaan semakin susah di cari, setiap tahun semakin banyak sarjana dijalanan membawa surat lamaran dan belum juga di terima.Tuntutan perusahan yang setiap tahun juga semakin tinggi hingga terus memaksa melakukan reduce di segala sisi, termasuk pengurangan karyawan besar-besaran.Penghapusan jam lembur, pengurangan hak-hak kesehatan dan kesejahteraan. Ini merupakan timbal balik dari tuntutan buruh yang terus terus di gencarkan setiap tahunnya. Sudah barang tentu, bisa dipastikan Hari buruh merupakan hari yang paling dibenci oleh para pengusaha. 

Nah, bagaimana kalau seandainya hari buruh itu di buang saja, di ganti dengan hari Entrepreneur sedunia, hari dimana tidak ada tuntutan-tuntutan yang memberatkan dan merugikan salah satu pihak, hari dimana kebanyakan buruh telah memerdekakan dirinya dengan menjadi entrepreneur, menciptakan lapangan kerja dimana-mana, Memberantas kemiskinan dan tentunya meningkatkan kesejahteran bangsa. Hal ini mungkin saja bisa terjadi seandainya :
  1. Adanya penambahan mata pelajaran entreprenur dari mulai sekolah dasar hingga Perguruan tinggi, sehingga diharapkan tidak ada lagi sarjana yang bekerja di perusahaan besar. dan kalau pun ada, tentunya dengan harga jual yang tinggi. Sarjana yang tecipta penuh dengan semangat berwirausaha, dan tidak pernah punya mainset "tamat kuliah kerja di perusahaan besar".
  2. Adanya program pemerintah untuk terus memberikan kemudahan warganya yang ingin menjadi pengusaha atau entrepreneur baik dengan memberikan fasilitas pinjaman dengan bunga yang rendah, atau dengan mengalokasikan APBN untuk bidang entrepreneur.
  3. Untuk perusahaan buat program CSR nya semacam pengembangan dan pendidikan serta pelatihan entreprenur dan kewirausahaan. Sehingga bisa menekan pertumbuhan pengangguran dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar perusahaan. 
Nah tiga itu saja saya rasa sudah cukup mewakili. Jika semua itu bisa berjalan, tentunya orang yang bekerja di perusahaan adalah orang-orang yang memiliki nilai jual tinggi. Karena tidak semua orang mau bekerja di perusahaan. dan mainsetnya berubah "lebih baik kecil diperusahaan sendiri, daripada besar diperusahaan orang".

Akankah kita terus turun kejalan menuntut sesuatu yang belum tentu bisa memperbaiki taraf hidup kita ataukah segera kita beralih kuadran baru dengan memegang prinsip sukses dunia akhirat dengan menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur, yang notabene lebih mulia di dunia dan dimata tuhan, yuk mulai sekarang kita pikirkan lagi...... Semoga buruh di dunia ini hidupnya lebih sejahtera lagi. amiiinn....

Sumber : wikipedia, hati nurani
gambar : nyobain aplikasi android Auto desk skecth pro

Kamis, 03 April 2014

3 macam loyalitas di tempat kerja yang wajib Anda tau

Masih ingat dengan dengan kisah seekor anjing yang bernama Hachiko yang loyal terhadap majikannya? Atau masih ingat pula dengan Mita Diran seorang copywriter muda, yang loyal dengan pekerjaannya? Apakah loyalitas atau kesetiaan harus ditunjukkan dengan pengorbanan nyawa? Jawabannya mungkin iya, mungkin juga tidak, bergantung pada niat atau keinginan kita sendiri untuk berkorban.

Untuk iklim kerja perkotaan yang selalu sibuk, sementara para pekerjanya dituntut untuk selalu professional dan sempurna, tahukah anda bahwa loyalitas di tempat kerja memiliki karakteristiknya masing-masing? Dan loyal di tempat kerja tidak harus mengorbankan nyawa, lho. Berikut adalah 3 macam loyalitas yang umum kita temui di tempat kerja.

1.    Loyalitas terhadap Perusahaan

Loyalitas tipe ini adalah loyalitas yang sangat dijunjung tinggi oleh perusahaan. Pekerja yang loyal terhadap perusahaan memiliki karakteristik yang utama, yaitu setia terhadap perusahaan dimana ia bekerja. Tipe karyawan teladan di dalam suatu perusahaan, dan tidak segan-segan untuk menunjukkan integritas dan profesionalismenya dalam bekerja untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan.

2.    Loyalitas terhadap Bos/Atasan

Loyalitas tipe ini adalah loyalitas yang sangat digemari oleh bos atau atasan, tapi tidak terlalu disukai oleh perusahaan. Pekerja yang loyal terhadap atasannya memiliki karakteristik yang utama, yaitu hanya setia terhadap atasannya. Tipe karyawan yang hanya patuh terhadap atasan, dan selalu mencari cara untuk menyenangkan atasannya. Ia tidak peduli pandangan orang lain. Fokusnya hanya satu, yaitu agar atasannya senang padanya.

3.    Loyalitas terhadap Pekerjaan

Loyalitas tipe ini adalah loyalitas yang sangat tidak disukai oleh perusahaan maupun atasan. Pekerja yang loyal terhadap pekerjaannya sendiri memiliki karakteristik yang eksentrik. Tipe karyawan pemberontak di mata atasan dan perusahaan. Namun, ia adalah professional di bidangnya. Biasanya karyawan dengan tipe ini memiliki pemahaman yang luas mengenai bidang yang digelutinya dan tidak memerlukan arahan dari orang lain, bagaimana untuk melakukan pekerjaannya sendiri.

Nah, Anda termasuk tipe loyalitas yang mana,ya? Apakah loyal terhadap perusahaan, loyal terhadap bos, atau loyal terhadap pekerjaan? Kiranya dengan artikel ini, Anda lebih memahami karakteristik loyalitas yang ada di tempat kerja. Selamat bekerja…

Sabtu, 12 Januari 2013

Kembalikan tanganku ayah

Kembalikan tanganku ayah - suryapost.com
Kembalikan tanganku ayah - Sepasang suami isteri – seperti pasangan lain di kota-kota besar meninggalkan anak-anak diasuh pembantu rumah sewaktu bekerja. Anak tunggal pasangan ini, perempuan cantik berusia tiga setengah tahun. Sendirian ia di rumah dan kerap kali dibiarkan pembantunya karena sibuk bekerja di dapur. Bermainlah dia bersama ayun-ayunan di atas buaian yang dibeli ayahnya, ataupun memetik bunga dan lain-lain di halaman rumahnya.

Suatu hari dia melihat sebatang paku karat. Dan ia pun mencoret lantai tempat mobil ayahnya diparkirkan mobil1. tetapi karena lantainya terbuat dari marmer maka coretan tidak kelihatan. Dicobanya lagi pada mobil baru ayahnya. Ya… karena mobil itu bewarna gelap, maka coretannya tampak jelas. Apalagi anak-anak ini pun membuat coretan sesuai dengan kreativitasnya.

Setelah sebelah kanan mobil sudah penuh coretan maka ia beralih ke sebelah kiri mobil. Dibuatnya gambar ibu dan ayahnya, gambarnya sendiri, lukisan ayam, kucing dan lain sebagainya mengikut imaginasinya. Kejadian itu berlangsung tanpa disadari oleh si pembantu rumah.

Saat pulang petang, terkejutlah pasangan suami istri itu melihat mobil yang baru setahun dibeli dengan bayaran angsuran yang masih lama lunasnya. Si bapak yang belum lagi masuk ke rumah ini pun terus menjerit, “Kerjaan siapa ini !!!” …. Pembantu rumah yang tersentak engan jeritan itu berlari keluar. Dia juga beristighfar. Mukanya merah adam ketakutan lebih-lebih melihat wajah bengis tuannya. Sekali lagi diajukan pertanyaan keras kepadanya, dia terus mengatakan ‘ Saya tidak tahu..tuan.” “Kamu dirumah sepanjang hari, apa saja yg kau lakukan?” hardik si isteri lagi.

Si anak yang mendengar suara ayahnya, tiba-tiba berlari keluar dari kamarnya. Dengan penuh manja dia berkata “Dita yg membuat gambar itu ayahhh.. cantik …kan!” katanya sambil memeluk ayahnya sambil bermanja seperti biasa.. Si ayah yang sudah hilang kesabaran mengambil sebatang ranting kecil dari pohon di depan rumahnya, terus dipukulkannya berkali-kali ke telapak tangan anaknya . Si anak yang tak mengerti apa apa menagis kesakitan, pedih sekaligus ketakutan. Puas memukul telapak tangan, si ayah memukul pula belakang tangan anaknya.

Sedangkan Si ibu cuma mendiamkan saja, seolah merestui dan merasa puas dengan hukuman yang dikenakan. Pembantu rumah terbengong, tidak tahu harus berbuat apa… Si ayah cukup lama memukul-mukul tangan kanan dan kemudian ganti tangan kiri anaknya. Setelah si ayah masuk ke rumah diikuti si ibu, pembantu rumah tersebut menggendong anak kecil itu, membawanya ke kamar.
Dia terperanjat melihat telapak tangan dan belakang tangan si anak kecil luka-luka dan berdarah. Pembantu rumah memandikan anak kecil itu. Sambil menyiramnya dengan air, dia ikut menangis. Anak kecil itu juga menjerit-jerit menahan pedih saat luka-lukanya itu terkena air. Lalu si pembantu rumah menidurkan anak kecil itu. Si ayah sengaja membiarkan anak itu tidur bersama pembantu rumah. Keesokkan harinya, kedua belah tangan si anak bengkak. Pembantu rumah mengadu ke majikannya. “Oleskan obat saja!” jawab bapak si anak.

Pulang dari kerja, dia tidak memperhatikan anak kecil itu yang menghabiskan waktu di kamar pembantu. Si ayah konon mau memberi pelajaran pada anaknya. Tiga hari berlalu, si ayah tidak pernah menjenguk anaknya sementara si ibu juga begitu, meski setiap hari bertanya kepada pembantu rumah. “Dita demam, Bu”…jawab pembantunya ringkas. “Kasih minum panadol aja ,” jawab si ibu. Sebelum si ibu masuk kamar tidur dia menjenguk kamar pembantunya. Saat dilihat anaknya Dita dalam pelukan pembantu rumah, dia menutup lagi pintu kamar pembantunya.

Masuk hari keempat, pembantu rumah memberitahukan tuannya bahwa suhu badan Dita terlalu panas. “Sore nanti kita bawa ke klinik.. Pukul 5.00 sudah siap” kata majikannya itu. Sampai saatnya si anak yang sudah lemah dibawa ke klinik. Dokter mengarahkan agar ia dibawa ke rumah sakit karena keadaannya sangat serius. Setelah beberapa hari di rawat inap dokter memanggil bapak dan ibu anak itu. “Tidak ada pilihan..” kata dokter tersebut yang mengusulkan agar kedua tangan anak itu diamputasi karena sakitnya sudah terlalu parah dan infeksi akut…”Ini sudah bernanah, demi menyelamatkan nyawanya maka kedua telapak tangannya harus diamputasi” kata dokter itu. Si bapak dan ibu bagaikan terkena halilintar mendengar kata-kata itu. Terasa dunia berhenti berputar, tapi apa yg dapat dikatakan lagi.

Si ibu meraung merangkul si anak. Dengan berat hati dan lelehan air mata isterinya, si ayah bergetar tangannya menandatangani surat persetujuan pembedahan. Keluar dari ruang bedah, selepas obat bius yang disuntikkan habis, si anak menangis kesakitan. Dia juga keheranan melihat kedua tangannya berbalut kasa putih. Ditatapnya muka ayah dan ibunya. Kemudian ke wajah pembantu rumah. Dia mengerutkan dahi melihat mereka semua menangis. Dalam siksaan menahan sakit, si anak bersuara dalam linangan air mata. “Ayah.. ibu… Dita tidak akan melakukannya lagi…. Dita tak mau lagi ayah pukul. Dita tak mau jahat lagi… Dita sayang ayah..sayang ibu.”, katanya berulang kali membuatkan si ibu gagal menahan rasa sedihnya. “Dita juga sayang Mbok Narti..” katanya memandang wajah pembantu rumah, sekaligus membuat wanita itu meraung histeris.

“Ayah.. kembalikan tangan Dita. Untuk apa diambil.. Dita janji tidak akan mengulanginya lagi! Bagaimana caranya Dita mau makan nanti ?… Bagaimana Dita mau bermain nanti ?… Dita janji tidak akan mencoret-coret mobil lagi, ” katanya berulang-ulang. Serasa hancur hati si ibu mendengar kata-kata anaknya. Meraung-raung dia sekuat hati namun takdir yang sudah terjadi tiada manusia dapat menahannya. Nasi sudah jadi bubur. Pada akhirnya si anak cantik itu meneruskan hidupnya tanpa kedua tangan dan ia masih belum mengerti mengapa tangannya tetap harus dipotong meski sudah minta maaf…Tahun demi tahun kedua orang tua tersebut menahan kepedihan dan kehancuran bathin sampai suatu saat Sang Ayah tak kuat lagi menahan kepedihannya dan wafat diiringi tangis penyesalannya yg tak bertepi…, Namun…., si Anak dengan segala keterbatasan dan kekurangannya tersebut tetap hidup tegar bahkan sangat sayang dan selalu merindukan ayahnya.. (pemulihanjiwa)

Jumat, 11 Januari 2013

Kumpulan kata-kata update status pembangun semangat

Kumpulan kata-kata update status pembangun semangat - suryapost.com
Kumpulan kata-kata update status pembangun semangat - Mungkin anda semua sering melihat orang update statusnya baik di facebook, twitter, BBM, dan media jejaring sosial lainnya. kadangkala update statusnya memang mantab, begitu orang baca orang akan tertarik dan rela memberikan likenya kepada yang update status tersebut. tapi yang gak enaknya ada juga yang suka update status dengan jarak waktu yang terlalu dekat, ini seperti orang maniak update status. Saya pernah melihat orang update status cuma nulis "capek", "laper", "mati lampu" walah.....ini orang terlalu keranjingan namanya, sedikit-sedikit update status, mendingan update status tuh yang bisa membangun semangat. berikut ini contoh kumpulan kata update status pembangun semangat :

  • Adil bukan berarti pembagian rata, Adil adalah orang yang berjuang lebih berhak mendapat lebih 
  • Saat sedang kesal pada seseorang, ingatlah sisi baiknya. Bahwa tiap manusia juga bisa lalai dan lupa diri, maklumilah dia  
  • Seindah apapun sesuatu akan usai juga, Sesulit apapun keadaan akan berlalu juga. Tidak ada yg kekal 
  • hal yang gagal kamu raih bukan berarti tidak layak kamu terima, hanya belum waktunya, berjuanglah lagi  
  • cara pandang anda terhadap hidup ini menentukan bagaimana anda merasa, memilih untuk merasa tersakiti atau belajar dewasa 
  • Tidak mau berprasangka buruk terhadap suatu masalah, karena pada akhirnya pendewasaanlah yang ia berikan kepadaku  
  • bila sungguh-sungguh diniatkan pasti ada jalan dan kemudahan, sebab niat juga adalah doa 
  • selalu ada kedamaian hati bagi seorang pemaaf, mudah pula rejekinya  
  • Bersyukur atas semua kemudahan dan nikmat yg selama ini dialami, tidak mau mendustai semua berkat ini. Thanks God 
  • Diri anda sekarang adalah hasil dari semua yg pernah anda doakan, katakan, niatkan, harapkan, lakukan, sebab semua itu doa  
  • katakan "setiap malam hati dan pikiranku merasa tenang, merasa aman dan dapat tidur dengan nyenyak" 
  • setiap orang punya kelemahan, namun orang yang selalu merasa tidak pantas tidak akan pernah menemukan kelebihannya  
  • Bila cinta, anda memberi bukan karena untuk menerima, anda memberi karena anda cinta. 
  • Tidak memaksakan kehendak adalah kualitas sifat dari seorang yang bijaksana  
  • Yang berlalu adalah kenangan, saat ini adalah anugerah, masa depan adalah harapan 
  • kata-kata adalah doa, katakan "hatiku mudah bahagia, selalu bersyukur sehingga hidupku selalu mujur"  
  • Tidak semua hal yg kita harapkan dapat terjadi, belajarlah menerima kenyataan, agar lebih mudah bahagia 
  • Sebesar apapun masalah, lebih besar lagi rasa Cinta Tuhan padamu, rasakan kekuatan ini dan MENANGLAH!!  
  • Semua orang pasti pernah kecewa, begitulah hidup, bermain dg perbedaan antara harapan dan kenyataan 
  • setiap waktu tertentu, jiwa harus diberikan tantangan baru, untuk memperbaharui nuansa jiwa, supaya tidak jenuh  
  • Jangan menyinggung kelemahan orang lain, kita semua bukanlah manusia yg sempurna 
  • Dia yang tidak menghargai masa lalumu, tidak berhak jadi masa depanmu, ia harus mampu menerima masa lalumu  
  • Kekecewaan pd org lain yg berlarut-larut malah menyakiti diri sendiri, maafin ajalah, biar hidup nggak beban 
  • Ketiadaan mengajarkan makna betapa berharganya keberadaan  
  • disaat merasa kurang bahagia, bandingkanlah dirimu dengan orang lain yang tidak seberuntung kamu 
  • Ikhlas adalah hasil dari percaya bahwa Tuhan Maha Adil, selalu ada penggantian terbaik dari setiap kehilangan dan rasa sakit  
  • apa yang membuatmu menderita dapat membuatmu kuat, apabila disikapi dengan ikhlas 
  • Setiap orang punya jalan hidup yang berbeda-beda, setiap orang perlu menerima dan menikmati jalan hidupnya sendiri  
  • Saat memiliki sesuatu jangan genggam terlalu erat agar tidak sakit saat ia harus pergi 
  • penyesalan memang selalu terjadi belakangan, namun semoga ia sebaik-baiknya menjadi peringatan untuk masa depan yg lebih baik  
  • Kamu sangat dicintai Tuhan, jauh lebih besar dari cintamu pada dirimu sendiri, tegarlah 
  • Niat juga adalah doa, Niatkan hari ini untuk menjadi indah, atur perasaan untuk menerima kedamaian, NIATKAN!  
  • Dalam hidup ini yang paling penting adalah meningkatkan pengertian, agar tidak mudah kecewa 
  • jangan terbawa emosi terhadap orang yang mudah tersinggung, kamu yang lebih kuat ngalah aja  
  • Saat jiwa sedang tidak fit, kita kehilangan kendali untuk menyaring apa yg masuk ke hati, bawaannya pengen marah/sedih 
  • Di dalam setiap rasa sakit ada pembentukan mental untuk menjadi lebih tabah setelahnya
  • hidupku adalah tanggung jawabku, aku lakukan yang terbaik, berjuang untuk sukses, bukan beban, tapi kebanggaan 
  • Wanita yang cantik adalah wanita yang tidak sombong dan tidak narsis muji-muji diri sendiri 
  • Bukti cinta adalah pengorbanan, nggak mau berkorban, berarti nggak cinta 
  • Bila kamu pernah bahagia artinya kamu layak bahagia, jangan krn ketidakbahagiaan saat ini membuat dirimu merasa tdk layak 
  • Kebahagiaanmu tdk ditentukan oleh kamu akan memiliki apa, tapi oleh rasa syukurmu atas hal yg sudah kamu miliki 
  • baik atau buruk hanya soal pendapat, sebab dalam hal yang tidak nyaman pun tetap ada pembelajaran penting di dalamnya 
  • Doaku hari ini semoga aku dan keluargaku selalu sehat dan bahagia dan berlimpah rejeki di tahun yang baru ini,amin 
  • Bersyukur buat tahun-tahun yang indah dalam hidupku, dan ini adalah bukti terkuat bahwa aku dicintai Tuhan, aku tegar!! 
  • Apa yang telah terjadi adalah apa yang ada dibelakang, aku relakan, dan mataku fokus ke masa depan indahku 
  • Aku ingin punya perasaan yang selalu positif, perasaan yang memampukan, membaikkan hidupku tiap saat. 
  • Aku bisa bertahan hingga saat ini, semata-mata adalah anugerah, terima kasih ya Tuhan. 
  • Semoga di Tahun Baru ini, hatiku lebih mudah bahagia sehingga tubuhku selalu sehat, lebih indah menikmati hidup 
  • harapanku malam ini semoga hidupku semakin dewasa dan sukses, selalu disertai keberuntungan dan kesehatan, amin 
  • Rasa syukur adalah hasil dari merasa beruntung atas segala hal yang telah dimiliki dan dialami, dan ini membahagiakan diri 
  • Cara menyikapi masalah adalah penentu, akan menjadi dewasa setelahnya atau malah jatuh. Tanamkan pikiran positif 
  • tidak ada seorangpun yang sempurna, yang tanpa salah, memaklumi kondisi ini membuat hati tidak mudah marah 
  • Orang yg kuat bukanlah orang yg tak pernah sedih, tapi ia orang yg bisa menyudahi perasaan sedih itu.  
~~ pemulihan jiwa ~~